Doa Mau Makan Latin dan Artinya
Doa Mau Makan Latin dan Artinya

Doa Mau Makan Latin dan Artinya

Doa mau makan adalah salah satu doa yang sering diucapkan sebelum memulai makan. Doa ini berasal dari ucapan Latin, yaitu “Benedicite”. Doa ini berfungsi untuk mengucapkan syukur terhadap makanan yang akan dikonsumsi, serta untuk menghormati Tuhan atas segala nikmat yang diberikan. Disamping itu, doa mau makan juga berfungsi untuk memberi sanksi kepada orang yang tidak menghormati makanan atau tidak bersyukur.

Doa mau makan terdiri dari beberapa bagian, dimulai dengan “Benedicite”, yang berarti “Berkatilah”. Bagian ini disusul dengan pujian kepada Tuhan dan ucapan syukur. Setelah itu, doa dilanjutkan dengan berbagai permintaan, seperti permintaan agar Tuhan memberikan berkat kepada mereka yang memakan makanan. Doa ini biasanya dilanjutkan dengan ucapan syukur untuk keselamatan orang yang memakan makanan, dan juga ucapan syukur atas kesehatan yang dimiliki.

Doa mau makan dapat ditemukan dalam berbagai macam bahasa. Namun, doa mau makan yang paling populer adalah doa mau makan dalam bahasa Latin. Berikut ini adalah doa mau makan dalam bahasa Latin dan artinya:

Doa Mau Makan Latin dan Artinya

“Benedicite, Domine Deus, Pater omnipotens, Aeterne Deus. Benedicat tibi Dominus, et custodiat te. Confirmet te Dominus, et misereatur tibi. Adjuvet te Dominus, et exaudiat te. Oremus. Deus caeli, Deus terrae, Deus angelorum, Deus archangelorum, Deus prophetarum, Deus apostolorum, Deus martyrium, Deus confessionum et omnium sanctorum, Deus qui mirabiliter creasti caelum et terram, respice in nos et exaudi nos. Benedic, Domine, creaturam istam quam tuo nomine benedicimus, ut sit salutare et sanum cibum, in nomine Domini nostri Jesu Christi. Amen.”

“Maha Kudus, Tuhan Allah, Bapa yang Mahakuasa, Allah yang Abadi. Semoga Tuhan memberkati kamu dan melindungimu. Semoga Tuhan memberi kekuatan dan kasih belas kasihan kepadamu. Semoga Tuhan membantumu dan mendengarkan doamu. Mari kita berdoa. Allah langit, Allah bumi, Allah malaikat, Allah arwah, Allah nabi-nabi, Allah rasul-rasul, Allah yang menolong orang-orang yang dianiaya, Allah yang mengutus para santet, Allah yang dengan luar biasa menciptakan langit dan bumi, pandanglah kepada kami dan dengarkanlah doamu. Berkatilah, ya Tuhan, ciptaan ini yang kami berkatilah dengan nama-Mu, supaya menjadi makanan yang berkat dan berguna bagi kesehatan, di nama Tuhan kami Yesus Kristus. Amin.”

Kesimpulan

Doa mau makan adalah doa yang sering diucapkan sebelum memulai makan. Doa ini berasal dari ucapan Latin “Benedicite” dan berfungsi untuk mengucapkan syukur terhadap makanan yang akan dikonsumsi. Doa mau makan Latin dan artinya yang terkenal adalah “Benedicite, Domine Deus, Pater omnipotens, Aeterne Deus. Benedicat tibi Dominus, et custodiat te. Confirmet te Dominus, et misereatur tibi. Adjuvet te Dominus, et exaudiat te.” Dengan doa ini kita dapat menghormati Tuhan atas segala nikmat yang diberikan, serta memberi sanksi kepada orang yang tidak menghormati makanan atau tidak bersyukur.