Doa Mendengar Adzan dan Artinya
Doa Mendengar Adzan dan Artinya

Doa Mendengar Adzan dan Artinya

Adzan adalah panggilan yang diucapkan oleh muezzin atau muadzin yang berfungsi untuk mengumandangkan azan yang berisi peringatan bagi umat muslim untuk melaksanakan shalat lima waktu. Adzan juga menjadi tanda bahwa hari telah datang dan harus segera melaksanakan shalat. Saat mendengar Adzan, seorang muslim harus segera berdoa agar mendapatkan berkah dari Allah SWT. Berikut adalah doa mendengar Adzan dan artinya.

Doa Saat Mendengar Adzan dan Artinya

Doa saat mendengar Adzan dalam Islam adalah sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ اِسْتَجِبْ لَهَا وَاَجْعَلْهَا رَبِّيْ وَاْلاِخْلَاصِ مِنَ النَّارِ

Artinya: “Ya Allah, Rabb yang Maha Kuasa, aku mohon kepada-Mu untuk mengabulkan doa ini yang sempurna, dan shalat yang diwajibkan. Jadikanlah ia sebagai doa dan pelindungku dari api neraka”.

Keutamaan Doa Saat Mendengar Adzan

Dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

“Barangsiapa yang mendengar adzan, kemudian ia berdoa sebagaimana doa di atas (sebelum disebutkan) maka ia akan mendapatkan pahala yang besar. Dan ia akan mendapatkan sepuluh kebaikan yang besar dan sepuluh kesalahan yang besar akan diampuni darinya”.

Hadis ini mengisyaratkan bahwa orang yang mendengar Adzan dan berdoa sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, akan mendapatkan pahala yang besar dan Allah akan mengampuni dari sepuluh kesalahan besar yang dilakukannya.

Doa Setelah Adzan dan Artinya

Doa setelah Adzan dalam Islam adalah sebagai berikut:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

Artinya: Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.

Keutamaan Doa Setelah Adzan

Dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu, Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda:

“Barangsiapa yang mendengar adzan, kemudian ia mengucapkan doa sesuai yang disebutkan di atas (sebelum disebutkan), maka Allah SWT akan mencatat untuknya sepuluh kebaikan dan akan menghapuskan sepuluh kesalahan”.

Dalam hadis ini disebutkan bahwa orang yang mendengar Adzan dan mengucapkan doa yang disebutkan di atas akan mendapatkan pahala dan Allah SWT akan menghapus sepuluh kesalahan yang dilakukannya.

Niat Doa Saat Mendengar Adzan

Niat yang harus diucapkan ketika mendengar Adzan adalah sebagai berikut:

نَوَيْتُ أَنْ أَجْعَلَ اللهُ رَبِّيْ وَاْلاِخْلَاصِ مِنَ النَّارِ

Artinya: Aku berkehendak agar Allah menjadi Rabbku dan pelindungku dari api neraka.

Hukum Doa Saat Mendengar Adzan

Hukum doa saat mendengar Adzan adalah sunnah muakkadah, yaitu suatu sunnah yang dilakukan oleh Nabi SAW dengan konsisten dan terus menerus. Ini berarti bahwa doa saat mendengar Adzan adalah amalan yang sangat dianjurkan oleh Nabi SAW.

Kesimpulan

Doa saat mendengar Adzan adalah sunnah muakkadah yang diisyaratkan dari hadis-hadis Nabi SAW. Doa tersebut akan mendapatkan pahala dan Allah SWT akan menghapus sepuluh kesalahan yang dilakukan oleh orang tersebut. Oleh karena itu, kita sebagai umat muslim harus selalu berdoa saat mendengar Adzan agar mendapatkan berkah dari Allah SWT.