Inilah Doa Nabi Khidir untuk Mengabulkan Segala Hajat
Inilah Doa Nabi Khidir untuk Mengabulkan Segala Hajat

Inilah Doa Nabi Khidir untuk Mengabulkan Segala Hajat

Sebagai manusia, kita hanyalah seutas debu semesta. Untuk segala hajat, tentunya kita butuh doa. Doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat ini bisa menambah tenagamu menghadapi segala macam urusan.

Kekuatan orang percaya, adalah doa. Tanpa doa, manusia hanyalah ciptaan yang bisa berbuat dosa kapan saja. Juga tidak menyadari kuasanya yang begitu besar terhadap segala aspek kehidupan. Setiap sisi kehidupan manusia, tentu membutuhkan kekuatan yang ukurannya di atas manusia biasa.

Tentu saja dalam hal ini untuk mengabulkan keinginan, maupun kebutuhan hidup. Kita, sebagai manusia tidak pernah bisa mengalahkan kuasaNya yang memiliki jangkauan tidak terhingga. Oleh karena itu, kita punya doa sebagai pengandalan kita kepada Sang Kuasa.

Salah satunya adalah doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat. Doa ini akan melangitkan apa yang menjadi keinginan, dan kebutuhanmu. Termasuk ketika kamu memiliki suatu hal yang ingin terkabul.

Memang, sebuah doa belum tentu akan terkabul saat itu juga. Tapi, hendaknya kita semua percaya proses bahwa kuasaNya sedang bekerja untuk segala aspek kehidupan kita.

Memang membutuhkan waktu untuk sebuah doa terkabul. Namun, setidaknya jika kita terus yakin pada doa yang kita panjatkan, niscaya apa yang kita utarakan kepada Sang Kuasa akan menjadi sebuah kenyataan.

Hal itu juga yang diyakini oleh Nabi Khidir. Sehingga ada doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat. Itu adalah sebuah bentuk keyakinan dari sang nabi akan kekuatan Allah SWT., yang melebihi segala hal di bumi. Doa ini juga berfungsi sebagai penguat iman bagi umat muslim.

Pada zaman yang serba cepat, dan banyak kemajuan ini. Keadaan iman seorang manusia seringkali dipertanyakan. Apakah iman sebagai muslim masih kuat untuk menopang segala bentuk godaan zaman, dan masih adakah kepercayaan kita kepadaNya untuk menyelesaikan segala macam urusan?

Mari kita bersama menjawab itu semua dalam hati kita, dan mempertanyakan langsung kepada diri kita masing-masing. Sebab hal ini juga akan menjadi ladang introspeksi. Instropeksi ke depan kamu pasti akan merasakan hal yang mulai menggoncang iman.

Berakhir menjadi pertanyaan-pertanyaan yang membuat hati gelisah. Hendak mencari jawaban bingung, tidak tahu arah. Sebab tidak segera menemukan jawab, kamu malah menjadi semakin menjauh dariNya, dan lupa segala jasaNya dalam hidup kamu.

Lewat doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat ini, kamu akan kembali mengenalNya dan menguatkan imanmu kepada Sang Pencipta.

Sebelum kita mempelajari doa dari Nabi Khidir, tentunya kita perlu untuk lebih mengenal siapa itu Nabi Khidir. Agar, kita bisa lebih tahu, dan dapat lebih menghayati doa yang dilangitkan Nabi Khidir kepada Allah SWT.

Sebelum Memanjatkan Doa, Kenali Nabi Khidir

Mengenai kisah Nabi Khidir, bisa dikatakan sebagai sosok yang misterius. Nabi Khidir adalah seorang nabi yang datang untuk memberikan pengajaran ilmu, dan hikmah kepada wali Allah di bumi.

Salah satunya kepada Nabi Musa. Ketika itu Nabi Musa sedang berada di dalam goa. Kemudian beliau didatangi oleh Nabi Khidir. Singkat cerita perkenalan, dan pemberian ilmu, serta hikmah dari Allah SWT dilakukan.

Nabi Khidir memberikan banyak hal yang perlu Nabi Musa ketahui untuk menjalankan tugasnya sebagai wali Allah di bumi. Al Kahfi, adalah surat yang mencatat perjalanan kedua Nabi tersebut. Untuk itu doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat perlu untuk kamu ketahui.

Secara garis besar, Nabi Musa mendapatkan informasi dari Malaikat Jibril untuk mencari ilmu pada pertemuan dua lautan, atau Al-Bahrain. Setelah mendapat informasi tersebut, Nabi Musa pun memulai perjalanannya.

Perjalananan terjadi dengan banyak rintangan, hingga akhirnya Nabi Musa bertemu dengan Nabi Khidir yang memiliki tujuan sama, untuk menemukan pertemuan dua lautan. Setelah itu keduanya melakukan perjalanan bersama.

Namun Nabi Khidir berpesan agar setiap hal yang dilakukannya tidak perlu untuk adanya pertanyaan. Sebab pesan itulah, akhirnya Nabi Musa menyanggupi untuk menjalani perjalanan bersama Nabi Khidir.

Dalam perjalanan, banyak hal yang bertentangan dengan diri Nabi Musa. Namun, karena teringat janjinya dengan Nabi Khidir, beliau pun mengurungkan niatnya untuk bertanya, maupun menghalangi perilaku Nabi Khidir.

Hingga akhirnya pada setiap apa yang dilakukan oleh Nabi Khidir, Nabi Musa mulai mengerti apa yang dikehendaki, dan dapat mengambil pelajaran dari Allah SWT melalui Nabi Khidir.

Termasuk juga doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hal. Nabi Musa mulai menerapkannya untuk diamalkan dalam kehidupannya, dan juga untuk kemaslahatan banyak orang.

Bunyi Doa Nabi Khidir untuk Mengabulkan Segala Hajat

Setelah mengikuti sepotong perjalanan hidup Nabi Khidir yang mengalami perjalanan bersama Nabi Musa. Kini saatnya kamu mengetahui bunyi doa dari Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat.

Pada dasarnya doa ini untuk menguatkan iman kita kepada Allah SWT, agar makin percaya, dan yakin doanya pasti akan terkabul. Selain itu juga untuk semakin menguatkan keyakinan kita kepada ajaran Islam.

Lantas bagaimana bunyi doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat? Langsung saja kita simak bersama:

“Bismillahi ma sya-allah la yasuqul khoiro illallah bismillahi ma sya-allah la yashrifus su-a illallah bismillah ma sya-allah ma kana min ni’matin fa minallah bismillah ma sya-allah la hawla wala quwwata illa billahil ‘aliyyil ‘adzim”

Artinya : “Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada yang mendatangkan kebaikan kecuali Allah. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada yang menyingkirkan keburukan kecuali Allah.

Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tidak ada kenikmatan melainkan dari Allah. Dengan nama Allah yang segala sesuatu terjadi dengan kehendak-Nya, tiada daya untuk berbuat kebaikan kecuali dengan pertolongan Allah. Dan tiada kekuatan untuk menghindar dari perbuatan maksiat kecuali dengan perlindungan Allah yang Maha Tinggi dan Maha Agung.

Doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat ini pada dasarnya untuk menyerahkan segala kuasa kepada Allah, dan apapun hasilnya itulah kehendak yang kuasa. Manusia tidak bisa menentukan dengan pasti takdir seperti apa yang akan dia dapatkan.

Namun hal yang perlu diyakini adalah bahwa tiap-tiap manusia, pasti memiliki keinginan, dan tujuan dalam hidup. Oleh sebab itu, mengenal lebih detail doa Nabi Khidir ini, kami akan berusaha menjelaskan poin yang ada dalam doa ini. Tujuannya agar kita semakin yakin dengan kekuatan doa.

Doa Nabi Khidir dan Aspek Kehidupan Manusia

Doa, sebuah aspek hubungan antar manusia dengan Tuhan. Doa bukan hanya sekedar ucapan kata-kata, namun juga sebuah ungkapan dari dasar hati manusia, bahwa kita semua masih membutuhkanNya.

Doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat ini, pada dasarnya mencakup beberapa hal dalam aspek kehidupan manusia. Baik yang terkait secara langsung, maupun tidak langsung.

Nabi Khidir selalu mengamalkan doa ini untuk segala hal dalam hidupnya. Bukan hanya merapalkannya, beliau juga berusaha untuk mengimani doa yang beliau ucapkan. Kaitan antara doa Nabi Khidir ini dengan kehidupan manusia sangatlah erat.

Seerat hubungan ciptaan dengan Tuhannya, walaupun terkadang di beberapa sisi kehidupan ciptaan lupa akan yang berkuasa. Untuk lebih mengerti kaitan antara doa Nabi Khidir ini dengan dinamika kehidupan manusia, kami akan menjabarkannya di sini:

  1. Kepasrahan Ciptaan Kepada Al Khaliq

Pasrah, merupakan sebuah kata paling ampuh untuk menyerahkan segala hidup, dan hasil dari kehidupan kepada yang berkuasa. Doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat ini juga memuat beberapa hal tentang itu.

Pada sebagian besar doa Nabi Khidir ini memuat ketidakmampuan manusia sebagai ciptaan. Bukan hanya dari satu sisi kehidupan saja. Bahkan dari beberapa sisi.

Tentu saja ini menunjukan betapa lemahnya kita di hadapanNya. Serta hanyalah kekuatanNya yang dapat mengabulkan keinginan serta kebutuhan dalam kehidupan kita. Jadi, bukan hanya sekedar kita berusaha. Memang, ikhtiar itu wajib, namun hasilnya juga datangnya dari Allah SWT.

Kita tidak bisa hanya ikhtiar saja tanpa menyerahkan hasilnya kepada yang kuasa dengan mengamalkan doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat. Bukan hanya sebuah isapan jempol, jika kekuatan manusia apabila dibandingkan dengan kuasaNya, maka tidak ada yang dapat menandinginya.

Jadi, hal ini bukanlah perkara membandingkan kekuatan antar manusia. Namun, sebagai manusia hendaknya kita menyadari bahwa semakin kita merasa besar di hadapan Allah SWT, maka Allah SWT akan semakin mengecilkan kita.

Bahkan ketika kita membutuhkan pertolongan dariNya. Bukannya Allah SWT yang menjauh. Namun posisi Allah SWT tetap dekat, akan tetapi kita sebagai manusia yang menjauh. Hasil akhir manusia merasa Tuhan tidak adil, kurang perhatian, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu kamu hendaknya jangan pernah melupakan Allah SWT. Sebab, dalam doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat. Disebutkan bahwa beliau memiliki rasa takut akan Allah SWT. Hal itulah yang membuat dirinya makin kuat.

  1. Meletakkan Allah Pada Prioritas Utama

Kaki membawa diri kita pergi kemanapun, tentu Allah mendampingi. Seperti dalam doa dari Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat, kita hendaknya meletakkan Allah di atas segala hal. Hal ini bertujuan agar kita selalu ingat akan pertolongan, dan kuasaNya.

Bukan hal mudah memang ketika kita bukanlah seseorang yang memiliki prioritas lain. Namun, hendaknya jika kamu masih percaya kepadaNya, harusnya kamu tetap mengandalkan diri kepadaNya. Lewat doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat, semua terlihat jelas.

Beberapa kali dalam doa disebutkan bahwa Tuhan maha segalaNya. Tiada yang dapat menandingi kuasaNya. Inilah perlunya meletakkan Allah pada prioritas utama. Sudah tercantum juga dalam Asmaul Husna bahwa Allah memiliki sembilan puluh sembilan nama dalam AlQuran.

Tentunya ini menjadi patokan bahwa Allah memang patut dijadikan prioritas utama. Doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat ini juga menjadi dasar bahwa kita sebagai manusia sudah sepatutnya memberikan diri kita untuk diberkahi olehNya. Sebab itulah, Allah SWT pasti akan selalu menemani langkah kita kemanapun kita pergi, dan mencariNya.

  1. Menghindar dari Dosa Adalah Kunci

Dosa, merupakan sebuah batu sandungan pada kehidupan manusia. Seorang manusia dapat terjatuh kapan saja ke dalam lembah dosa. Oleh karena itu penting bagi kamu dan kami untuk menghindar dari dosa.

Menjadi sebuah hal yang menyedihkan ketika seorang manusia tidak dapat menahan dirinya untuk jatuh ke dalam maksiat. Hawa nafsu yang timbul dalam diri tentu menjadi sebuah pemicu utama.

Maka dari itu doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hal mencantumkan hal tersebut. Jadilah kita sebagai manusia harus selalu mawas diri, dan menyadari segala bentuk kuasaNya. Sebab, jika diri kita masih berkubang dalam dosa, untuk berjalan menuju ke tujuan nyata, akan mengalami kesulitan tingkat tinggi.

Itulah semua mengenai doa dari Nabi Khidir. Jika kamu hendak mencapai suatu hal, amalkanlah doa Nabi Khidir untuk mengabulkan segala hajat ini. Tidak lupa ikhtiarmu juga harus diperkuat, agar bisa menggapai berkahNya.