Doa Membasuh Tangan Kiri dan Artinya
Doa Membasuh Tangan Kiri dan Artinya

Doa Membasuh Tangan Kiri dan Artinya

Membasuh tangan kiri adalah salah satu cara untuk menunjukkan rasa hormat dan penghormatan. Doa membasuh tangan kiri adalah cara yang dilakukan oleh orang-orang khususnya yang beragama Islam. Doa ini dapat dibaca dengan cara yang sederhana dan mudah.

Doa membasuh tangan kiri bisa dibaca dalam berbagai bahasa. Ada yang dalam bahasa Arab, bahasa Inggris, bahasa Jerman, bahasa Indonesia, bahasa Mandarin, dan bahasa Tionghoa. Biasanya, doa membasuh tangan kiri akan dibaca saat melakukan shalat atau wudhu. Oleh karena itu, doa ini bisa menjadi salah satu bagian penting dalam upacara ibadah.

Doa membasuh tangan kiri memiliki arti yang berbeda-beda tergantung pada bahasa yang digunakan. Di bawah ini adalah beberapa arti dari doa membasuh tangan kiri:

Doa membasuh tangan kiri dalam bahasa Arab berbunyi: “اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ وَبَارِكْ عَلَيْهِمَا كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ”. Artinya adalah “Ya Allah, limpahkanlah berkah kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah melimpahkan berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”.

Doa membasuh tangan kiri dalam bahasa Inggris berbunyi: “O Allah, bless Muhammad and the family of Muhammad, as You blessed Abraham and the family of Abraham. Indeed, You are Praiseworthy, Glorious”. Artinya adalah “Ya Allah, limpahkanlah berkah kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah melimpahkan berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”.

Doa membasuh tangan kiri dalam bahasa Jerman berbunyi: “Gott, segne Muhammad und die Familie von Muhammad, wie du Abraham und die Familie von Abraham gesegnet hast. Du bist ja Lobenswert und Glorreich”. Artinya adalah “Ya Allah, limpahkanlah berkah kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah melimpahkan berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”.

Doa membasuh tangan kiri dalam bahasa Indonesia berbunyi: “Ya Allah, limpahkanlah berkah kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah melimpahkan berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”. Artinya adalah “Ya Allah, limpahkanlah berkah kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah melimpahkan berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”.

Doa membasuh tangan kiri dalam bahasa Mandarin berbunyi: “神阿,佑祝穆罕默德及其家人,如同你祝福了亚伯拉罕及其家人。确实,你是值得赞叹的,荣耀的”. Artinya adalah “Ya Allah, limpahkanlah berkah kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah melimpahkan berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”.

Doa membasuh tangan kiri dalam bahasa Tionghoa berbunyi: “神啊,祝福穆罕默德及其家族,如同你祝福了亚伯拉罕及其家族。确实,你是可赞叹的,荣耀的”. Artinya adalah “Ya Allah, limpahkanlah berkah kepada Muhammad dan keluarganya, sebagaimana Engkau telah melimpahkan berkah kepada Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”.

Kesimpulan

Doa membasuh tangan kiri adalah cara yang dilakukan oleh orang-orang khususnya yang beragama Islam. Doa ini dapat dibaca dalam berbagai bahasa dan memiliki arti yang berbeda-beda tergantung pada bahasa yang digunakan. Doa ini biasanya dibaca saat melakukan shalat atau wudhu untuk menunjukkan rasa hormat dan penghormatan.