Doa Masuk dan Keluar WC Beserta Latin dan Artinya
Doa Masuk dan Keluar WC Beserta Latin dan Artinya

Doa Masuk dan Keluar WC Beserta Latin dan Artinya

Selain beribadah dan berdoa, sebagai umat muslim kita juga diwajibkan untuk berdzikir di setiap sudut kehidupan. Kita dianjurkan untuk berdzikir saat memasuki dan keluar dari WC. Doa ini memiliki arti yang sangat luas, karena dengannya kita dapat mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Doa-doa ini berupa doa yang disebut ‘du’a al-masuh’ atau ‘du’a al-istighfar’. Kedua doa ini berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang berbeda. Di bawah ini adalah doa masuk dan keluar WC beserta Latin dan artinya.

Doa Masuk WC

Doa masuk WC yang pertama adalah ‘du’a al-masuh’. Doa ini berarti ‘aku memohon perlindungan dari Allah SWT dari segala keburukan’. Berikut adalah doa masuk WC dalam bahasa Latin dan artinya:

  • Bismillahil-ladhi la yadurru ma’smihi shai’un fil-ardi wa la fis-samawati wa huwas-samii’ul-alim (Dengan nama Allah yang tidak ada yang dapat memberikan perlindungan selain Dia di bumi dan di langit dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui).

Doa ini harus dilafalkan saat memasuki WC untuk meminta perlindungan dari Allah SWT terhadap segala keburukan yang ada di dalamnya. Doa ini juga bisa dipakai untuk melindungi diri dari segala marabahaya dan keburukan lainnya.

Doa Keluar WC

Doa keluar WC yang kedua adalah ‘du’a al-istighfar’. Doa ini berarti ‘aku memohon ampunan dari Allah SWT’. Berikut adalah doa keluar WC dalam bahasa Latin dan artinya:

  • Astaghfirullahal-ladhi la ilaha illa huwal-hayyul-qayyum wa atubu ilaih (Aku memohon ampunan dari Allah yang tidak ada sesembahan yang layak disembah selain Dia, Yang Maha Hidup dan Yang Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepada-Nya).

Doa ini harus dilafalkan saat keluar dari WC untuk memohon ampunan dari Allah SWT atas kesalahan yang telah dilakukan selama berada di dalamnya. Doa ini juga bisa dipakai untuk memohon ampunan atas segala kesalahan yang telah dilakukan sepanjang hari.

Kesimpulan

Doa masuk dan keluar WC memiliki arti yang luas dan sangat penting bagi setiap umat muslim. Dengan doa-doa tersebut, kita dapat meminta perlindungan dan ampunan dari Allah SWT. Doa-doa tersebut berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna yang berbeda. Jadi, jangan lupa untuk selalu berdzikir saat memasuki dan keluar dari WC. Selamat berdzikir!