Doa Memakai dan Melepas Pakaian Beserta Artinya
Doa Memakai dan Melepas Pakaian Beserta Artinya

Doa Memakai dan Melepas Pakaian Beserta Artinya

Doa adalah sebuah kegiatan yang sangat dianjurkan oleh agama untuk dilakukan. Doa menjadi ajang untuk menyatakan rasa syukur dan takut kepada Allah SWT. Di dalam setiap gerakan atau pekerjaan, seorang muslim dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu, termasuk ketika akan memakai atau melepas pakaian. Berikut ini adalah doa memakai dan melepas pakaian yang dianjurkan Rasulullah SAW, beserta artinya.

Doa Memakai Pakaian

Doa memakai pakaian yang dianjurkan Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:

“Bismillah, Allahumma jannibna ash-shaytaan wa jannibi ash-shaytaan ma razaqtana.”

Artinya, “Dengan nama Allah, Ya Allah jauhkanlah kami dari setan dan jauhkanlah setan dari apa yang Engkau berikan kepada kami.”

Doa tersebut juga bisa dibaca dengan bentuk lain, seperti berikut:

“Bismillah, Allahumma inni as’aluka khayraha wa khayra ma qazaltaha wa a’udzu bika min sharriha wa sharri ma qadaltaha.”

Artinya, “Dengan nama Allah, Ya Allah aku memohon kepada-Mu kebaikan dari apa yang aku pakai ini dan kebaikan yang telah Engkau berikan kepadaku, dan aku mohon perlindungan kepada-Mu dari kejelekan dari apa yang aku pakai ini dan kejelekan yang telah Engkau berikan kepadaku.”

Doa Melepas Pakaian

Doa melepas pakaian yang dianjurkan Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:

“Alhamdulillahil-ladzi kasaani haithu wa minka wa laa hawla wa laa quwwata illa billah.”

Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah menutupi auratku dan (kekurangan) diriku dan tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”

Doa tersebut juga bisa dibaca dengan bentuk lain, seperti berikut:

“Bismillah, Allahumma inni as’aluka khayraha wa khayra maa qazaltaha wa a’udzu bika min sharriha wa sharri maa qadaltaha.”

Artinya, “Dengan nama Allah, Ya Allah aku memohon kepada-Mu kebaikan dari apa yang aku lepaskan ini dan kebaikan yang telah Engkau berikan kepadaku, dan aku mohon perlindungan kepada-Mu dari kejelekan dari apa yang aku lepaskan ini dan kejelekan yang telah Engkau berikan kepadaku.”

Keutamaan Membaca Doa

Membaca doa memakai dan melepas pakaian dianjurkan sebagai bentuk perintah Allah SWT dan sunnah Rasulullah SAW. Hal ini dikarenakan setiap gerakan seorang muslim dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Membaca doa ketika memakai dan melepas pakaian juga memiliki keutamaan yaitu mencegah diri dari dosa dan memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Bacaan Doa Selain Memakai dan Melepas Pakaian

Selain membaca doa ketika memakai dan melepas pakaian, Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk membaca doa-doa lainnya dalam setiap gerakan atau pekerjaan. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  • Doa sebelum makan: “Bismillahirrahmaanirrahiim.” Artinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.”
  • Doa ketika masuk rumah: “Bismillahirrahmaanirrahiim, Allahumma inni as’aluka khayraha wa khayra ma qazaltaha wa a’udzu bika min sharriha wa sharri ma qadaltaha.” Artinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, Ya Allah aku memohon kepada-Mu kebaikan dari apa yang ada di dalam rumah ini dan kebaikan yang telah Engkau berikan kepadaku, dan aku mohon perlindungan kepada-Mu dari kejelekan dari apa yang ada di dalam rumah ini dan kejelekan yang telah Engkau berikan kepadaku.”
  • Doa sebelum tidur: “Bismillahirrahmaanirrahiim, Allahumma qinii sharra hazaa wa ma qinii sharra maa qaddamtu wa akh-khartu wa a’udzu bika min sharri maa qadamtu wa akh-khartu.” Artinya, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, Ya Allah lindungilah aku dari kejelekan ini dan segala kejelekan yang telah aku lakukan dan yang telah aku lakukan sebelumnya dan aku mohon perlindungan kepada-Mu dari segala kejelekan yang telah aku lakukan dan yang telah aku lakukan sebelumnya.”

Kesimpulan

Doa memakai dan melepas pakaian adalah sebuah doa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW sebagai bentuk perintah Allah SWT dan sunnah Rasulullah SAW. Doa tersebut memiliki keutamaan yaitu mencegah diri dari dosa dan memohon perlindungan kepada Allah SWT. Selain doa memakai dan melepas pakaian, Rasulullah juga menganjurkan untuk membaca doa-doa lainnya dalam setiap gerakan atau pekerjaan.