Doa Niat Mandi Wajib dan Artinya
Doa Niat Mandi Wajib dan Artinya

Doa Niat Mandi Wajib dan Artinya

Salah satu rukun Islam adalah menjalankan shalat. Sebelum menjalankan shalat, tentunya kita harus bersuci dari hadast dan najis. Salah satu cara untuk bersuci adalah dengan melakukan mandi wajib. Selain itu, mandi wajib juga dilakukan ketika kita baru saja bersetubuh dengan pasangan, atau ketika keluar dari hadhirat mayat.Mandi wajib juga disebut sebagai ghusl. Ghusl adalah suatu kewajiban untuk mencuci seluruh badan. Kegiatan ini dilakukan dengan membaca doa niat mandi wajib. Doa niat mandi wajib ini merupakan bagian yang tidak bisa dilewatkan dari ritual mandi wajib. Namun banyak orang yang belum mengetahui doa niat mandi wajib dan artinya.

Doa Niat Mandi Wajib

Doa niat mandi wajib adalah:

“Aku niat mandi wajib karena Allah ta’ala”

Arti Doa Niat Mandi Wajib

Doa niat mandi wajib ini artinya adalah kita melakukan mandi wajib karena Allah. Artinya, kita harus melakukannya karena Allah, bukan untuk kepentingan kita sendiri. Kita harus menjalankan mandi wajib dengan penuh kesadaran bahwa kita melakukan hal tersebut atas perintah Allah.

Hikmah Doa Niat Mandi Wajib

Ada beberapa hikmah dari membaca doa niat mandi wajib. Pertama, membaca doa niat mandi wajib ini menunjukkan bahwa kita telah menyadari bahwa yang kita lakukan adalah suatu kewajiban dari Allah. Kedua, doa niat mandi wajib ini juga menjadi bukti bahwa kita telah menyadari bahwa yang kita lakukan adalah atas perintah Allah. Ketiga, doa niat mandi wajib ini juga bisa meningkatkan keyakinan dan rasa takut kita terhadap Allah.

Pahala Doa Niat Mandi Wajib

Selain memiliki beberapa hikmah, membaca doa niat mandi wajib pun memiliki pahala. Allah akan memberikan pahala yang berlipat ganda bagi orang yang berusaha untuk memenuhi kewajibannya. Dengan membaca doa niat mandi wajib, kita bisa mendapatkan pahala yang besar karena kita telah berusaha untuk menjalankan kewajiban kita.

Bacaan Doa Selesai Mandi Wajib

Setelah kita selesai melakukan mandi wajib, ada satu doa yang harus kita baca. Doa ini bertujuan untuk menyempurnakan ritual mandi wajib kita. Doa yang harus kita baca adalah:

“Allahumma anta-sholati, wa anta-r-rohmati, laa shonata illa anta, aqimi sholatii wa atuzil-wudzuu.”

Arti Doa Selesai Mandi Wajib

Doa yang harus kita baca setelah selesai melakukan mandi wajib ini artinya adalah “Ya Allah, Engkaulah yang Maha Berkuasa atas segala sesuatu, dan Engkaulah Maha Pengasih, tidak ada kesalahan kecuali dari Engkau, aku memerintahkan shalat dan aku memerintahkan wudhu”.

Kesimpulan

Doa niat mandi wajib merupakan bagian yang tidak bisa dilewatkan dari ritual mandi wajib. Doa niat mandi wajib yang harus kita baca adalah “Aku niat mandi wajib karena Allah ta’ala”. Membaca doa niat mandi wajib ini bisa meningkatkan keyakinan dan rasa takut kita terhadap Allah, selain itu kita juga akan mendapatkan pahala yang besar. Setelah selesai melakukan mandi wajib, ada satu doa yang harus kita baca, yakni “Allahumma anta-sholati, wa anta-r-rohmati, laa shonata illa anta, aqimi sholatii wa atuzil-wudzuu”.