Doa Makan dan Minum Beserta Artinya
Doa Makan dan Minum Beserta Artinya

Doa Makan dan Minum Beserta Artinya

Doa adalah suatu bentuk dari pengakuan dan penghaturan kepada Sang Pencipta. Doa merupakan salah satu perbuatan baik yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Selain ibadah sholat, doa juga merupakan cara untuk mengungkapkan rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Salah satu doa yang wajib dilakukan adalah doa sebelum makan dan minum.

Doa makan dan minum dapat dilakukan di berbagai kesempatan. Berikut ini adalah doa makan dan minum beserta artinya:

Doa Sebelum Makan

Doa sebelum makan yang biasa dilakukan adalah berikut ini: “بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ – اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ”. Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang Engkau berikan dan lindungilah kami dari siksa neraka”.

Doa Setelah Makan

Doa setelah makan yang biasa dilakukan adalah berikut ini: “الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلَيْنَا مَا حَرَّمَ وَجَعَلَ لَنَا مِنْهُ طَعَامًا وَشَرَابًا وَمَنْ يَفْعَلُهُ مِنْكُمْ فَقَدْ آمَنَ بِاللَّهِ وَرَسُوْلِهِ”. Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah menurunkan atas kami apa yang diharamkan dan menjadikan untuk kami daripadanya makanan dan minuman. Barang siapa yang mengerjakannya di antara kalian, maka dia telah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya.”

Doa Sebelum Minum

Doa sebelum minum yang biasa dilakukan adalah berikut ini: “بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ – اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ هَذَا الْحَلَالَ إِيْمَانًا وَعِلْمًا وَإِسْلاَمًا وَتَصْدِيْقًا”. Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu berkat (minuman) ini dengan keimanan, ilmu, islam dan taqwa”.

Doa Setelah Minum

Doa setelah minum yang biasa dilakukan adalah berikut ini: “الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْنَ اشْرَحَ لِيْ صَدْرِيْ وَوَسَّعَ لِيْ أَمْرِيْ وَشَرَّحَ لِيْ عَمَلِيْ وَأَهْدَانِيْ إِلَى صِرَاطِهِ الْمُسْتَقِيْمِ”. Artinya: “Segala puji bagi Allah yang telah melapangkan dadaku, meluaskan urusanku, meringankan bebanku dan menunjukkan kepadaku jalan yang lurus”.

Doa makan dan minum merupakan bagian dari ibadah yang wajib dilakukan. Dengan berdoa, insan dapat mengungkapkan rasa syukur atas nikmat yang telah Allah berikan. Selain itu, doa juga dapat menjadi bentuk pengakuan dan penghaturan kepada Sang Pencipta.

Kesimpulan

Doa adalah salah satu bentuk ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Salah satu doa yang wajib dilakukan adalah doa sebelum dan sesudah makan dan minum. Doa makan dan minum biasanya berisi pengakuan dan penghaturan kepada Allah, serta rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan-Nya. Dengan berdoa, kita dapat mengungkapkan rasa syukur atas nikmat yang telah Allah berikan.