Doa Masuk Masjid Lengkap dengan Artinya
Doa Masuk Masjid Lengkap dengan Artinya

Doa Masuk Masjid Lengkap dengan Artinya

Masjid adalah tempat ibadah yang sangat khusus bagi umat muslim. Setiap umat muslim yang masuk ke dalam masjid hendaknya melaksanakan doa masuk masjid. Doa masuk masjid ini berfungsi untuk mengurangi rasa takut dan gugup yang sering datang ketika kita masuk ke dalam masjid. Dengan doa masuk masjid, kita akan merasa lebih santai dan tenang.

Selain itu, doa masuk masjid juga dapat membantu kita untuk bersiap-siap menghadapi ibadah yang akan kita lakukan di dalam masjid. Berikut ini adalah doa masuk masjid lengkap dengan artinya yang dapat kita amalkan:

Doa Masuk Masjid Lengkap dengan Artinya

Doa masuk masjid yang pertama adalah doa berikut ini: “Allahummaftahli abwaba rahmatika” (اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ). Doa ini artinya: “Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu untukku.”

Doa masuk masjid yang kedua adalah doa berikut ini: “Allahummaj’alni minat tauwabiina wa minal muttaqiina” (اللّٰهُمَّ جَعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَمِنَ الْمُتَّقِيْنَ). Doa ini artinya: “Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang bertakwa.”

Doa masuk masjid yang ketiga adalah doa berikut ini: “Allahummastakhrijni minan naar wa minkal qabri” (اللّٰهُمَّ اسْتَخْرِجْنِيْ مِنَ النَّارِ وَمِنْ الْقَبْرِ). Doa ini artinya: “Ya Allah, lepaskanlah aku dari api neraka dan dari kubur.”

Doa masuk masjid yang keempat adalah doa berikut ini: “Allahumma inni a’udzubika minal kufri wal fasad” (اللّٰهُمَّ انِّيْ اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَسَادِ). Doa ini artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan dari keburukan.”

Doa masuk masjid yang kelima adalah doa berikut ini: “Allahummaghfirlii dzunubi waftah lii abwaba rahmatika” (اَللّٰهُمَّ اَغْفِرْ لِيْ ذُنُوْبِيْ وَافْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ). Doa ini artinya: “Ya Allah, ampunilah dosaku dan bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu untukku.”

Doa masuk masjid yang keenam adalah doa berikut ini: “Allahumma antas salaamu wa minkas salaamu tabaarakta ya dzaljalaali wal ikraam” (اللّٰهُمَّ اَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ تَبَارَكْتَ يَا ذَالْجَلَالِ وَالْاِكْرَامِ). Doa ini artinya: “Ya Allah, Engkau adalah pencipta segala keselamatan dan Engkau-lah yang memberikan keselamatan. Maha suci Engkau, ya Tuhan Yang Maha Mulia dan Maha Terpuji.”

Keutamaan Doa Masuk Masjid

Selain mengetahui doa masuk masjid lengkap dengan artinya, kita juga perlu mengetahui keutamaan doa masuk masjid. Keutamaan doa masuk masjid antara lain adalah kita akan mendapatkan pahala sebesar pahala orang yang berpuasa seharian penuh. Selain itu, doa masuk masjid juga akan membantu kita untuk mencapai kesucian hati dan menurunkan rasa was-was atau rasa cemas.

Selain itu, doa masuk masjid juga akan membantu kita untuk menghadapi berbagai rintangan dan kesulitan yang akan kita hadapi ketika kita berada di dalam masjid. Dengan bersedekah, menunaikan shalat, dan menjaga kesucian hati saat berada di dalam masjid, kita akan mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah SWT.

Kesimpulan

Doa masuk masjid adalah salah satu cara untuk menyambut kehadiran kita di dalam masjid. Doa masuk masjid lengkap dengan artinya di atas adalah salah satu cara yang dapat kita amalkan ketika kita berada di dalam masjid. Selain itu, kita juga harus mengetahui keutamaan doa masuk masjid agar kita dapat memanfaatkan keutamaan tersebut untuk meraih pahala yang besar di sisi Allah SWT.