Doa Makan Buah dan Artinya
Doa Makan Buah dan Artinya

Doa Makan Buah dan Artinya

Buah-buahan merupakan salah satu makanan yang sering kita konsumsi setiap hari. Bukan hanya lezat dan segar, buah-buahan juga mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sebagai orang yang beragama, setiap kali kita akan memakan buah kita seharusnya melakukan doa makan buah terlebih dahulu.

Doa makan buah merupakan sebuah ibadah yang harus kita lakukan setiap kali kita akan memakan buah. Doa ini merupakan bentuk rasa syukur kita atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Di samping itu, kita juga harus berdoa agar kita diberikan kekuatan untuk menjalankan ibadah sepanjang hari.

Doa makan buah yang paling sering digunakan oleh orang-orang adalah doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini berbunyi sebagai berikut: “Bismillah Allahumma laka sumtu wa ‘ala rizqika aftartu.” Artinya adalah: “Dengan nama Allah, aku makan dari rezeki-Mu dan aku berbagi dengan orang lain.” Dengan membaca doa ini saat kita memakan buah, kita berharap agar rezeki kita terus bertambah dan kita bisa berbagi kepada orang lain yang membutuhkan.

Selain doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, terdapat juga beberapa doa lain yang dapat kita baca saat kita akan memakan buah. Salah satunya adalah doa berikut: “Bismillah Allahumma laka sumtu wa ‘ala rizqika aftaru. Allahumma barik lana fi rizqika”. Artinya adalah: “Dengan nama Allah, aku makan dari rezeki-Mu dan aku berbagi dengan orang lain. Ya Allah, limpahkanlah rezeki kepada kami.” Doa ini berfungsi untuk meminta kepada Allah agar kita selalu diberikan kecukupan dan rezeki sehingga kita bisa berbagi dengan orang lain.

Selain itu, kita juga bisa membaca doa berikut saat kita akan memakan buah: “Bismillah Allahumma laka sumtu wa ‘ala rizqika aftaru, Allahumma rahmataka ‘alayna wa ‘ala al-‘alamin.” Artinya adalah: “Dengan nama Allah, aku makan dari rezeki-Mu dan aku berbagi dengan orang lain. Ya Allah, limpahkanlah rahmat-Mu kepada kami dan kepada semua manusia.” Doa ini berfungsi untuk meminta kepada Allah agar kita selalu dilimpahi dengan rahmat dan kebaikan.

Tidak hanya saat kita akan memakan buah, kita juga harus berdoa saat kita sedang memetik buah. Doa yang dianjurkan untuk kita baca saat kita akan memetik buah adalah doa berikut: “Bismillah Allahumma laka sumtu wa ‘ala rizqika aftaru, wa barik lana fi thamari”. Artinya adalah: “Dengan nama Allah, aku makan dari rezeki-Mu dan aku berbagi dengan orang lain. Ya Allah, limpahkanlah berkah kepada kami dalam pohon buah ini.” Dengan membaca doa ini, kita berharap agar kita selalu mendapatkan buah-buahan yang berkualitas dan segar.

Kesimpulan

Doa makan buah merupakan sebuah ibadah yang harus kita lakukan setiap kali kita akan memakan buah. Setiap orang yang beragama harus melakukan doa sebelum memakan buah. Doa tersebut merupakan bentuk syukur atas nikmat yang telah Allah berikan. Selain itu, kita juga harus berdoa saat kita akan memetik buah untuk mendapatkan buah-buahan yang berkualitas dan segar.