Doa Menerima Zakat Fitrah dalam Bahasa Arab dan Artinya
Doa Menerima Zakat Fitrah dalam Bahasa Arab dan Artinya

Doa Menerima Zakat Fitrah dalam Bahasa Arab dan Artinya

Zakat fitrah adalah salah satu dari empat rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat muslim. Zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus dibayar oleh setiap orang muslim yang sudah memenuhi syarat tertentu. Zakat fitrah biasanya dibayarkan pada saat bulan Ramadhan, dan merupakan salah satu bentuk ibadah yang dipuji oleh Allah SWT. Oleh karena itu, sebagai orang muslim, sebaiknya kita tahu dan mengetahui doa menerima zakat fitrah dalam bahasa Arab dan artinya.

Doa menerima zakat fitrah dibaca oleh penerima zakat fitrah sebelum menerima zakat yang diberikan oleh pemberi zakat. Doa ini dapat membantu kita untuk menghargai dan menyadari nilai-nilai luhur yang terkandung dalam zakat fitrah. Berikut adalah doa menerima zakat fitrah dalam bahasa Arab dan artinya:

Doa Menerima Zakat Fitrah dalam Bahasa Arab

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِحُقِّ مَنْ يَتَضَرَّعُ إِلَيْكَ وَيَسْتَغْفِرُكَ، اللَّهُمَّ اجْعَلْ هَذَا الزَّكَاةَ عَلَيَّ رِزْقاً مُقِيئاً، وَصِلْنِي بِهَا رَحْمَتَكَ التَّامَّةَ، وَارْزُقْنِي بِهَا نَعِيماً مُتَجَاوِزاً، وَاجْعَلْهَا لِي عِنْدَكَ حَسَنَةً يَسِيرَةً وَارْزُقْنِي بِهَا رَزَقاً يَسِيراً.

Arti Doa Menerima Zakat Fitrah

Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan hak orang yang berdoa dan memohon ampun kepada-Mu, Ya Allah, jadikanlah zakat ini sebagai rizki yang baik bagiku, hubungkanlah aku dengan rahmat-Mu yang sempurna, dan berilah aku rezeki yang banyak, jadikanlah ia sebagai kebaikan yang akan mendekatkan aku kepada-Mu dan berilah aku rezeki yang mudah.

Bacaan Doa Menerima Zakat Fitrah

Doa menerima zakat fitrah dibaca dengan niat, yakni dengan niat untuk menerima zakat yang diberikan oleh pemberi zakat. Berikut adalah bacaan doa ini:

بِسْمِ اللهِ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِحَقِّ مَنْ يَتَضَرَّعُ إِلَيْكَ وَيَسْتَغْفِرُكَ، وَأَسْأَلُكَ بِحُقِّ مَنِ اسْتَطَاعَ مِنْ عِبَادِكَ التَّوَبَةَ، اللَّهُمَّ اجْعَلْ هَذَا الزَّكَاةَ عَلَيَّ رِزْقاً مُقِيئاً، وَصِلْنِي بِهَا رَحْمَتَكَ التَّامَّةَ، وَارْزُقْنِي بِهَا نَعِيماً مُتَجَاوِزاً، وَاجْعَلْهَا لِي عِنْدَكَ حَسَنَةً يَسِيرَةً وَارْزُقْنِي بِهَا رَزَقاً يَسِيراً.

Meningkatkan Kualitas Doa Menerima Zakat Fitrah

Doa menerima zakat fitrah ini juga bisa dibaca dengan cara yang lebih khusyuk dan tulus. Sebelum membaca doa ini, ada baiknya kita menghayati makna doa tersebut sehingga kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita. Kita juga dapat meningkatkan kualitas doa ini dengan mengucapkan kalimat lain yang berkenaan dengan zakat fitrah di akhir doa. Misalnya, “Ya Allah, jadikan zakat ini sebagai amal yang akan membawa harta berkah bagiku dan sebagai perisai dari siksa-Mu.”

Kesimpulan

Doa menerima zakat fitrah merupakan doa yang wajib dibaca oleh penerima zakat fitrah sebelum menerima zakat yang diberikan oleh pemberi zakat. Doa ini ditujukan kepada Allah SWT agar zakat yang diterima bisa menjadi rizki yang baik bagi penerimanya. Doa ini juga dapat dibaca dengan khusyuk dan tulus sehingga kita dapat meningkatkan kualitas ibadah kita.