Doa Mau Tidur dan Artinya
Doa Mau Tidur dan Artinya

Doa Mau Tidur dan Artinya

Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Namun, sebelum tidur, ada baiknya kita memanjatkan doa agar tidur kita lancar dan kita terjaga dari segala macam gangguan. Di sini kami akan berbagi beberapa doa mau tidur yang populer dan artinya.

Doa Sebelum Tidur

Doa yang paling populer untuk mau tidur adalah doa yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW yang berbunyi: “Bismillahil ladzi la yadurru ma’asmihi shai’un fil ardzi wa la fis samaa’i, wa huwas samii’ul alim”. Artinya, “Dengan nama Allah yang tidak ada yang dapat menggantikan nama-Nya di bumi dan di langit, dan Dia Maha Mengenal.”. Doa ini diucapkan sebelum tidur untuk memohon perlindungan dari Allah.

Doa Setelah Bangun Tidur

Doa yang paling populer untuk bangun tidur adalah doa yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW yang berbunyi: “Allaahumma laka aslamtu, wa alaikal hamdu, wa laka aslamtu, wa alaikal hamdu, wa ala rizqiaka aftaartu, wa ala diinika aslamtu.” Artinya, “Ya Allah, aku datang kepada-Mu dengan hormat, dan aku bersyukur kepada-Mu, dan aku menyerahkan rezeki-Ku kepada-Mu, dan aku datang kepada agama-Mu dengan tunduk.” Doa ini diucapkan setelah bangun untuk memohon rahmat dan berkat dari Allah.

Doa Selamat Malam

Doa yang paling populer untuk malam hari adalah doa yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW yang berbunyi: “Allaahumma bismika amuutu wa ahya”. Artinya, “Ya Allah, dengan nama-Mu aku mati dan hidup.” Doa ini diucapkan sebelum tidur untuk memohon perlindungan dari Allah dan untuk menghindari gangguan malam.

Doa Nabi Daud AS

Doa Nabi Daud AS adalah doa yang diriwayatkan dalam Al Qur’an dan berbunyi: “Rabbi ighfir li wa tub ‘alayya innaka anta tawwabul rahim”. Artinya, “Ya Tuhanku, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima taubat dan Maha Penyayang.” Doa ini diucapkan sebelum tidur untuk memohon ampun dan pengampunan dari Allah.

Doa Untuk Orang Tua

Doa yang paling populer untuk orang tua adalah doa yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW yang berbunyi: “Allaahumma inni a’udzubika min khairi ma ja’altahu lii wa min syarril ma ja’altahu ‘alayya wa min syarril ma ja’altahu li’abwaabii wa min syarril ma ja’altahu li’ummii.” Artinya, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebaikan yang Engkau berikan kepadaku, dan dari keburukan yang Engkau berikan kepadaku, dan dari keburukan yang Engkau berikan kepada orang tuaku, dan dari keburukan yang Engkau berikan kepada ibuku.” Doa ini diucapkan sebelum tidur untuk memohon perlindungan dari Allah dan rahmat untuk orang tua.

Doa Untuk Anak-anak

Doa yang paling populer untuk anak-anak adalah doa yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW yang berbunyi: “Allaahumma inni as’aluka an taj’ala fii qalbee nooran wahjatan wafii nafsee nooran wahjatan wafii jasadii nooran wahjatan wafii ‘amalii nooran wahjatan.” Artinya, “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar Engkau menjadikan di dalam hatiku cahaya, di dalam jiwaku cahaya, di dalam tubuhku cahaya, dan di dalam amalku cahaya.” Doa ini diucapkan sebelum tidur untuk memohon kecerahan dalam hati, jiwa, tubuh dan amal anak-anak.

Doa Untuk Suami/Istri

Doa yang paling populer untuk suami/istri adalah doa yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW yang berbunyi: “Allaahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu annii”. Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Menyukai pengampunan, maka ampunilah aku.” Doa ini diucapkan sebelum tidur untuk memohon pengampunan Allah kepada suami atau istri.

Doa Untuk Keluarga dan Sahabat

Doa yang paling populer untuk keluarga dan sahabat adalah doa yang diriwayatkan oleh Rasulullah SAW yang berbunyi: “Allaahumma ighfir lii wa liwalidayya wa lilmu’mininaa yawma yauma laa yanfa’u dzaliman shai’an.” Artinya, “Ya Allah, kasihilah aku, kasihilah orang tua dan saudara-saudara muslimin pada hari yang tidak ada orang yang dapat menolong orang yang zalim.” Doa ini diucapkan sebelum tidur untuk memohon perlindungan dan rahmat Allah untuk keluarga dan sahabat.

Kesimpulan

Doa sebelum tidur merupakan cara yang baik untuk menyampaikan permohonan kepada Allah SWT. Doa-doa ini merupakan cara untuk memohon perlindungan, ampunan, dan rahmat dari Allah SWT. Dengan menyebutkan doa-doa ini, kita dapat meraih anugerah dari Allah SWT, dan tentunya tidur kita pun akan lebih nyenyak. Semoga doa-doa ini dapat menjadi penyemangat untuk semua orang yang ingin tidur dengan nyenyak.