Doa Menanggalkan Jenazah dan Artinya
Doa Menanggalkan Jenazah dan Artinya

Doa Menanggalkan Jenazah dan Artinya

Menanggalkan jenazah merupakan salah satu tahapan dalam prosesi pemakaman. Menanggalkan jenazah adalah proses pengambilan jenazah dari tempat tinggalnya ke tempat pemakaman. Pada saat prosesi ini dilakukan, biasanya akan dilanjutkan dengan bacaan doa menanggalkan jenazah.

Doa menanggalkan jenazah adalah doa yang dibaca oleh orang yang mengangkat jenazah. Doa ini diucapkan sebagai bentuk pengakuan dan pemahaman akan kehadiran Tuhan Yang Maha Esa dalam prosesi menanggalkan jenazah. Doa yang dipilih biasanya berasal dari Al-Quran ataupun hadits-hadits yang shahih.

Berikut ini adalah doa menanggalkan jenazah yang biasa dibaca pada saat prosesi menanggalkan jenazah dan artinya.

Doa Menanggalkan Jenazah dan Artinya

Pertama, adalah doa yang berasal dari Al-Quran, yaitu surat al-Baqarah ayat 154:

“Dan janganlah kamu mati, kecuali kamu dalam keadaan beragama Islam.” (QS. Al-Baqarah: 2:154).

Doa ini bermaksud untuk mengingatkan kepada kita bahwa hidup adalah milik Allah dan akhirat adalah tujuan terbaik bagi manusia. Doa ini juga berisi ajakan untuk selalu beragama Islam dan meninggalkan segala bentuk kekufuran.

Kedua, adalah doa yang berasal dari hadits, yaitu firman Rasulullah Muhammad SAW yaitu :

“Allahumma inni a’uudzu bika minal khubuthi wal khabaa’ith.” (Muttafaqun Alaih).

Doa ini bermaksud untuk memohon perlindungan kepada Allah dari kejahatan dan orang-orang yang jahat. Doa ini juga berisi ajakan untuk selalu berlaku jujur, berlaku adil, dan berlaku baik kepada sesama.

Ketiga, adalah doa yang berasal dari hadits lainnya, yaitu firman Rasulullah Muhammad SAW yaitu :

“Allaahumma laa tahrimnaa ajraahu wa laa taftinnaa ba’dahu.” (Muttafaqun Alaih).

Doa ini bermaksud untuk memohon kepada Allah agar dosa yang telah dilakukan oleh jenazah tidak dituntut lagi dan agar jenazah mendapatkan pahala yang berlipat ganda di akhirat nanti. Doa ini juga berisi ajakan untuk selalu bersyukur dan bertawakal kepada Allah.

Keempat, adalah doa yang berasal dari Al-Quran, yaitu surat al-Maidah ayat 35 :

“Sesungguhnya jalan (yang menuju) kepada Tuhanmu, hanyalah kebenaran. Dia menyuruh kamu mengerjakan amal yang ma’ruf dan mengharamkan yang mungkar.” (QS. Al Maidah : 5:35).

Doa ini bermaksud untuk mengingatkan kepada kita bahwa jalan yang dituntut oleh Tuhan adalah jalan yang benar dan yang dilandasi oleh kebajikan. Doa ini juga berisi ajakan untuk selalu berbuat kebajikan dan menjauhi segala bentuk kemungkaran.

Kelima, adalah doa yang berasal dari hadits yang lainnya, yaitu firman Rasulullah Muhammad SAW yaitu :

“Allahumma innaa nashkuruka wa nastaeenaka wa nuthnibuka wa nastaghfiruka.” (Muttafaqun Alaih).

Doa ini bermaksud untuk memohon kepada Allah agar diri kita diampuni, dimurahkan rezeki, dilapangkan jalan menuju kebaikan dan diberikan kepada kita kekuatan untuk menjalankan perintah-Nya. Doa ini juga berisi ajakan untuk selalu bersyukur kepada Allah dan berusaha menjalankan perintah-Nya.

Kesimpulan

Doa menanggalkan jenazah adalah doa yang biasa dibacakan saat prosesi menanggalkan jenazah. Doa-doa ini berasal dari Al-Quran dan hadits-hadits yang shahih. Doa-doa ini juga mengandung ajakan untuk selalu beragama Islam, berbuat kebajikan, bersyukur dan bertawakal kepada Allah.