Doa Mandi Junub Beserta Artinya
Doa Mandi Junub Beserta Artinya

Doa Mandi Junub Beserta Artinya

Mandi junub adalah salah satu rukun islam yang harus kita lakukan setelah melakukan jima’ (hubungan suami istri). Namun sebelum kita melakukan mandi junub, ada doa yang wajib kita panjatkan. Doa mandi junub merupakan doa yang diwajibkan oleh Allah SWT, agar kita dapat membersihkan diri kita dari dosa-dosa yang telah kita perbuat. Doa mandi junub ini pun memiliki arti yang dalam, yaitu memohon ampunan dari Allah SWT.

Syarat-Syarat Mandi Wajib

Sebelum kita menyebutkan doa mandi junub beserta artinya, kita harus mengetahui syarat-syarat mandi junub terlebih dahulu. Syarat-syarat mandi junub adalah sebagai berikut:

  • Memenuhi syarat-syarat wudhu
  • Memenuhi syarat-syarat mandi wajib
  • Mandi junub dilakukan setelah jima’ (hubungan suami istri)
  • Mandi junub dilakukan sebelum melaksanakan shalat
  • Mandi junub dilakukan sebelum melakukan umrah atau haji

Jika kita telah memenuhi semua syarat-syarat di atas, maka kita dapat melakukan mandi junub. Mandi junub ini dapat dilakukan dengan cara mengguyur tubuh kita dengan air, atau juga dengan cara mengambil wudhu dengan air.

Doa Mandi Junub Beserta Artinya

Doa mandi junub beserta artinya adalah sebagai berikut:

  • “Allahumma ajirni minan naar wa a’udhu bika minal-jubni, wa a’udhu bika minal-jubni, wa a’udhu bika min an uhtina ‘alaih” (Ya Allah, selamatkanlah aku dari neraka dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan dan aku berlindung kepada-Mu dari kemalasan).
  • “Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta, khalaqtanee wa ana `abduka, wa ana `ala `ahdika wawadtuka, wa a`udhu bika min sharri ma sana`tu, aboo’u laka bini’matika `alayya, wa aboo’u bidhanbee faghfirli innahu la yaghfiru adhdhuna illa anta” (Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan selain Engkau, Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu, aku berada di atas perjanjian-Mu dan aku berserah kepada-Mu. Aku berlindung kepada-Mu dari apa yang aku lakukan, Aku memohon kepada-Mu dengan nikmat-Mu atasku, dan aku memohon kepada-Mu untuk mengampuni aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau).

Kedua doa di atas merupakan doa mandi junub beserta artinya yang dapat kita panjatkan. Selain dua doa di atas, kita juga dapat menggunakan doa-doa lain yang bersumber dari Al Quran atau hadits nabi Muhammad SAW.

Keutamaan Mandi Junub

Mandi junub tidak hanya menjadi salah satu rukun islam, namun memiliki banyak keutamaan yang luar biasa. Keutamaan mandi junub antara lain:

  • Mandi junub dapat menghilangkan dosa-dosa yang telah kita lakukan.
  • Mandi junub dapat membawa kita dekat dengan Allah SWT.
  • Mandi junub dapat membuat kita lebih bersih baik secara lahir maupun batin.
  • Mandi junub dapat membuat kita lebih bertakwa kepada Allah SWT.

Kesimpulan

Doa mandi junub beserta artinya merupakan doa yang harus kita panjatkan sebelum melakukan mandi junub. Doa mandi junub ini memiliki arti yang dalam, yaitu memohon ampunan dari Allah SWT. Selain itu, mandi junub juga memiliki banyak keutamaan, yaitu dapat menghilangkan dosa-dosa yang telah kita lakukan, membawa kita dekat dengan Allah SWT, membuat kita lebih bersih baik secara lahir maupun batin, dan membuat kita lebih bertakwa kepada Allah SWT.