Doa Membasuh Muka Beserta Artinya
Doa Membasuh Muka Beserta Artinya

Doa Membasuh Muka Beserta Artinya

Wudhu atau membasuh muka adalah ritual yang biasa dilakukan oleh umat muslim untuk membersihkan diri sebelum melaksanakan shalat. Di dalam Islam, melaksanakan wudhu adalah salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan. Dengan kata lain, wudhu adalah sebuah ritual yang bertujuan untuk membersihkan diri dari segala macam kotoran dan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang ditetapkan oleh Islam.

Doa membasuh muka adalah salah satu doa yang biasa diucapkan oleh umat muslim saat melakukan wudhu. Doa ini biasanya berisi kalimat-kalimat yang berisi permohonan kepada Allah untuk mengampuni dosa-dosa yang telah dilakukan. Doa tersebut juga biasanya berisi permohonan kepada Allah agar memberikan kekuatan dan ketabahan kepada orang yang melaksanakannya.

Berikut adalah doa membasuh muka beserta artinya yang perlu diketahui oleh para umat muslim :

Doa Membasuh Muka Beserta Artinya

“Aku bersuci dengan air ini, dengan air yang Allah telah berikan, dengan air yang dijanjikan, dengan air yang dikaruniai dan dengan air yang menghilangkan kotoran.” (HR. Ahmad).

Artinya : Dengan air ini aku membersihkan diri, yaitu dengan air yang Allah telah berikan, air yang merupakan anugerah-Nya, air yang menghilangkan kotoran.

Doa Ketika Membasuh Wajah

“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebersihan di wajahku, di dalam hatiku, di setiap anggota tubuhku dan di seluruh perbuatan dan keadaanku. Ya Tuhanku, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu kepadaku.” (HR. Abu Daud).

Artinya : Ya Tuhanku, aku mohon kepada-Mu untuk membersihkan wajahku, hatiku, seluruh anggota tubuhku dan segala perbuatan dan keadaanku. Ya Tuhanku, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu kepadaku.

Doa Ketika Membasuh Kedua Telapak Tangan

“Ya Tuhanku, berilah aku kekuatan untuk melakukan segala yang Engkau ridhai dan peliharalah aku dari segala yang Engkau benci.” (HR. Muslim).

Artinya : Ya Tuhanku, berilah aku kekuatan untuk melakukan segala yang Engkau ridhai dan peliharalah aku dari segala yang Engkau benci.

Doa Ketika Membasuh Kaki

“Ya Allah, bimbinglah aku pada ketaatan-Mu dan peliharalah segala amalanku.” (HR. Tirmidzi).

Artinya : Ya Allah, bimbinglah aku pada ketaatan-Mu dan peliharalah segala amalanku.

Doa Setelah Selesai Membasuh Muka

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan segala karunia-Mu, perbaikilah segala urusanku.” (HR. At-Tirmidzi).

Artinya : Ya Allah, aku mohon kepada-Mu dengan segala karunia-Mu, perbaikilah segala urusanku.

Kesimpulan

Doa membasuh muka beserta artinya adalah salah satu doa yang harus diketahui oleh umat muslim. Doa ini diucapkan saat melakukan wudhu sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Doa ini berisi permohonan kepada Allah SWT untuk memberikan kekuatan, ketabahan, dan pembersihan dari segala macam kotoran. Dengan doa ini, diharapkan umat muslim dapat melaksanakan wudhu dengan benar dan tuntas.