Doa Mustajab Sholat Dhuha dan Artinya
Doa Mustajab Sholat Dhuha dan Artinya

Doa Mustajab Sholat Dhuha dan Artinya

Dalam agama Islam, sholat Dhuha adalah salah satu jenis sholat sunnah yang dikerjakan setelah matahari terbit. Sholat Dhuha biasanya dikerjakan dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, mencari taufik dan rahmat dari Allah SWT, memohon perlindungan dari Allah SWT, serta mengabdikan diri kepada Allah SWT.

Dalam melakukan sholat Dhuha, dianjurkan untuk membaca doa mustajab. Doa mustajab adalah doa yang dikatakan dalam bentuk lafal tertentu, dan dipercaya akan langsung dikabulkan oleh Allah SWT. Oleh sebab itu, banyak orang yang melakukan sholat Dhuha menggunakan doa mustajab.

Doa Mustajab yang Paling Sering Digunakan dalam Sholat Dhuha

Ada beberapa doa mustajab yang sering digunakan dalam sholat Dhuha. Berikut adalah doa mustajab yang paling sering digunakan beserta artinya:

1. “Allahummaj’alnii Mina Al-Muhsiniin”. Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang berbuat baik”.

2. “Allahummaj’alnii Mina Al-Mutaqin”. Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertakwa”.

3. “Allahummaj’alnii Mina Al-Muslihiin”. Artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mengadakan perbaikan”.

4. “Allahumma innii As’aluka Al-Husnaa”. Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepadaMu kebaikan-kebaikan”.

5. “Allahumma innii As’aluka Al-Husnaat”. Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepadaMu kebaikan-kebaikan yang sempurna”.

6. “Allahumma innii As’aluka Al-Husnaa wa Al-Husnaat”. Artinya: “Ya Allah, aku mohon kepadaMu kebaikan-kebaikan dan kebaikan-kebaikan yang sempurna”.

Keutamaan Membaca Doa Mustajab dalam Sholat Dhuha

Karena doa mustajab memiliki kualitas yang lebih tinggi, maka membaca doa mustajab dalam sholat Dhuha memiliki beberapa keutamaan. Berikut adalah beberapa keutamaan yang dimiliki oleh membaca doa mustajab dalam sholat Dhuha:

1. Menjalankan perintah Allah SWT. Karena membaca doa mustajab adalah perintah Allah SWT, maka dengan membaca doa mustajab dalam sholat Dhuha akan mendapatkan pahala yang berlipat-lipat dari Allah SWT.

2. Mendapatkan keberkahan. Dengan membaca doa mustajab dalam sholat Dhuha, diharapkan akan mendapatkan keberkahan dan keberuntungan dari Allah SWT.

3. Mendapatkan perlindungan. Dengan membaca doa mustajab dalam sholat Dhuha, diharapkan akan mendapatkan perlindungan dan ketenangan jiwa dari Allah SWT.

Manfaat Membaca Doa Mustajab dalam Sholat Dhuha

Selain keutamaan yang didapatkan, membaca doa mustajab dalam sholat Dhuha juga memiliki manfaat yang berguna bagi pelakunya. Berikut adalah beberapa manfaat yang dimiliki oleh membaca doa mustajab dalam sholat Dhuha:

1. Memperoleh ketenangan hati. Karena sholat Dhuha adalah salah satu cara untuk menghubungkan diri kepada Allah SWT, maka dengan membaca doa mustajab dalam sholat Dhuha akan membantu mencapai ketenangan hati.

2. Memperoleh kebahagiaan. Karena sholat Dhuha adalah salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, maka dengan membaca doa mustajab dalam sholat Dhuha akan membantu mencapai kebahagiaan.

3. Memperoleh keberkahan. Karena sholat Dhuha adalah salah satu cara untuk mencari rahmat dan taufik dari Allah SWT, maka dengan membaca doa mustajab dalam sholat Dhuha akan membantu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Kesimpulan

Dalam agama Islam, sholat Dhuha adalah salah satu jenis sholat sunnah yang dikerjakan setelah matahari terbit. Dalam melakukan sholat Dhuha, dianjurkan untuk membaca doa mustajab. Doa mustajab adalah doa yang dipercaya akan langsung dikabulkan oleh Allah SWT. Membaca doa mustajab dalam sholat Dhuha memiliki banyak keutamaan dan manfaat, diantaranya adalah memperoleh ketenangan hati, kebahagiaan, dan keberkahan.