Doa Mendengar Petir Beserta Artinya
Doa Mendengar Petir Beserta Artinya

Doa Mendengar Petir Beserta Artinya

Suasana angin ribut petir yang diselingi dengan guntur sangat menakutkan. Tentu saja, kita ingin segera mengucapkan doa agar keselamatan kita di lindungi. Doa ketika mendengar petir memiliki makna yang sangat dalam, yaitu memohon perlindungan kepada Allah SWT. Doa ketika mendengar petir juga merupakan salah satu doa wajib yang dianjurkan untuk dilakukan oleh seluruh umat Muslim.

Doa ketika mendengar petir adalah doa yang dapat kita lakukan setiap saat. Doa ini diutarakan dengan tujuan untuk memohon perlindungan dan keamanan dari Allah SWT. Doa ini telah disebutkan dalam Al-Qur’an, dimana Allah SWT berfirman: “Katakanlah: “Aku berlindung kepada Tuhan Yang Menciptakan, Yang Maha Pemurah, Yang Maha Pemberi Rezeki, Yang menguasai langit dan bumi, dari kejahatan makhluk-Nya dan makhluk setan yang berakal”. (QS. Al-Mukminun: 117-118).

Doa ini juga dapat kita temukan dalam hadits Nabi Muhammad SAW, dimana beliau bersabda: “Barang siapa yang mendengar petir lalu ia mengucapkan: ‘Subhanallohi wa bi hamdihi, Rabbil ‘alamin (Maha Suci Allah dan Segala Puji bagi-Nya, Rabb semesta alam), maka segala sesuatu di bumi dan langit akan memohon ampun atasnya”. (HR. Abu Daud, At Tirmidzi, Ibnu Majah).

Doa Mendengar Petir dan Artinya

Doa ketika mendengar petir berikut ini adalah doa yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan hadits Nabi SAW:

اَعُوْذُ بِاللهِ الْعَظِيْمِ وَبِاْلآئِمُ الْحَقِّ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dan agama yang benar, dari kejahatan apa pun yang kuketahui dan yang kutakutkan”.

Umat Muslim juga dianjurkan untuk membaca doa ini ketika mendengar petir, terutama ketika sedang berada di luar rumah. Doa ini juga menggambarkan keterikatan kita dengan Allah SWT, dimana kita memohon perlindungan dan keamanan kepada-Nya.

Manfaat Doa Ketika Mendengar Petir

Doa ketika mendengar petir memiliki banyak manfaat. Beberapa diantaranya adalah:

Pertama, doa ini akan menjadi benteng perlindungan bagi kita. Dengan melakukan doa ini, kita akan merasa lebih aman dan terlindungi dari segala bahaya yang ada. Hal ini karena kita telah memohon perlindungan dari Allah SWT, yang adalah Maha Pengampun dan Maha Penyayang.

Kedua, doa ini juga akan meningkatkan keyakinan kita terhadap Allah SWT. Kita akan mengetahui bahwa Allah SWT selalu ada untuk melindungi dan menyayangi setiap umatnya. Hal ini akan meningkatkan rasa syukur kita kepada-Nya.

Ketiga, doa ini juga dapat meningkatkan kesadaran kita terhadap kebenaran agama. Kita akan lebih mengetahui bahwa agama adalah jalan kehidupan yang benar dan mulia. Kita akan lebih menghargai dan menghormati kebenaran agama yang telah diajarkan oleh Nabi SAW.

Kesimpulan

Doa ketika mendengar petir adalah salah satu doa wajib yang dianjurkan untuk dilakukan oleh seluruh umat Muslim. Doa ini diutarakan dengan tujuan untuk memohon perlindungan dan keamanan dari Allah SWT. Doa ini juga memiliki banyak manfaat, seperti menjadi benteng perlindungan, meningkatkan keyakinan terhadap Allah SWT, dan meningkatkan kesadaran kita terhadap kebenaran agama. Oleh karena itu, marilah kita sering-sering melakukan doa ketika mendengar petir.