Doa Mandi Wajib Pria dan Artinya
Doa Mandi Wajib Pria dan Artinya

Doa Mandi Wajib Pria dan Artinya

Mandi wajib adalah salah satu rukun Islam yang wajib dikerjakan oleh umat muslim. Mandi wajib diperlukan untuk memenuhi syarat agar ibadah lain yang dilakukan diterima oleh Allah SWT. Mandi wajib juga dikenal dengan nama ghusl.

Doa mandi wajib pria juga sangat penting untuk diketahui. Doa mandi wajib pria hadir untuk menunjukkan rasa syukur dan pengabdian yang tulus kepada Allah SWT. Doa mandi wajib pria adalah doa yang dibaca ketika melakukan mandi wajib.

Doa Mandi Wajib Pria

Doa mandi wajib pria adalah sebagai berikut: “Allahumma ajirni minan naar wa ahliha, wa a’udzu bika min syarri maa shana’tu, nafsi wa maa laa a’udzu bika min syarri maa laa shana’tu.”

Arti Doa Mandi Wajib Pria

Doa mandi wajib pria di atas memiliki arti sebagai berikut: “Ya Allah, peliharalah aku dari api neraka dan penghuni-penghuninya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa yang telah aku lakukan, baik yang disadari maupun yang tidak disadari.”

Bacaan Doa Selesai Mandi Wajib Pria

Setelah selesai mandi wajib, pria juga dianjurkan membaca doa sebagai berikut: “Allahumma ajirni minan naar wa ahliha, wa a’udzu bika min syarri maa shana’tu, nafsi wa maa laa a’udzu bika min syarri maa laa shana’tu.”

Arti dari doa ini adalah: “Ya Allah, peliharalah aku dari api neraka dan penghuni-penghuninya. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan apa yang telah aku lakukan, baik yang disadari maupun yang tidak disadari.”

Kalimat Doa Mandi Wajib Pria

Doa mandi wajib pria memiliki kalimat sebagai berikut: “Allahumma anta Sallam wa minka Sallam, tabarakta ya Dzal Jalaali wal Ikraam”.

Arti dari doa ini adalah: “Ya Allah, Engkau adalah yang Maha Pemaaf dan yang Maha Memberi Kesejahteraan, Maha Suci Engkau ya Dzal Jalaali wal Ikraam.”

Faedah Doa Mandi Wajib Pria

Doa mandi wajib pria memiliki banyak faedah. Pertama, doa ini akan menjadi ucapan permohonan ampunan bagi dosa-dosa yang diketahui maupun yang tidak diketahui. Kedua, doa ini juga akan menjadi pengharapan untuk mendapatkan perlindungan dari api neraka. Dan yang ketiga, doa ini menjadi ucapan syukur dan pengabdian yang tulus kepada Allah SWT.

Doa Mandi Wajib Pria Lainnya

Selain doa di atas, terdapat juga doa mandi wajib pria lainnya sebagai berikut: “Allahumma inni a’udzu bika minal khubthi wal khaba’ithi.” Artinya adalah: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesalahan dan kemungkaran.”

Doa di atas dapat menjadi ucapan permohonan ampunan bagi setiap dosa yang telah dilakukan. Doa ini juga akan menjadi pengharapan untuk tetap dalam keadaan suci dan murni.

Tata Cara Mandi Wajib Pria

Adapun tata cara mandi wajib pria adalah sebagai berikut: Pertama, mandi dengan air sebanyak tiga kali. Kedua, bersuci dengan sabun atau pewangi. Ketiga, baca doa mandi wajib. Setelah itu, bersihkan jenggot dan kumis. Dan yang terakhir, baca doa selesai mandi wajib.

Ketentuan Mandi Wajib Pria

Ketentuan mandi wajib pria adalah sebagai berikut: Pertama, mandi wajib harus dilakukan dengan sepenuhnya. Kedua, setelah mandi wajib, pria wajib membaca doa mandi wajib sebelum dan sesudahnya. Ketiga, air yang digunakan untuk mandi wajib harus air yang murni dan bersih. Dan yang terakhir, semua tata cara mandi wajib harus dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Kesimpulan

Doa mandi wajib pria adalah doa yang dibaca ketika melakukan mandi wajib. Doa mandi wajib pria memiliki arti yang mendalam dan juga berguna untuk menjadi ucapan permohonan ampunan. Tata cara mandi wajib pria juga perlu untuk dipahami, agar mandi wajib dapat dilakukan dengan benar dan sesuai ketentuan. Dengan memahami doa mandi wajib pria dan tata cara mandi wajibnya, kita dapat memenuhi syarat untuk melakukan ibadah lain dengan benar dan tulus.