Doa Masuk Kamar Mandi dan Artinya Sesuai Sunnah
Doa Masuk Kamar Mandi dan Artinya Sesuai Sunnah

Doa Masuk Kamar Mandi dan Artinya Sesuai Sunnah

Doa merupakan salah satu bentuk ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT kepada umatnya. Melalui doa, kita bisa berharap agar Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan keberkahan-Nya kepada kita. Selain itu, doa juga bisa menghapus dosa-dosa yang telah kita lakukan.

Dalam agama Islam, kita diperintahkan untuk membaca doa sebelum melakukan sesuatu. Begitu juga ketika akan masuk kamar mandi, kita dianjurkan untuk membaca doa sebelum masuk. Inilah doa masuk kamar mandi dan artinya sesuai sunnah.

Doa Masuk Kamar Mandi

Doa masuk kamar mandi yang diajarkan oleh Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:

“Bismillah, Alloohumma inii a’udzu bika minal khubusi wal khabaa’is.”

Arti Doa Masuk Kamar Mandi

Arti dari doa di atas adalah: “Dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, aku mohon perlindungan-Mu dari segala yang buruk dan segala yang jelek.”

Hikmah Membaca Doa Masuk Kamar Mandi

Membaca doa sebelum masuk kamar mandi bisa menghapus dosa-dosa yang telah kita lakukan. Selain itu, doa ini juga mampu melindungi kita dari segala jenis gangguan jin dan syetan. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-Qur’an surat An-Nahl ayat 81:

“Dan mereka tidak menemukan padanya (kamar mandi) selain dua malaikat. Mereka berkata: “Berdualah kamu, keduanya, dengan nama Allah”. Maka ketika telah selesai (dari urusan mereka di dalamnya) berdualah keduanya dengan berkata: “Segala puji bagi Allah yang menghilangkan dari kamu (segala) kesusahan”.” (QS. An-Nahl: 81).

Hadist Tentang Doa Masuk Kamar Mandi

Para ulama telah mengumpulkan beberapa hadist tentang pentingnya membaca doa masuk kamar mandi. Sebagai contoh, berikut adalah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA. Ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Jika salah seorang di antara kamu masuk ke dalam kamar mandi, hendaklah ia bersabda: “Bismillah, aku berlindung kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.” (HR. Tirmidzi).

Dalam hadist lain, Rasulullah SAW juga bersabda: “Barangsiapa yang masuk ke dalam kamar mandi dan ia berkata: “Bismillah, aku berlindung kepada Allah dari syaitan yang terkutuk, maka Allah akan menyerahkan sebuah malaikat untuk melindunginya dari syaitan dan menyuruhnya untuk menyampaikan salam kepadanya ketika ia keluar dari kamar mandi.” (HR. Abu Dawud).

Faedah Membaca Doa Masuk Kamar Mandi

Membaca doa sebelum masuk kamar mandi memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah:

  • Melindungi diri dari gangguan jin dan syetan;
  • Menghapus dosa-dosa yang telah kita lakukan;
  • Mendapatkan perlindungan Allah SWT;
  • Mendapatkan keberkahan dan rahmat-Nya;
  • Mendapatkan kemudahan dalam menjalani kehidupan dan mendapatkan kesuksesan;
  • Mendapatkan perlindungan dari Allah SWT dalam menjalani kehidupan;
  • Mendapatkan keceriaan dan kebahagiaan dalam kehidupan.

Penutup

Demikianlah ulasan kami tentang doa masuk kamar mandi dan artinya sesuai sunnah. Kita harus selalu ingat untuk membaca doa ini sebelum masuk ke dalam kamar mandi, agar kita bisa mendapatkan perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT. Semoga bermanfaat.