Doa Makan Sahur dan Artinya
Doa Makan Sahur dan Artinya

Doa Makan Sahur dan Artinya

Makan sahur adalah salah satu ibadah sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dilakukan oleh umat Muslim. Oleh karena itu, banyak orang yang melakukan ibadah ini dengan cara berdoa agar Allah SWT senantiasa memberikan berkah dan rahmat-Nya. Ini adalah beberapa doa yang biasa digunakan saat makan sahur dan artinya.

Doa Makan Sahur

Doa yang pertama adalah: “Allahumma inni as’aluka rizqan tayyiban wa bishwama tahur wa ‘alaikal-hamd.” Doa ini berarti: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu rezeki yang baik dan bersih, dan segala puji hanya untuk-Mu.” Doa ini dapat digunakan untuk memohon kepada Allah SWT agar diberikan rezeki yang berkah dan bersih.

Doa yang kedua adalah: “Allahumma inni as’aluka min fadhlikal-‘azhim.” Doa ini berarti: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kemurahan-Mu yang agung.” Doa ini dapat digunakan untuk memohon kepada Allah SWT agar diberikan kebaikan dan kemudahan dalam menunaikan ibadah sahur.

Doa yang ketiga adalah: “Allahumma inni as’aluka min khairi wa ni‘matika wa rahmatika.” Doa ini berarti: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu kebaikan-Mu, nikmat-Mu dan rahmat-Mu.” Doa ini dapat digunakan untuk memohon kepada Allah SWT agar diberikan keselamatan, kesehatan dan kebahagiaan.

Arti Doa Makan Sahur

Doa pertama meminta Allah SWT supaya diberikan rezeki yang baik dan bersih. Doa ini juga merupakan bentuk permohonan agar Allah SWT memberikan rizki atau rezeki yang berkah dan bersih. Selain itu, doa ini juga mengandung harapan agar dapat menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya.

Doa kedua berarti memohon kepada Allah SWT agar diberikan kemurahan-Nya yang agung. Doa ini mengandung harapan agar dapat menerima berkah dan kemudahan dari Allah SWT untuk melakukan ibadah sahur dengan baik.

Doa ketiga berarti memohon kepada Allah SWT agar diberikan kebaikan, nikmat dan rahmat-Nya. Doa ini juga mengandung harapan agar Allah SWT senantiasa melindungi dan memberikan keselamatan, kesehatan dan kebahagiaan kepada para pemohon.

Kesimpulan

Doa makan sahur merupakan salah satu bentuk ibadah sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa makan sahur dapat dilakukan dengan berbagai bentuk doa, yang berarti meminta kepada Allah SWT untuk memberikan berkah, rahmat, kemudahan, keselamatan, kesehatan, dan kebahagiaan. Doa makan sahur adalah bentuk permohonan yang sangat dianjurkan agar dapat menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya.