Doa Mubarok dan Artinya
Doa Mubarok dan Artinya

Doa Mubarok dan Artinya

Doa adalah salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Dengan melakukan doa, kita dapat menyampaikan rasa syukur dan keinginan kepada Allah SWT. Doa mubarok adalah sebuah doa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa mubarok biasanya diajarkan oleh para ulama dan dipelajari oleh para pecinta agama. Doa mubarok ini memiliki arti yang sangat dalam dan juga memiliki kekuatan spiritual yang diyakini dapat mendatangkan kebaikan. Berikut adalah beberapa doa mubarok dan artinya.

Doa Mubarok dan Artinya

1. Doa Makan: “Bismillahirahmanirahim”. Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Doa ini sebaiknya diucapkan ketika akan makan atau minum. Dengan mengucapkan doa ini, kita akan memperoleh berkah dari Allah SWT.

2. Doa Masuk Rumah: “Bismillahillazi La Yadhurru Ma’asmihi Syaiun Fil Ardhi Wa La Fis Samaai Wa Huwas Samii’ul ‘Alim”. Artinya: Dengan nama Allah yang tiada seorang pun dapat merusak apa yang telah diciptakan-Nya di bumi dan di langit, dan Dia Maha mendengar lagi Maha Mengetahui.

3. Doa Berpakaian: “Alhamdulillahilladzi Khudayaa Sa’iy Wa Ja’ala Liy Thilaka Wa Jalaalaniy Fiy Thilaka”. Artinya: Segala puji bagi Allah Yang telah memberikan aku kekuatan untuk berdiri dan telah menjadikan aku memakai pakaian ini.

4. Doa Sebelum Tidur: “Alhamdulillahilladzi Ahyana Ba’da Ma Amatana Wa Ilayhil Masir”. Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati (dalam keadaan tidak sadarkan diri) dan kepada-Nya kami kembali.

5. Doa Bangun Tidur: “Alhamdulillahilladzi Ahyana Ba’da Ma Amatana Wa Ilaihin Nushur”. Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati (dalam keadaan tidak sadarkan diri) dan kepada-Nya kami meminta pertolongan.

6. Doa Turun Hujan: “Allahumma Fa Innaka Taqdiru Wa La Aqdiru Wa Ta’lamu Wa La A’lamu Wa Anta Allamul Ghuyubi”. Artinya: Ya Allah, sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang dapat menentukan selain Engkau. Engkaulah yang mengetahui segala sesuatu dan tidak ada yang dapat mengetahui selain Engkau. Engkaulah yang Maha Mengetahui akan segala yang ghaib.

7. Doa Masuk Masjid: “ Allahummaftahli Abwaba Rahmatika”. Artinya: Ya Allah, bukakanlah pintu rahmat-Mu untukku.

8. Doa Keluar Masjid: “Allahummaghfirliy Dhanbi Waftahli Abwaba Maghfiratika”. Artinya: Ya Allah, ampunilah dosaku dan bukakanlah pintu rahmat-Mu untukku.

9. Doa Bercermin: “Subhanaka Allahumma Wa Bihamdika Ash-hadu An La Ilaha Illa Anta Astaghfiruka Wa Atubu Ilayk”. Artinya: Maha Suci Engkau ya Allah, aku memuji Engkau. Aku bersaksi bahwa tidak ada Ilah (yang berhak disembah) selain Engkau, aku memohon ampun kepada mu dan bertobat kepada-Mu.

10. Doa Memohon Kebaikan: “Allahummaghfirliy Wa Liwalidaya Wa Lil Mu’minina Wal Mu’minat Wa Dhurriyyatihim Wa Jami’al Mu’minina Wal Mu’minat”. Artinya: Ya Allah, ampunilah aku, orang tua dan ibu ku, orang-orang beriman, orang-orang berimanah, dan anak-anak mereka serta semua orang-orang beriman dan berimanah.

Kesimpulan

Doa mubarok merupakan salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan oleh agama Islam. Doa mubarok adalah doa-doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dan diyakini dapat mendatangkan kebaikan. Doa mubarok ini memiliki arti yang sangat dalam dan juga memiliki kekuatan spiritual yang diyakini dapat mendatangkan kebaikan. Oleh karena itu, semoga kita dapat mengamalkan doa mubarok-doa mubarok tersebut sehingga kita dapat mendapatkan berkah dari Allah SWT.