Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi dan Artinya
Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi dan Artinya

Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi dan Artinya

Setiap muslim diwajibkan untuk berdoa ketika masuk dan keluar kamar mandi. Doa ini disebut dengan doa masuk dan keluar kamar mandi. Doa masuk dan keluar kamar mandi ini berasal dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim dari Abu Hurairah.

Doa Masuk Kamar Mandi

Doa masuk kamar mandi adalah doa yang dibaca ketika seseorang hendak masuk kamar mandi. Doa ini berbunyi “Bismillah, Allahumma inni a’udzu bika minal khubuthi wal khaba-ith” yang artinya “Dengan nama Allah, Ya Allah, aku memohon perlindungan kepada-Mu dari setan dan binatang buas”.

Doa Keluar Kamar Mandi

Setelah selesai berada di dalam kamar mandi, seseorang hendaknya membaca doa keluar kamar mandi. Doa ini berbunyi “Ghufranaka, Allahumma ini adkhilni fi mazwaji wa ahli” yang artinya “Ampunilah aku, Ya Allah, masukkanlah aku kedalam tempat kesucian dan tempat yang mulia”.

Keutamaan Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Doa masuk dan keluar kamar mandi memiliki keutamaan yang besar. Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang masuk ke dalam kamar mandi, maka hendaklah ia membaca doa masuk kamar mandi. Dan barangsiapa yang keluar dari kamar mandi, maka hendaklah ia membaca doa keluar kamar mandi. Karena sesungguhnya ia akan diampuni (dosanya) di antara keduanya” (HR. Bukhari dan Muslim).

Tata Cara Baca Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Adapun tata cara baca doa masuk dan keluar kamar mandi adalah sebagai berikut. Pertama, ketika seseorang hendak masuk kamar mandi, maka ia harus membaca doa masuk kamar mandi yang telah disebutkan sebelumnya. Kedua, ketika seseorang hendak keluar dari kamar mandi, maka ia harus membaca doa keluar kamar mandi yang telah disebutkan sebelumnya. Ketiga, hendaknya menghadap kiblat saat membaca doa masuk dan keluar kamar mandi.

Perintah Berdoa Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Dalam Islam, berdoa masuk dan keluar kamar mandi merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim. Hal ini ditegaskan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang masuk ke dalam kamar mandi, maka hendaklah ia membaca doa masuk kamar mandi. Dan barangsiapa yang keluar dari kamar mandi, maka hendaklah ia membaca doa keluar kamar mandi.”

Hadits Tentang Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Berikut ini hadits yang menjelaskan tentang doa masuk dan keluar kamar mandi. Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang masuk ke dalam kamar mandi, maka hendaklah ia membaca doa masuk kamar mandi. Dan barangsiapa yang keluar dari kamar mandi, maka hendaklah ia membaca doa keluar kamar mandi. Karena sesungguhnya ia akan diampuni (dosanya) di antara keduanya” (HR. Bukhari dan Muslim).

Pentingnya Membaca Doa Masuk dan Keluar Kamar Mandi

Membaca doa masuk dan keluar kamar mandi sangat penting bagi umat muslim. Hal ini disebabkan karena doa tersebut merupakan sebuah bentuk ibadah yang diwajibkan bagi setiap muslim. Selain itu, membaca doa masuk dan keluar kamar mandi juga merupakan cara untuk memohon ampunan dari Allah atas dosanya yang telah ia lakukan.

Kesimpulan

Doa masuk dan keluar kamar mandi merupakan salah satu doa yang diwajibkan bagi setiap muslim. Doa masuk kamar mandi adalah “Bismillah, Allahumma inni a’udzu bika minal khubuthi wal khaba-ith” dan doa keluar kamar mandi adalah “Ghufranaka, Allahumma ini adkhilni fi mazwaji wa ahli”. Membaca doa ini sangat penting bagi umat muslim karena merupakan bentuk ibadah yang diwajibkan dan cara untuk memohon ampunan dari Allah atas dosanya.