Doa Masuk WC dan Keluar WC Beserta Artinya
Doa Masuk WC dan Keluar WC Beserta Artinya

Doa Masuk WC dan Keluar WC Beserta Artinya

Ada beberapa doa yang diajarkan oleh Rasulullah agar dipanjatkan ketika kita masuk ke dalam toilet dan ketika keluar dari toilet. Doa-doa ini dipanjatkan untuk mensucikan diri kita dari najis dan mengusir jin. Berikut adalah doa masuk dan keluar toilet beserta artinya.

Doa Masuk Toilet

Doa yang dianjurkan untuk dipanjatkan ketika memasuki toilet adalah:“بِسْمِ اللهِ اللهُـمَّ اِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, aku berlindung kepada Engkau dari najis dan najis yang lain.”

Doa Keluar Toilet

Doa yang disunnahkan untuk dipanjatkan ketika keluar dari toilet adalah: “الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَذْهَبَ عَنِّي الْأَذَى وَعَافَانِي”

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kotoran dariku dan yang telah menyehatkan aku.”

Dalam berbagai riwayat disebutkan bahwa mengucapkan doa masuk dan keluar toilet adalah sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dengan mengucapkan doa tersebut, kita bisa mensucikan diri dari najis dan mengusir jin. Doa ini juga dapat menjadi amalan yang sangat bermanfaat baik di dunia maupun di akhirat nanti.

Keutamaan Doa Masuk Toilet

Berdasarkan hadits, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila salah seorang di antara kamu hendak masuk toilet, hendaklah ia berdoa: “Allahumma inni a’udzu bika minal khubtsi wal khaba’its”. Maka dia akan terhindar dari (gangguan) setan.

Rasulullah juga bersabda, “Tidaklah seorang hamba berdiri di tempat suci (toilet) melainkan ia sedang berada di hadapan Allah, jika ia melakukan doa masuk toilet maka Allah akan mengabulkan doa itu.” (HR. Ibnu Majah no. 277).

Keutamaan Doa Keluar Toilet

Berdasarkan hadits, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang mengucapkan doa ketika masuk toilet dan saat keluar, maka ia akan diberi pahala untuk amalannya.” (HR. Abu Daud no. 145, Ibnu Majah no. 276 dan al-Hakim).

Rasulullah juga bersabda, “Barangsiapa yang berdoa ketika masuk dan keluar toilet, maka ia akan dicatat sebagai orang yang banyak berbakti.” (HR. Ibnu Majah no. 277).

Kesimpulan

Doa masuk dan keluar toilet merupakan doa yang dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Doa ini penting untuk kita panjatkan agar kita terhindar dari najis dan gangguan setan. Selain itu, mengucapkan doa masuk dan keluar toilet juga akan mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah SWT. Semoga kita semua selalu diberikan kesempatan dan kemampuan untuk melaksanakan doa masuk dan keluar toilet ini.

Demikian artikel tentang Doa Masuk WC dan Keluar WC Beserta Artinya. Semoga bermanfaat.