Doa Naik Kendaraan Air dan Artinya
Doa Naik Kendaraan Air dan Artinya

Doa Naik Kendaraan Air dan Artinya

Berpikir tentang perjalanan menggunakan kendaraan air sering membuat kita merasa gugup. Terlebih lagi, jika dalam perjalanan itu kita harus menyeberang lautan. Meskipun menggunakan kendaraan air telah menjadi cara yang aman, efisien, dan komfortabel untuk berpindah dari satu titik ke titik lain, namun tetap saja ada rasa takut yang tidak bisa dihilangkan.

Ada beberapa orang yang selalu melakukan doa sebelum naik kendaraan air. Doa ini merupakan bentuk pengabdian dan pengakuan kepada Allah atas pertolongan-Nya. Doa naik kendaraan air juga menjadi bentuk pengingat bahwa semua kekuasaan berada di tangan-Nya. Berikut adalah beberapa doa naik kendaraan air yang bisa Anda lakukan.

Doa Naik Kapal

Doa yang berikut ini dibaca saat sedang naik kapal, baik itu untuk tujuan perjalanan maupun berpergian ke tempat lain. Doa ini memohon perlindungan dan pertolongan kepada Allah.

بِسْمِ اللهِ، اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْأَرْضِينَ، أَنْتَ يَحْيَى وَيُمِيتُ، إِنَّا نَخْلُوقُ فَأَنْتَ الْمُخْلِصُ، يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ، ثَبِّتْ قَلْبِي عَلَى دِينِكَ، وَوَفِّقْنِي لِمَا تُحِبُّ، وَتَرْضَى، وَأَجِرْنِي مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ، وَمِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَحِيْدٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لامَّةٍ.

Artinya: “Dengan nama Allah, ya Tuhan Yang Maha Kuasa atas tujuh langit dan Tuhan Yang Maha Kuasa atas dua bumi. Engkau yang memberi kehidupan dan mematikan. Sesungguhnya kami berangkat dengan keadaan kami yang lemah, maka Engkau lah Maha Besar. Ya, pembalik hati, teguhkanlah hatiku pada agama-Mu. Berilah aku keberhasilan dalam segala yang Engkau cintai dan ridhai. Peliharalah aku dari setan yang terkutuk dan segala setan yang ghaib, juga dari pandangan mata yang jahat.”

Doa Naik Pesawat

Doa di bawah ini dibaca saat akan berangkat naik pesawat. Doa ini dimulai dengan membaca Kalimat Syahadat sebagai pengakuan kepada Allah sebagai Tuhan Yang Satu.

اَللَّهُ أَكْبَرُ، اَللَّهُ أَكْبَرُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِي وَيُمِيتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ. اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْأَرْضِينَ، أَنْتَ يَحْيَى وَيُمِيتُ، إِنَّا نَخْلُوقُ فَأَنْتَ الْمُخْلِصُ، يَا مُقَلِّبَ الْقُلُوبِ، اِنِّي اُعْطِيكَ الشَّكْرَ وَاَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ، وَاَسْأَلُكَ الرَّحْمَةَ وَالْإِحْسَانَ، وَالْقُوَّةَ وَالْأَمْنَ، وَالْهُدَى وَالنَّصْرَ، وَالْعَجَائِزَ الْمُبِينَةَ الْخَاصَّةَ بِنَا فِي هَذِهِ الرَّحْلَةِ.

Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah yang Maha Esa, milik-Nya kerajaan dan segala puji. Dia yang memberi kehidupan dan mematikan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Tuhan Yang Maha Kuasa atas tujuh langit dan Tuhan Yang Maha Kuasa atas dua bumi. Engkau yang memberi kehidupan dan mematikan. Sesungguhnya kami berangkat dengan keadaan kami yang lemah, maka Engkau lah Maha Besar. Ya pembalik hati, sesungguhnya aku bersyukur kepada-Mu dan aku memohon perlindungan, rahmat, kebaikan, kekuatan, ketenangan, petunjuk, kemenangan dan tanda kenikmatan khusus bagi kami dalam perjalanan ini.”

Doa Naik Pesawat Lainnya

Berikut adalah doa lainnya yang dapat Anda baca saat akan berangkat naik pesawat.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ. يَا