Doa Menerima Zakat Beserta Artinya
Doa Menerima Zakat Beserta Artinya

Doa Menerima Zakat Beserta Artinya

Zakat merupakan ibadah yang telah diwajibkan oleh Allah SWT. Ibadah ini memberikan banyak manfaat bagi pembayar maupun penerima zakat. Penerima zakat dapat menggunakan zakat tersebut untuk berbagai hal, seperti membeli makanan, menyekolahkan anak, dan lain sebagainya. Di samping itu, saat menerima zakat juga ada doa yang dibaca. Doa ini menjadi penghormatan penerima zakat kepada Allah SWT. Berikut adalah doa menerima zakat beserta artinya.

Doa Menerima Zakat

Doa menerima zakat adalah sebagai berikut: “اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْتَغْفِرُكَ وَنَتُوبُ إِلَيْكَ، وَنَشْكُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتَرُكُ مَا يَفْطِرُ الْقَلْبَ وَنَطْلُبُ رِضْوَانَكَ، اللَّهُمَّ إِنَّ هَذَا الزَّكَاةَ قَدْ أَقْبَلَتْ عَلَيْنَا، فَأَنْتَ الْكَاشِفُ لِحَشَرِنَا، اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ بِحَقِّ مَنْ عَطَانَا هَذِهِ الزَّكَاةَ، اللَّهُمَّ اجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا الْحِلْمَ وَالرَّحْمَةَ وَاجْعَلْ فِي نَوْمِنَا نُورًا وَاجْعَلْ فِي قَلْبِنَا نُورًا وَاجْعَلْ فِي دِينِنَا رَحْمَةً وَاجْعَلْ فِي عَمَلِنَا فَضْلًا وَاجْعَلْ فِي أَجْرِنَا كَرَمًا، اللَّهُمَّ إِنَّكَ تَعْلَمُ مَا نَخْفِي وَمَا نُعْلِنُ، وَتَعْلَمُ مَا يُخْفَى فِي الأَرْضِ وَالسَّمَاءِ، وَتَعْلَمُ مَا يَحْشُرُ لِلنَّاسِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فِي كُلِّ شَيْءٍ، اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَلِعِبَادِكَ الصَّالِحِينَ، وَاجْعَلْ هَذِهِ الزَّكَاةَ عِنْدَكَ عَمَلًا مُحْسِنًا”.

Artinya

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon ampunan kepada-Mu, bertaubat kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu, melepaskan/menghilangkan apa yang dapat mengganggu keiklasan hati kami, dan memohon ridha-Mu. Ya Allah, sesungguhnya zakat ini telah datang kepada kami, maka Engkaulah yang dapat menghapuskan kesulitan kami, Ya Allah, kami memohon kepada-Mu dengan hak orang yang telah memberikan zakat ini kepada kami. Ya Allah, jadikanlah di dalam hati kami kemuliaan dan belas kasihan, jadikanlah di dalam tidur kami cahaya, jadikanlah di dalam hati kami cahaya, jadikanlah di dalam agama kami rahmat, jadikanlah di dalam amal kami keutamaan, jadikanlah di dalam pahala kami kemuliaan. Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui apa yang kami sembunyikan dan apa yang kami nyatakan, Engkau mengetahui apa yang disembunyikan di bumi dan langit, Engkau mengetahui apa yang akan dihisabkan kepada manusia pada hari kiamat. Ya Allah, ampunilah aku dan hamba-hamba-Mu yang shaleh, dan jadikanlah zakat ini di sisi-Mu sebagai suatu amalan yang baik.”

Hadits Tentang Doa Menerima Zakat

Doa menerima zakat di atas memiliki dalil dari hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Abdullah bin ‘Amru bin Ash, ia berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Barangsiapa yang menghidangkan zakat atas nama Allah, lalu penerimanya membaca doa: “Ya Allah, berilah kami kebaikan pada hari ini dan hari yang akan datang. Ya Allah, berikanlah kepada kami di dunia kebaikan dan di akhirat kebaikan,” maka mereka berdua akan dimasukkan ke surga.” (HR. Ahmad)

Kesimpulan

Kesimpulannya adalah, penerima zakat harus membaca doa ketika menerima zakat. Doa ini akan mendatangkan berkah, kemudahan, dan kebaikan. Doa ini juga telah terdapat dalam hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Dengan demikian, doa ini perlu kita amalkan agar kita mendapatkan berkah dari Allah SWT.

Closing

Itulah doa menerima zakat beserta artinya. Semoga dengan membaca doa ini, kita akan mendapatkan berkah dan kebaikan dari Allah SWT. Amin.