Doa Masuk Masjid dan Artinya
Doa Masuk Masjid dan Artinya

Doa Masuk Masjid dan Artinya

Masjid adalah tempat ibadah dan tempat dimana umat muslim berkumpul untuk beribadah kepada Allah SWT. Masjid merupakan tempat yang spesial dan diberkahi oleh Allah SWT. Oleh karena itu, saat masuk masjid, umat muslim biasanya membaca doa masuk masjid. Doa masuk masjid sangat penting dilakukan oleh umat muslim agar mendapatkan berkah dari Allah SWT. Berikut adalah doa masuk masjid dan artinya.

Doa Masuk Masjid dan Artinya

Doa masuk masjid yang biasa dibaca oleh umat muslim adalah: “Allahummaftahli abwaba rahmatik. Waftahli lana maqaam mahmuda nabiik (YA Allah, bukalah bagi kami pintu-pintu rahmat-Mu, bukakanlah bagi kami maqam yang terpuji, milik Nabi-Mu)”. Berikut adalah artinya:

Ya Allah, bukalah bagi kami pintu-pintu rahmat-Mu, bukakanlah bagi kami maqam yang terpuji, milik Nabi-Mu.

Doa masuk masjid ini dianjurkan untuk dibaca oleh umat muslim saat masuk masjid. Doa ini memiliki arti yang sangat dalam, yaitu meminta kepada Allah SWT agar diberikan rahmat dan berkah saat kita masuk masjid. Doa ini juga mengingatkan kita semua bahwa doa ketika masuk masjid adalah doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dan kita sebagai umatnya harus mengikuti sunnah-sunnah beliau.

Selain doa masuk masjid di atas, umat muslim juga membaca doa lain ketika masuk masjid. Doa yang kedua adalah: “Bismillahirrahmanirrahim, Allahummaftahli abwaba rahmatik. Waftahli lana maqaam mahmuda nabiik. Allaahumma inni as-aluka an tajaa’ala fi qalbi noor, wa fissam’i noor, wa filbasari noor, wa fidyatina noor, wa fil’amali noor, wa filkhuluqi noor, wa filjismi noor, wa fil’ardi noor. (Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Ya Allah, bukalah bagi kami pintu-pintu rahmat-Mu, bukakanlah bagi kami maqam yang terpuji milik Nabi-Mu. Ya Allah, aku mohon kepada-Mu agar Engkau menerangi hatiku dengan cahaya, menerangi pendengaranku dengan cahaya, menerangi pandanganku dengan cahaya, menerangi tanganku dengan cahaya, menerangi amalku dengan cahaya, menerangi kemuliaanku dengan cahaya, menerangi tubuhku dengan cahaya dan menerangi bumi ini dengan cahaya).

Berikut adalah artinya: Ya Allah, dengan nama-Mu yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, bukalah bagi kami pintu-pintu rahmat-Mu, bukakanlah bagi kami maqam yang terpuji milik Nabi-Mu. Ya Allah, aku mohon kepada-Mu agar Engkau menerangi hatiku dengan cahaya, menerangi pendengaranku dengan cahaya, menerangi pandanganku dengan cahaya, menerangi tanganku dengan cahaya, menerangi amalku dengan cahaya, menerangi kemuliaanku dengan cahaya, menerangi tubuhku dengan cahaya dan menerangi bumi ini dengan cahaya.

Doa ini mengajak kita semua untuk bertaubat kepada Allah SWT dan meminta agar diberikan cahaya yang akan menyinari lahir dan batin kita. Dengan menyebutkan nama Allah SWT, kita berharap agar Allah SWT mendengarkan doa kita dan memberikan rahmat-Nya. Selain itu, doa ini juga meminta agar kita selalu berada dijalan yang benar dan tidak terjatuh ke dalam dosa.

Hadits Tentang Doa Masuk Masjid

Terdapat beberapa hadits yang menjelaskan pentingnya doa masuk masjid. Berikut adalah beberapa hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim:

Hadits pertama: “Barangsiapa yang masuk masjid, hendaklah ia mengucapkan: “Allahummaftahli abwaba rahmatik. Waftahli lana maqaam mahmuda nabiik (YA Allah, bukalah bagi kami pintu-pintu rahmat-Mu, bukakanlah bagi kami maqam yang terpuji, milik Nabi-Mu)”. (HR. Muslim).

Hadits kedua: “Barangsiapa yang masuk masjid, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillahirrahmanirrahim, Allahummaftahli abwaba rahmatik. Waftahli lana maqaam mahmuda nabiik (Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Ya Allah, bukalah bagi kami pintu-pintu rahmat-Mu, bukakanlah bagi kami maqam yang terpuji milik Nabi-Mu)”. (HR. Bukhari).

Hadits ketiga: “Barangsiapa yang masuk masjid, hendaklah ia membaca: “Allahummaftahli abwaba rahmatik. Waftahli lana maqaam mahmuda nabiik. Allaahumma inni as-aluka an tajaa’ala fi qalbi noor, wa fissam’i noor, wa filbasari noor, wa fidyatina noor, wa fil’amali noor, wa filkhuluqi noor, wa filjismi noor, wa fil’ardi noor (YA Allah, bukalah bagi kami pintu-pintu rahmat-Mu, bukakanlah bagi kami maqam yang terpuji milik Nabi-Mu. Ya Allah, aku mohon kepada-Mu agar Engkau menerangi hatiku dengan cahaya, menerangi pendengaranku dengan cahaya, menerangi pandanganku dengan cahaya, menerangi tanganku dengan cahaya, menerangi amalku dengan cahaya, menerangi kemuliaanku dengan cahaya, menerangi tubuhku dengan cahaya dan menerangi bumi ini dengan cahaya). (HR. Muslim).

Keutamaan Membaca Doa Masuk Masjid

Membaca doa masuk masjid adalah suatu kewajiban bagi setiap umat muslim. Doa ini memiliki keutamaan yang sangat besar, di antaranya adalah:

1. Do