Doa Mau Makan dan Artinya Per Ayat
Doa Mau Makan dan Artinya Per Ayat

Doa Mau Makan dan Artinya Per Ayat

Ketika kita makan, jangan lupa untuk melakukan doa terlebih dahulu. Doa mau makan dan artinya mengajarkan kepada kita untuk menghormati apa yang kita makan dan untuk menghargai berkat yang telah diberikan kepada kita oleh Allah. Doa ini juga dapat membantu kita untuk memiliki pikiran yang bersih dan benar ketika kita makan. Dengan begitu, kita dapat makan dengan lebih tenang dan tentram.

Doa Mau Makan

Doa mau makan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut: “بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ الْمُسْلِمِينَ”. Artinya, “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makanan dan minuman, serta menjadikan kami sebagai orang-orang yang berserah diri (kepada-Nya).” Doa ini bisa kita ucapkan ketika akan makan atau minum, baik makanan atau minuman yang kita makan atau kita minum.

Doa Setelah Makan

Selain doa mau makan, ada juga doa setelah makan. Doa setelah makan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut: “الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى كَسَانَا طَعَامًا مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنْكُمْ وَلا قُوَّةٍ”. Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makanan tanpa usaha dari kita dan tanpa kekuatan.” Doa ini biasanya kita ucapkan setelah selesai makan, sebagai bentuk penghargaan kepada Allah atas rezeki yang telah diberikan kepada kita.

Doa Makan Sesuatu Khas Dari Allah

Selain doa mau makan dan doa setelah makan, ada juga doa makan sesuatu khas dari Allah. Doa makan sesuatu khas dari Allah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut: “الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى يَطْعَمُنِى مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ وَلا قُوَّةٍ”. Artinya, “Segala puji bagi Allah yang memberi aku makan tanpa usaha dan tanpa kekuatan.” Doa ini biasanya kita ucapkan ketika akan makan sesuatu yang khas dari Allah, sebagai bentuk penghargaan dan syukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan kepada kita.

Doa Makan Makanan Khas

Selain doa mau makan, doa setelah makan, dan doa makan sesuatu khas dari Allah, ada juga doa makan makanan khas. Doa makan makanan khas yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut: “الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى كَسَانَا مِنْ نَعْمَتِهِ طَعَامًا نَبَتْ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنْكُمْ وَلا قُوَّةٍ”. Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makanan yang tumbuh dari nikmat-Nya tanpa usaha dari kita dan tanpa kekuatan.” Doa ini biasanya kita ucapkan ketika akan makan makanan yang khas, sebagai bentuk penghargaan dan syukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan kepada kita.

Doa Makan Buah-Buahan

Selain doa mau makan, doa setelah makan, doa makan sesuatu khas dari Allah, dan doa makan makanan khas, ada juga doa makan buah-buahan. Doa makan buah-buahan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut: “الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى يَطْعَمُنِى مِنْ خَصْبِهِ وَيَشْفِى مِنْ ضِرَّهِ”. Artinya, “Segala puji bagi Allah yang memberi aku makan dari buah-buahannya dan yang menyembuhkan aku dari segala penyakit.” Doa ini biasanya kita ucapkan ketika akan makan buah-buahan, sebagai bentuk penghargaan dan syukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan kepada kita.

Doa Makan Makanan Khas Lainnya

Selain doa mau makan, doa setelah makan, doa makan sesuatu khas dari Allah, doa makan buah-buahan, dan doa makan makanan khas, ada juga doa makan makanan khas lainnya. Doa makan makanan khas lainnya yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah sebagai berikut: “الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى يَطْعَمُنِى مِنْ خَصْبِهِ وَيَشْفِى مِنْ ضِرَّهِ وَيَطْعِمُنِى مِنْ طَعَامِهِ”. Artinya, “Segala puji bagi Allah yang memberi aku makan dari buah-buahannya, yang menyembuhkan aku dari segala penyakit, dan yang memberi aku makan dari makanan-makanan khas