Doa Menjelang Sore dan Artinya
Doa Menjelang Sore dan Artinya

Doa Menjelang Sore dan Artinya

Doa adalah salah satu bentuk ibadah yang diperintahkan Allah SWT kepada umatnya. Doa dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, termasuk juga doa menjelang sore. Doa menjelang sore ini merupakan doa yang dilakukan sebelum matahari terbenam. Doa ini diperintahkan Rasulullah saw agar selalu dilakukan oleh umatnya. Selain sebagai ibadah, doa menjelang sore juga punya arti dan keutamaan tersendiri. Penjelasan selengkapnya tentang doa menjelang sore dan artinya, simak pembahasan berikut ini.

Syarat-Syarat Untuk Membaca Doa Menjelang Sore

Meskipun doa menjelang sore dapat dilakukan siapapun, namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar doa tersebut diterima oleh Allah SWT. Syarat-syarat tersebut meliputi: Pertama, membaca doa menjelang sore hanya dilakukan setelah adzan magrib. Kedua, menghadap ke arah kiblat. Ketiga, membaca doa dengan takut dan rasa bersalah kepada Allah. Keempat, menghadirkan niat untuk menyembah Allah. Kelima, membaca doa dengan penuh khusyuk.

Tata Cara Membaca Doa Menjelang Sore

Setelah memenuhi syarat-syarat yang harus dilakukan, berikut ini adalah tata cara membaca doa menjelang sore. Pertama, baca takbir dengan mengucapkan Allahu Akbar. Kedua, baca doa yang berisi permohonan ampunan dan rahmat dari Allah. Ketiga, baca doa berikut: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat, kesejahteraan, dan keberkahan kepada Nabi Muhammad saw dan keluarganya. Ya Allah, limpahkanlah kebaikan dan keutamaan atas mereka semua”. Keempat, baca doa berikut: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keutamaan atas para Nabi dan para Rasul yang telah kau utus”. Kelima, tutup dengan salam.

Arti dan Keutamaan Doa Menjelang Sore

Doa menjelang sore memiliki arti dan keutamaan tersendiri. Artinya, doa ini merupakan bentuk permohonan ampunan dan rahmat dari Allah SWT. Doa ini juga berfungsi sebagai pemohon kepada Allah SWT agar diampuni dari semua dosa yang telah diperbuat. Selain itu, doa menjelang sore juga memiliki keutamaan yang besar. Di antaranya adalah sebagai berikut: Pertama, doa menjelang sore dapat mengantarkan orang yang mengamalkannya ke surga. Kedua, doa menjelang sore akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda di akhirat kelak. Ketiga, doa menjelang sore akan diberkahi dengan keselamatan di dunia dan di akhirat. Keempat, doa menjelang sore akan meningkatkan ketaqwaan seseorang kepada Allah SWT.

Doa Menjelang Sore Versi Arab dan Latin

Doa menjelang sore di atas dapat dibaca dengan bahasa Arab atau Latin, berikut ini adalah doa versi Arab dan Latinnya: Doa versi Arab: اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ وَبَارِكْ عَلَيْهِمْ ، وَالْجَنَّةُ يَا رَبِّ. Doa versi Latin: Allahumma shalli ‘ala Muhammadin wa ‘ali Muhammadin wa barik ‘alayhim, waljannatu yaa robbi.

Hikmah Doa Menjelang Sore

Doa menjelang sore memiliki hikmah yang cukup besar. Hikmah tersebut di antaranya adalah sebagai berikut. Pertama, doa menjelang sore dapat menjadi bentuk pengakuan seseorang atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Kedua, doa menjelang sore dapat menjadi bentuk pengakuan seseorang atas kebesaran Allah SWT. Ketiga, doa menjelang sore dapat membuat seseorang lebih dekat dengan Allah SWT. Keempat, doa menjelang sore dapat menjadikan seseorang semakin bertakwa kepada Allah SWT.

Kesimpulan

Doa menjelang sore merupakan salah satu doa yang diperintahkan Allah SWT kepada umatnya. Doa ini memiliki syarat-syarat tersendiri yang harus dipenuhi, selain itu doa ini juga memiliki arti dan keutamaan yang cukup besar. Dengan melaksanakan doa menjelang sore, seseorang dapat mendapatkan berbagai keutamaan seperti rahmat dari Allah, pahala yang berlipat ganda di akhirat, dan keselamatan di dunia dan di akhirat. Dengan demikian, marilah kita saling mengingatkan untuk selalu melaksanakan doa menjelang sore agar dapat merasakan segala manfaat dan keutamaannya.