Doa Membuka Pakaian dan Artinya
Doa Membuka Pakaian dan Artinya

Doa Membuka Pakaian dan Artinya

Mendapatkan kelengkapan pakaian merupakan salah satu hal yang diimpikan oleh semua orang. Pengenalan budaya dan tradisi melalui pakaian juga menjadi penting bagi sebagian orang. Namun demikian, pakaian tidak bisa dipakai sembarangan. Untuk itu, ada sebuah doa yang disebut dengan doa membuka pakaian yang biasa dilakukan sebelum seseorang memakai pakaian tersebut.

Doa membuka pakaian adalah sebuah doa yang juga disebut dengan doa tasmiyah. Doa ini biasanya diucapkan saat seseorang akan memakai pakaian baru atau sebelum memakai pakaian yang telah lama dipakai. Doa tasmiyah ini sebagai simbol pengakuan bahwa semua pakaian yang dipakai merupakan karunia yang telah diberikan Allah kepada manusia.

Doa membuka pakaian biasanya dimulai dengan menyebutkan nama Allah. Selanjutnya, berikut adalah beberapa doa membuka pakaian dan artinya yang dapat Anda kenali:

Doa Membuka Pakaian dan Artinya

Doa pertama adalah: “Bismillahirrohmanirrohim, dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.” Doa ini berarti bahwa Allah adalah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang yang harus selalu dipuji dan dimuliakan.

Doa kedua adalah: “Alhamdulillahirobbil ‘alamin, segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.” Doa ini berarti bahwa Allah adalah Tuhan semesta alam yang patut untuk dipuji dan dimuliakan.

Doa ketiga adalah: “Allahumma inni as’aluka min fadhlik, ya Allah aku memohon kebaikan-Mu.” Doa ini berarti bahwa seseorang memohon kebaikan-kebaikan dari Allah.

Doa keempat adalah: “Ya Allah, takkan Engkau biarkan aku terbelenggu oleh perbuatan jahat.” Doa ini berarti bahwa seseorang berharap agar Allah tidak akan membiarkannya melakukan hal-hal yang jahat.

Doa kelima adalah: “Ya Allah, berkatilah aku dengan pakaian yang bersih dan indah.” Doa ini berarti bahwa seseorang berharap agar Allah akan memberikan kepadanya pakaian yang bersih dan indah.

Doa keenam adalah: “Subhanallahi walhamdulillahi wala ilaha illallah wallahu akbar.” Doa ini berarti bahwa Allah adalah Yang Maha Suci, Yang Maha Terpuji, Tuhan yang Esa, dan Allah adalah Yang Maha Besar.

Doa ketujuh adalah: “Allahumma inni a’udzubika minal fahsyai wal munkar, yaa Allah aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan dan kemungkaran.” Doa ini berarti bahwa seseorang berlindung dari kejahatan dan kemungkaran kepada Allah.

Doa kedelapan adalah: “Ya Allah, jauhkanlah aku dari kejahatan mata dan telinga.” Doa ini berarti bahwa seseorang berharap agar Allah menjauhkannya dari kejahatan yang dapat dilihat oleh mata dan didengar oleh telinga.

Doa kesembilan adalah: “Ya Allah, ampunilah aku atas kesalahan yang telah aku lakukan.” Doa ini berarti bahwa seseorang memohon ampun kepada Allah atas segala kesalahan yang telah ia lakukan.

Doa kesepuluh adalah: “Ya Allah, selamatkanlah aku dari segala bencana.” Doa ini berarti bahwa seseorang berharap agar Allah akan melindunginya dari segala bencana yang mungkin terjadi.

Kesimpulan

Doa membuka pakaian merupakan sebuah doa yang biasa dilakukan sebelum seseorang memakai pakaian baru atau sebelum memakai pakaian yang telah lama dipakai. Doa ini diucapkan untuk menghormati dan menghargai karunia yang telah diberikan Allah kepada manusia. Doa tasmiyah ini berisi permohonan kepada Allah untuk membuka segala kesulitan, membawa kebaikan, dan menghindarkan seseorang dari segala bencana.