Doa Nabi Yusuf Lengkap yang Bisa Diamalkan Setiap Hari
Doa Nabi Yusuf Lengkap yang Bisa Diamalkan Setiap Hari

Doa Nabi Yusuf Lengkap yang Bisa Diamalkan Setiap Hari

Doa Nabi Yusuf ada banyak macamnya, sehingga bisa kamu amalkan setiap hari sesuai kebutuhan. Nabi Yusuf dikenal dengan pria tertampan di bumi yang memiliki perilaku dan akhlak terpuji dibandingkan lainnya.

Kisah Nabi Yusuf AS dapat ditemui di dalam Al-Quran, merupakan anak Nabi Yakub AS. Yusuf lahir pada negara Palestina pada tahun 1745 SM, tetapi sumber lain menyebutkan kelahiran di Irak.

Dikandung dari ibunya bernama Rahel, semasa hidupnya Yusuf mempunyai satu saudara kandung. Nama saudara kandung Yusuf adalah Bunyamin lahir dari kandungan Rahel dan ayahnya bernama Nabi Yakub AS.

Semasa hidupnya, Yusuf juga memiliki 10 saudara tiri dengan memiliki akhlak kurang baik dibandingkan Ia. Karena Yusuf mempunyai ketampanan luar biasa, sampai akhirnya semua saudara tirinya membandingkan dan menjauhi.

Ada beberapa doa Nabi Yusuf yang sampai saat ini masih terkenal dan bisa diamalkan oleh semua umat Muslim. Bahkan ada berbagai jenis doa yang dapat dipanjatkan setiap harinya sesuai permintaan.

Nama-nama saudara tiri Yusuf seperti Syamun, Yahuza, Lewi, Yasyjar, Deftail, Robalen, Dan, Asyir, Tobel, dan Jad. Selama ini mungkin kamu belum paham bahwa Nabi Yusuf pernah dijauhi sampai akhirnya dibuang.

Pembuangan Yusuf ke dalam sumur dilakukan oleh saudara-saudara dengan tujuan agar Ia jauh dari ayahnya Yakub. Adanya kisah inilah membuat doa Yusuf bisa setiap saat diamalkan oleh umat Muslim.

Doa Nabi Yusuf Setelah Ditemukan Raja Mesir

Nabi Yusuf saat dibuang ke dalam sumur langsung ditemukan oleh pedagang yang berlalu lalang. Tepatnya dekat Yerusalem, Palestina sumur itu ditempatkan untuk menyembunyikan Yusuf terhadap saudara-saudara dan ayahnya.

Doa Nabi Yusuf muncul setelah Ia dijual pedagang kepada Raja Mesir dimana saat itu menjadi penguasa. Dalam hal ini Raja Mesir ingin membeli Yusuf dengan maksud untuk dijadikan anak angkatnya.

Mengingat semasa hidup, raja Mesir bersama istrinya belum dikaruniai seorang anak yang membuatnya Yusuf hadir. Pada awal bergabung di keluarga raja Mesir, keberadaan Yusuf belum banyak diketahui orang-orang sekitarnya.

Sampai akhirnya Yusuf tumbuh dewasa, membuat Nabi tumbuh dengan paras tampan dan memiliki akhlak baik. Kemudian ada kejadian bahwa istri raja Mesir bernama Zulaikha berusaha menggoda Yusuf untuk berselingkuh.

Godaan dari Zulaikha menjadi cikal bakal doa Nabi Yusuf terkandung dalam surat Yusuf di Al-Quran. Zulaikha tertarik kepada Yusuf, akhirnya merayu walaupun sudah ditolak berkali-kali oleh Beliau Yusuf AS.

Lalu Zulaikha dengan memaksa langsung menarik baju Yusuf melalui celah belakang sampai robek. Kelakuan dari Zulaikha saat itu diketahui oleh raja Mesir yang sedang berada di dalam satu tempat.

Ketakutan Zulaikha atas kesalahannya, membuat Ia menuduh Yusuf melakukan perbuatan tidak terpuji. Kisah tersebut diceritakan dalam surat Yusuf ayat 25 yang dapat dibaca dan diamalkan secara mudah oleh umat Muslim.

Isi Surat Yusuf Ayat 26-27

Dengan kejadian inilah akhirnya Allah menunjukkan kejadian sesungguhnya, terletak pada surat Yusuf ayat 26-27. Yusuf berkata “Zulaikha menggodaku memaksa menundukkan diriku kepadanya” lalu keluarga juga bersaksi bahwa perkataannya benar.

Doa Nabi Yusuf dilanjutkan dengan saksi keluarga “Jika baju gamis koyak dari depan, wanita benar dan Yusuf berbohong”. “Tetapi jika baju koyak dari belakang, wanita itu dusta dan Yusuf benar”.

Mengetahui perbuatan tersebut, Raja Mesir langsung meminta Yusuf menutupi kejadian ini dan memohon Zulaikha agar segera bertobat. Zulaikha bertobat kepada Allah dengan memohon ampunan sampai benar-benar menyesali perbuatannya saat itu.

Sebelum bertobat, Zulaikha mengajak beberapa wanita di kerajaan agar ikut melihat ketampanan Yusuf. Tanpa disadari bahwa semua kagum menonton Yusuf dengan paras tampan dan tidak ada yang bisa mengalahkannya.

Kamu ingin tahu doa Nabi Yusuf secara benar? Pastikan ikuti terus penjelasan kami ini sampai usai. Dikarenakan kami akan menjelaskan doa lengkap khusus untuk para umat Muslim agar ingat Allah.

Melalui kisah Nabi Yusuf yang tampan dan punya akhlak terpuji membuat semua wanita bakal tertarik. Namun belum selesai sampai di sini, karena ada beberapa doa penting yang kerap diamalkan Yusuf.

Semasa hidupnya penuh cobaan, Yusuf tidak pernah berdusta dan melanggar larangan Allah SWT. Inilah berbagai doa yang dapat kamu coba panjatkan dan amalkan setiap harinya untuk sesuai tujuan masing-masing.

Daftar Doa Nabi Yusuf Terlengkap

Berbicara mengenai doa, mungkin banyak orang belum sadar bahwa Nabi Yusuf selalu mengamalkan dengan perbuatan terbaik. Hampir semua orang bisa mengamalkan doa secara baik mulai sekarang bagi kamu.

Jenis doa pertama dari Nabi Yusuf memiliki tujuan untuk dicintai wanita tanpa harus mengalami kesulitan. Kamu bisa mendoakan diri, khusus kaum laki-laki supaya cepat mendapatkan jodoh sesuai wanita idamanmu.

Lafal doanya berbunyi “Allaahumma ‘alnii nuuru yusufa ala wajhii fa man ro aanii yuhibbunii mahabbatan”. Doa ini terkandung arti permintaan kepada Allah untuk jadikan Nur cahaya Nabi Yusuf ke wajahku.

Lalu dilanjutkan arti untuk semua orang yang melihat akan tertarik kagum kepadaku sampai mempunyai kasih cinta. Itulah arti yang ada dalam doa Yusuf untuk mempermudah wanita suka terhadap dirimu.

Bagi kamu laki-laki yang ingin mendapatkan wanita kesayangan sesuai impian, doa Nabi Yusuf dapat diterapkan. Semua orang dapat memperoleh setiap kandungan doa yang dikabulkan oleh Allah SWT secepatnya.

Jangan khawatir apabila kamu membutuhkan bacaan doa lainnya dari Nabi Yusuf karena akan kami jelaskan lengkap. Di bawah ini adalah beberapa doa lengkap untuk membawa kehidupanmu menjadi lebih baik.

Perbuatan Nabi Yusuf patut dijadikan pedoman dalam menjalani hidup karena tidak pernah berbohong maupun berdusta. Selama kamu ingin mendapatkan ridha Allah SWT, pelajarilah berbagai doa ini mulai dari sekarang.

Berdoa Sesuai Ajaran Nabi Yusuf

Di dalam menjalani kehidupan, ada beberapa masalah yang mungkin diterima dan dialami setiap orang. Jangan pernah melakukan perbuatan tidak senonoh selagi menjalani kehidupan di dunia karena ada balasan setimpal kemudian.

Pelajari jenis doa Nabi Yusuf yang memiliki berbagai jenis sehingga bisa diamalkan oleh umat Muslim. Berikut adalah berbagai jenis doa dari Nabi Yusuf yang dapat diterapkan sehari-hari dengan mudah.

  1. Doa Menghindari Maksiat

Selama hidupnya, Nabi Yusuf selalu memohon perlindungan dari sebuah godaan paling besar yaitu berperilaku maksiat. Walaupun menjadi godaan terbesar, dengan berdoa Yusuf akhirnya bisa menghindarinya tanpa melanggar larangan Allah sedikitpun.

Lafal doanya “Rabbis-sijnu ahabbu ilayya mimma yad’unani ilaih, wa illa tasrif ‘anni kaidahunna asbu ilaihinna wa akum minal-jahilin”. Berdoa dengan lafal tersebut memiliki arti yang sangat baik untuk kehidupan.

Menghindar maksiat dengan doa Nabi Yusuf ini berarti “Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku”. Arti berikutnya adalah “Jika tidak Engkau hindarkan tipu dayanya, aku bodoh”.

“Aku akan cenderung memenuhi keinginan dan menjadi orang yang bodoh apabila tidak Engkau hindarkan”. Kamu bisa menggunakan doa ini sebaik mungkin untuk menjadi orang yang terhindar dari perbuatan berbau maksiat.

  1. Doa Diberikan Kebaikan

Doa dari Yusuf diabadikan melalui Al-Quran selama Ia mempunyai kelebihan dan kekuasaan. Disebutkan dalam surat Yusuf ayat 101, ada kandungan doa untuk memperoleh kebaikan selama hidup di dunia.

Yusuf memberikan contoh bahwa puncak harapan seseorang bukan dari harta ataupun benda duniawi. Melainkan ingin keadaan wafat saat berada di kondisi Muslim serta dikelilingi orang-orang saleh ketika hari terakhir.

Cara Menjaga Perilaku Baik Seperti Nabi Yusuf

Selama ini Yusuf tidak terkenal dengan ketampanan saja, melainkan dikenal mempunyai perilaku yang baik. Akhlak terpuji dari Yusuf selama hidup di bumi patut dicontoh oleh semua kalangan orang mulai sekarang.

Adanya doa Nabi Yusuf yang diamalkan setiap harinya memiliki tujuan baik untuk memastikan hidupmu berjalan lancar. Memang disaat-saat tertentu bisa menemui masalah, tetapi dapat diselesaikan dengan baik setelah berdoa.

Cara menjaga perilaku agar tetap baik mulai sekarang kamu harus memahami balasan dari Allah. Ketahui bahwa setiap perlakuan yang kamu berikan di dunia akan ditanggung saat kehidupan akhirat nanti.

Dengan memahami balasan setiap perbuatan baik dan buruk, kamu akan memiliki sikap terpuji. Cara ini harus dijaga dengan konsisten supaya terhindar dari jeratan perilaku buruk semasa hidup di dunia.

Mengandalkan doa Nabi Yusuf, cara menjaga perilaku baik selanjutnya dengan selalu berkumpul bersama orang shaleh. Kamu bisa berkumpul bersama orang-orang shaleh supaya dapat menghindari maksiat dan perbuatan negatif lainnya.

Jauhi kumpulan orang-orang yang tidak paham akan pentingnya ajaran agama Islam mulai sejak dini. Seorang beragama tidak pernah melakukan perbuatan buruk disaat hidup karena tahu akan ada balasannya.

Jangan lupa untuk menjauhi segala bentuk hawa nafsu karena ini menjadi petaka atau godaan paling besar. Semua umat Muslim pasti bisa mengendalikan hawa nafsu dengan cara berdoa dan memperbanyak ibadah.

Seorang Muslim tidak akan berhenti berdoa dan beribadah meminta petunjuk terbaik dari Allah SWT. Cara ini cukup penting untuk diterapkan setiap harinya agar terhindar dari segala jenis masalah dalam hidup.

Mengontrol Perbuatan Ala Nabi Yusuf AS

Doa Nabi Yusuf memang manjur untuk diamalkan setiap harinya, jadi usahakan tidak melupakannya. Saat ini hampir semua orang bisa menggunakan kesempatan terbaik untuk menjadi pribadi lebih baik daripada sebelumnya.

Nabi Yusuf dapat dijadikan contoh bahwa Ia tidak pernah menyalahi larangan Allah ketika hidup. Walaupun Ia diuji dengan menjadi pria paling tampan di bumi, tetapi justru perilakunya sangat terpuji.

Cara mengontrol perbuatan ala Nabi Yusuf AS selanjutnya adalah dengan selalu berintrospeksi. Baik kamu yang ingin mendapatkan kemudahan dalam menjalani hidup tanpa masalah, mengontrol perilaku adalah bentuk upaya terbaik.

Selama ini doa Nabi Yusuf bisa diamalkan orang Muslim dengan baik, tujuannya agar dapat diampuni seluruh dosa. Jangan pernah melupakan introspeksi diri agar kamu selalu memperbaiki setiap kesalahan sekecil apapun.

Jika sudah melakukan introspeksi secara baik, maka hasilnya akan membantu diri dengan pribadi sesuai ajaran agama. Hindari setiap kesalahan yang dapat merugikan orang lain ataupun diri sendiri mulai sekarang.

Terakhir cara untuk berperilaku seperti Nabi Yusuf harus menjaga perbuatan dengan konsisten. Konsisten dalam menjaga perilaku memang susah, namun kamu bisa melakukannya atas izin Allah SWT dengan cara berdoa.

Lakukan doa terus menerus agar kamu bisa menjaga perbuatan sebaik mungkin tidak menimbulkan dosa. Maka kamu akan menjadi pribadi seperti Nabi Yusuf yang tampan serta mempunyai akhlak mulia.

Nabi Yusuf mempunyai kisah yang sangat berkesan sehingga dicatat pada Al-Quran surat Yusuf. Amalkan setiap hari doa Nabi Yusuf agar dikabulkan semua permintaan dan keinginanmu selama hidup di dunia.