Doa Masuk WC Arab dan Artinya
Doa Masuk WC Arab dan Artinya

Doa Masuk WC Arab dan Artinya

Doa masuk WC merupakan ungkapan syukur dan pujian kepada Allah SWT. Doa ini sangat dianjurkan untuk dilakukan ketika kita masuk kamar mandi, baik WC modern maupun WC tradisional.

Untuk masuk WC, Arab biasanya mengucapkan beberapa doa. Doa tersebut diingatkan oleh para orang tua kepada anak-anak mereka. Berikut adalah beberapa doa yang biasa dibaca ketika masuk WC:

Doa Masuk WC dalam Bahasa Arab

Doa pertama yang biasa dibaca ketika masuk WC adalah: “بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ” (Bismillahirrahmanirrahim). Doa ini berasal dari ayat al-Quran yang artinya “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang”.

Selain itu, ada juga doa lain yang biasa dibaca ketika masuk WC: “الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنِّي الْأَذَى وَعَافَانِي” (Alhamdulillahilladzi adzhaba ‘annil adha wa ‘afaani). Doa ini berasal dari hadits yang artinya “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan dari aku penyakit dan memberiku kesembuhan”.

Doa masuk WC yang lain adalah: “اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي عَافَانِي مِمَّا ابْتَلَاكَ بِهِ وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ” (Alhamdulillahilladzi ‘afaani mimmaabtalaaka bihi wa fadhdhalani ‘ala katsiirin mimman khalaqa). Doa ini berasal dari hadits yang artinya “Segala puji bagi Allah yang telah memberiku kesembuhan dari sakit yang menimpa diriku dan yang telah memberiku karunia dari banyak orang yang Allah ciptakan”.

Arti Doa Masuk WC dalam Bahasa Indonesia

Doa masuk WC yang pertama, “بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ” (Bismillahirrahmanirrahim) berarti “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang”. Doa ini merupakan bentuk syukur dan pujian kepada Allah SWT.

Doa kedua, “الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَذْهَبَ عَنِّي الْأَذَى وَعَافَانِي” (Alhamdulillahilladzi adzhaba ‘annil adha wa ‘afaani) berarti “Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan dari aku penyakit dan memberiku kesembuhan”. Doa ini mengandung rasa syukur dan pujian kepada Allah SWT atas segala kesembuhan yang telah diberikan-Nya.

Doa ketiga, “اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِي عَافَانِي مِمَّا ابْتَلَاكَ بِهِ وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ” (Alhamdulillahilladzi ‘afaani mimmaabtalaaka bihi wa fadhdhalani ‘ala katsiirin mimman khalaqa), berarti “Segala puji bagi Allah yang telah memberiku kesembuhan dari sakit yang menimpa diriku dan yang telah memberiku karunia dari banyak orang yang Allah ciptakan”. Doa ini mengandung rasa syukur dan pujian kepada Allah SWT atas segala karunia yang telah diberikan-Nya.

Kesimpulan

Doa masuk WC adalah doa yang diucapkan ketika kita masuk kamar mandi, baik WC modern maupun WC tradisional. Doa-doa tersebut berasal dari ayat al-Quran dan hadits. Doa-doa tersebut mengandung rasa syukur dan pujian kepada Allah SWT atas segala kesembuhan dan karunia yang telah diberikan-Nya.