Mengenal Doa Nabi Nuh Sebagai Pedoman dan Pegangan Hidup
Mengenal Doa Nabi Nuh Sebagai Pedoman dan Pegangan Hidup

Mengenal Doa Nabi Nuh Sebagai Pedoman dan Pegangan Hidup

Penting kiranya kita sebagai umat muslim untuk mengenal Doa Nabi Nuh AS dengan niatan untuk mengambil berkah serta untuk diamalkan dalam menghadapi semua kemungkinan yang akan terjadi dalam kehidupan. Kriteria doa dari nabi nuh ini juga tersebar luas hingga sekarang.

Sebelumnya perlu untuk diperhatikan terlebih dahulu bahwa Nabi Nuh merupakan nabi ketiga dari banyaknya 25 nabi dan rasul yang telah dipilih dan ditentukan oleh Allah. Pilihan Allah sebagai tuhan semesta dalam menunjuk nabi nuh tidak lepas dari ajaran terhadap agama tauhid.

Doa Nabi Nuh perlu menjadi perhatian khusus karena telah mengemban amanah selama 950 tahun, sejak usianya menginjak 40 tahun maka sangat banyak sekali peristiwa yang tentunya melibatkan banyak doa dalam pelaksanaanya. Dan tentunya wajib untuk dipahami secara utuh.

Nabi nuh berdakwah  dan mengajak umatnya  dengan rentan waktu seribu tahun. Konsistensi tersebut tentunya menjadikan Nabi Nuh AS sebagai salah satu diantara utusan yang menyandang gelar Rasul Ulul Azmi atau rasul yang mempunyai ketabahan dan keteguhan hati.

Pada awalnya tentu banyak umat tidak yakin bahwa Nabi Nuh adalah seorang utusan dan pilihan allah. Akan tetapi dengan kualitas kesabarannya yang tinggi tentunya akan memberikan potensi untuk membuat Nabi Nuh terus melakukan dakwah secara konsisten kepada umatnya.

Berangkat dari hal tersebut maka tentu ada hikmah yang bisa diambil oleh semua umat manusia pada saat nabi nuh hendak mempertahankan proses dakwah yang telah dilakukan. Beberapa pertimbangan dasar juga menjadi sebab utama lahirnya Doa Nabi Nuh sebagai berikut.

Doa Nabi Nuh Dalam Menentukan Keputusan

Sebagai salah satu utusan nabi Allah SWT maka secara tidak langsung ada tanggung jawab luar biasa dalam semua tugasnya. Apalagi kualitas layanan yang diberikan oleh allah dalam penunjukan tugas tersebut mempunyai skala yang lebih luas dalam tahapan lebih besar.

Inilah yang menjadi alasan mengapa kualitas pertimbangan tersebut yang akan membuat adanya Doa Nabi Nuh sebagai penguat dalam menghadapi semua tantangan tugas tersebut. apalagi dengan sejumlah ujian dan cobaan untuk semua tugas yang diemban oleh utusanNya.

Moment inilah yang selanjutnya menjadikan nabi nuh untuk memilih beberapa pamungkas doa. Ditengah kesabaran dalam menghadapi semua umatnya. Puncaknya pada saat semua umat mendustkan dan tidak percaya pada nabi nuh maka saat itulah beliau memanjatkan doa.

Inilah dasar utama Doa Nabi Nuh untuk mendapatkan dan meminta petunjuk, akan tetapi dengan syarat dalam bentuk berserah diri kepada tuhan semesta alam., Nabi nuh juga memohon kepada allah agar semua keputusan yang diambilnya akan memberikan manfaat.

Doa tersebut tercatat dalam surat asy syu’ara tepatnya di ayat 117 hingga 118 dengan artian “Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku telah mendustakan aku; maka berilah keputusan antara aku dan mereka, dan selamatkanlah aku dan orang-orang mukmin yang beriman bersamaku”.

Doa Nabi Nuh Dalam Meminta Pertolongan

Dengan konsep yang diberikan tuhan kepada nabi nuh untuk berdakwah selama kurang lebih 100 tahun maka tentunya ada beberapa kendala yang akan dialami. Hal ini lumrah terjadi sebab akan ada banyak tantangan yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh nabi nuh.

Pertolongan tersebut tentunya tidak bisa terealisasi apabila setiap semua permasalahan yang akan dihadapi cenderung tidak melibatkan allah sebagai tuhan semesta alam. Inilah yang menyebabkan adanya Doa Nabi Nuh  untuk merealisasikan semua aspek tersebut secara utuh.

Untuk memperkuat adanya hal tersebut maka dalam al quran telah diceritakan secara runtut mengenai peristiwa yang dialami oleh nabi nuh. Pada surat tersebut diriwayatkan bahwa nabi nuh tengah kesusahan dalam menghadapi semua tuduhan dusta dari semua umat yang tidak percaya.

Dengan adanya hal tersebut doa yang dimohonkan oleh nabi nuh secara tidak langsung diijabah oleh Allah. Respon Doa Nabi Nuh tersebut kemudian direalisasikan melalui perintah membuat kapal yang nantinya akan menyelamatkan nabi nuh dengan umat yang mempercayainya.

Pada akhirnya setelah kapal tersebut selesai dengan banyak fitnah maka datanglah banjir bandang paling besar diantara salah satu sejarah dunia. Nabi Nuh berdoa, “Ya Tuhanku, tolonglah aku, karena mereka mendustakan aku” sesuai ayat pada surat al makmun.

Pertimbangan mengenai hal dan doa ini juga selaras dengan kualitas dan konsep dalam memenuhi semua hal yang akan dihadapi kaum muslim. Pertimbangan untuk memohon pertolongan juga membuktikan bahwa tidak ada daya kecuali berharap pada allah.

Doa Nabi Nuh Dalam Proses Meminta Pengampunan

Nabi nuh memiliki predikat sebagai salah satu nabi paling sabar. Kesabaran tersebut tercipta karena umat yang sangat mendustakan dan tidak percaya dengan semua dakwah yang diberikan oleh nabi nuh tersebut. akan tetapi Doa Nabi Nuh selalu terpanjatkan kepada umatnya.

Selain bersifat sabar nabi nuh juga selalu rendah hati, meski jelas selalu diberikan umpatan dan didustakan oleh semua umatnya akan tetapi nabi nuh selalu melempar doa besar agar umatnya selalu disayang oleh allah. Inilah yang menjadi penyebab utama doa tersebut terjadi.

isi Doa Nabi Nuh adalah memohon  agar semua umat Bani Rasib yang berada dalam kawasan wilayahnya mendapatkan rahmat dan tentunya selalu dibukakan pintu dan ketukan hatinya sehingga mampu bertaat kepada Allah SWT. Serta senantiasa konsisten dalam semua ibadah.

Selain mendoakan semua umat yang berada dalam wilayahnya nabi nuh juga memiliki hati besar dalam mendoakan keberkahan untuk kedua orang tuanya. Dengan semua mekanisme doa yang diberikan dan dimohonkan tersebut maka tentu wajib diketahui doa apa yang dipanjatkan.

Doa Nabi Nuh juga tercatat secara jelas dalam surat nuh pada ayat 28 dengan artian sebagai berikut.

“Ya Tuhanku, ampunilah aku, ibu bapakku, dan siapapun orang yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kehancuran.

Berangkat dari hal tersebut itulah yang menyebabkan semua aspek doa tersebut sebagai panduan utama bagi umat muslim saat ini.

Doa Nabi Nuh Untuk Memohon Turun Hujan

Jenis Doa Nabi Nuh  selanjutnya adalah dengan memohon akan turunnya hujan. Seperti yang telah diketahui bahwa pada saat terjadi masa dakwah nabi nuh selain sulit nya untuk memberikan kepercayaan pada umatnya nabi nuh juga dihadapkan pada kondisi alam yang gersang.

Kondisi tersebut secara tidak langsung akan menjadikan semua umatnya berada dalam kesusahan. Apalagi dengan sulitnya untuk minum dan makan, selain itu juga kesulitan dalam mendapatkan akses bercocok tanam untuk kelangsungan kehidupan sehari-hari.

Pertimbangan Doa Nabi Nuh juga tentunya selaras dengan beberapa daerah yang sedang dilanda kekeringan saat ini. pertimbangan untuk memohon akan datangnya hujan bisa menjadi alarm penting agar semua kebutuhan manusia bisa terealisasikan dengan baik.,

Apalagi dengan air dan hujan akan ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Selain mampu menumbuhkan tanaman lewat suburkan tanah, keberadaan hujan juga akan memicu untuk muncul dan hidup kembalinya sumber air yang telah lama kering akibat gersang.

Doa Nabi Nuh  ini juga tercatat jelas dalam alquran tepatnya pada surat nuh ayat 10 hingga 11. Mohon ampun kepada Tuhanmu. Sesungguhnya dia adalah Maha pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak – anakmu. Dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya ) untukmu sungai-sungai.”

Dengan doa tersebut maka kemungkinan besar semua kebutuhan yang bergantung pada air hujan bisa terpenuhi dan tentunya bisa menjadi permohonan Anda dalam mendapatkan hujan jika terjadi kekeringan di daerah.

Doa Nabi Nuh Untuk Perjalanan

Jenis Doa Nabi Nuh  selanjutnya yang juga sangat menjadi penting untuk diperhatikan adalah saat hendak melakukan perjalanan. Adanya dosa ini tentunya sangat bergantung pada cerita saat nabi nuh hendak melakukan perjalanan menggunakan kapal besar yang telah dibuat.

Pentingnya doa tersebut secara utuh akan menjadi upaya terbaik semua pihak untuk bisa selamat dalam  menjalankan semua tugas. Apalagi selama perjalanan berlangsung tidak bisa ditebak apa saja yang akan terjadi sehingga wajib melakukan ikhtiar dengan cara berdoa.

Kemungkinan tersebut disadari penuh melalui Doa Nabi Nuh sebab ada banyak dusta dan fitnah selam proses pemberangkatan kapal tersebut akan dilakukan. Hal ini akan menjadi semakin penting untuk membuat semua umatnya percaya atas kuasa allah sebagai tuhan ESA.

Pertimbangan inilah yang akan menjadi bekal Anda dalam melakukan semua kegiatan dengan pemberangkatan terlebih dahulu. Baik perjalanan darat, udara, hingga lautan, lantunan doa akan menjadi bekal terbaik untuk mengarungi semua tujuan dengan ridho allah sebagai bekal.

Doa Nabi Nuh tersebut juga dicatat dengan jelas dalam alquran tepatnya di surat al hud ayat 41. Artinya peristiwa besar tersebut benar terjadi dan landasan doa ini benar-benar terkabul sehingga bisa menjadi bentuk keyakinan lebih besar kepada semua umat yang menggunakannya.

Berikut ini adalah ucapan doa yang dilantunkan dan dimohonkan oleh nabi nuh.

Dengan (menyebut) nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (Q.s. Huud; 41)

Doa Nabi Nuh Untuk Menghindari Hal Negatif

Jenis Doa Nabi Nuh AS yang terakhir tentunya berada dalam wilayah permintaan paling bermakna dan bermanfaat. Sebab nabi nuh sangat menghindari beberapa hal yang sifatnya sangat tidak berfaedah. Sehingga hal ini juga bisa diterapkan pada kondisi dan situasi masa ini.

Meminta perlindungan kepada yang maha kuasa merupaan tujuan akhir, akan tetapi pertimbangan hal yang baik dan buruk tentunya juga wajib untuk diperhatikan sejak awal. Apalagi dalam kondisi zaman yang sangat penuh dengan fitnah dan zaman penuh subhat ini.

Doa Nabi Nuh juga akan menjadi alarm penting pada semua makhluk hidup untuk memberikan sumbangsih besar kepada sekitar melalui hal yang sangat bermanfaat. Bahkan dalam beberapa kemungkinan besar yang terjadi, kebutuhan tersebut nyatanya akan sangat berhubungan.

Doa yang dimohonkan nabi nuh tersebut juga tercatat dalam alquran surat huud tepatnya di ayat 47 dengan artian “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu untuk memohon kepada-Mu sesuatu yang aku tidak mengetahui (hakikatnya). Kalau Engkau tidak mengampuniku, dan (tidak menaruh belas kasihan kepadaku, niscaya aku termasuk orang-orang yang rugi.”

Semua dalih tersebut secara tidak langsung akan menjadi bekal kita dalam meraih hasil maksimal dan tentunya mampu meraih ridho terbaik sebab semua Doa Nabi Nuh berangkat dari peristiwa besar yang tercatat dalam kitab suci.