Doa Makan dan Sesudah Makan beserta Artinya
Doa Makan dan Sesudah Makan beserta Artinya

Doa Makan dan Sesudah Makan beserta Artinya

Doa makan dan sesudah makan adalah salah satu bentuk rasa syukur yang ditunjukkan umat muslim. Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW agar setiap individu dapat bersyukur atas rezeki yang Allah SWT berikan. Doa makan dan sesudah makan juga menjadi tradisi yang diwariskan dari generasi ke generasi. Berikut adalah doa makan dan sesudah makan beserta artinya yang dapat kita gunakan.

Doa Sebelum Makan

Doa sebelum makan merupakan doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW agar kita dapat bersyukur atas rezeki yang Allah SWT berikan. Doa ini biasanya dilakukan sebelum makan. Berikut adalah doa sebelum makan beserta artinya:

“Bismillah, Allahumma barik lana fi rizqina wa’afina.” (Dengan nama Allah, Ya Allah, berkahilah rezeki kami dan lindungilah kami.)

Doa sebelum makan ini juga dapat diperjelas sebagai berikut:

“Bismillah, ya Allah, berkahilah kami dengan rezeki yang halal, berikan kami kelebihan dan kesejahteraan, jauhkan kami dari kemiskinan dan kefakiran, lindungilah kami dari hal-hal yang tidak baik.”

Doa Sesudah Makan

Doa sesudah makan merupakan doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW agar kita dapat mengucapkan terima kasih atas rezeki yang Allah SWT berikan. Doa ini biasanya dilakukan setelah makan. Berikut adalah doa sesudah makan beserta artinya:

“Alhamdulillahi rabbil alamin.” (Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.)

Doa sesudah makan juga dapat diperjelas sebagai berikut:

“Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, yang telah memberi kami makanan dan minuman, dan yang telah menyelamatkan kami dari kelaparan dan kehausan.”

Doa Makan dan Sesudah Makan Lainnya

Selain doa makan dan sesudah makan yang telah disebutkan di atas, terdapat juga doa lainnya yang bisa kita gunakan. Berikut adalah beberapa doa lainnya yang bisa kita gunakan:

Doa Sebelum Makan: “Allahumma bismika amutu wa ahya.” (Ya Allah, dengan nama-Mu aku hidup dan mati.)

Doa Sesudah Makan: “Subhanallahi wa bihamdihi.” (Maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya.)

Doa Sebelum Makan: “Allahumma ini barik lana fi rizqina wa akhrijna minal khusr.” (Ya Allah, berkahilah rezeki kami dan jauhkanlah kami dari kemiskinan.)

Doa Sesudah Makan: “Alhamdulillahil adheem.” (Segala puji bagi Allah Yang Maha Agung.)

Kesimpulan

Doa makan dan sesudah makan adalah salah satu bentuk rasa syukur yang ditunjukkan umat muslim. Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW agar setiap individu dapat bersyukur atas rezeki yang Allah SWT berikan. Doa makan dan sesudah makan bisa juga berupa doa lainnya yang telah disebutkan di atas. Melalui doa ini, kita dapat menunjukkan rasa syukur kita atas rezeki yang Allah SWT berikan.