Doa Naik Pesawat Terbang dan Artinya
Doa Naik Pesawat Terbang dan Artinya

Doa Naik Pesawat Terbang dan Artinya

Doa naik pesawat terbang adalah salah satu doa yang sering disebutkan oleh umat muslim saat akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Doa ini memiliki arti dan makna yang sangat kuat karena mengandung kata-kata pujian dan permohonan kepada Allah agar diberikan perlindungan dan kemudahan dalam perjalanan. Doa ini juga digunakan untuk memohon kepada Allah agar memberikan keselamatan dan kesejahteraan kepada semua orang yang berada di dalam pesawat.

Doa naik pesawat terbang diawali dengan memuji Allah dan mengucapkan selamat kepada Nabi Muhammad saw. Berikut adalah doa naik pesawat terbang dan artinya: “Bismillahirrahmanirrahim, Subhanallahi walhamdulillah, wa la ilaha illallah, wa Allahu Akbar, wa lillahi al-hamdu, Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annee.” Artinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya. Tidak ada daya upaya dan kekuatan melainkan milik Allah. Allah Maha Besar dan segala puji bagi-Nya. Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Mohon ampunilah aku.”

Doa ini merupakan doa yang dianjurkan oleh Rasulullah saw bagi orang-orang yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat. Doa ini dilafalkan saat akan naik pesawat dan juga saat turun dari pesawat. Dengan mengucapkan doa ini, maka kita berharap diberikan perlindungan dan kemudahan dalam perjalanan. Dengan memohon ampun dan rahmat Allah, maka kita juga berharap diberikan keselamatan dan kesejahteraan dalam perjalanan.

Kita juga sebaiknya mengucapkan doa lain yang berkaitan dengan perjalanan. Salah satu doa yang dapat kita ucapkan adalah doa berikut ini: “Allahumma inni as’aluka min khairi ma sa’alaka minhu wa a’udhubika min sharri ma ja’aka minhu wa akrimni ma kasabta wa aghnini ma qaddamta wa tawallani ma anta a’lamu bihi innaka antal a’lamu wa man tawallau ilaikal haqq.” Artinya, “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu segala yang baik yang telah Engkau perintahkan, aku berlindung kepada-Mu dari segala yang buruk yang telah Engkau larang, aku berlaku adil terhadap apa yang telah Engkau titipkan kepadaku, aku menerima dengan lapang dada apa yang telah Engkau tetapkan, dan aku menyerahkan diri kepada-Mu segala sesuatu yang Engkau lebih mengetahui daripadaku. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui dan barangsiapa yang menyerahkan diri kepada-Mu niscaya ia berada di jalan yang benar.”

Kita juga dianjurkan untuk berserah diri kepada Allah dan berharap pada-Nya agar diberikan keselamatan dan kemudahan. Doa ini juga memiliki arti bahwa kita harus menerima apa yang telah ditetapkan oleh Allah dan tidak menentang apa yang telah diatur oleh-Nya. Dengan ini, kita harus selalu berdoa kepada Allah agar kita diberikan keselamatan, perlindungan, dan kemudahan dalam perjalanan.

Kesimpulan

Doa naik pesawat terbang adalah salah satu doa yang sangat penting bagi umat muslim yang akan melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Doa ini memiliki arti dan makna yang sangat kuat karena mengandung kata-kata pujian dan permohonan kepada Allah agar diberikan perlindungan dan kemudahan dalam perjalanan. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk berserah diri kepada Allah dan berharap pada-Nya agar diberikan keselamatan dan kemudahan. Dengan berdoa kepada Allah, maka kita akan diberikan perlindungan dan kemudahan dalam perjalanan.