Doa Makan Beserta Artinya
Doa Makan Beserta Artinya

Doa Makan Beserta Artinya

Doa makan terkait dengan meminta kepada Tuhan untuk memberkati makanan yang akan kamu makan, serta menghormati proses menyediakan makanan. Dengan mengucapkan doa makan, kamu dapat menyatakan rasa syukur atas nikmat yang telah Tuhan berikan. Terdapat banyak doa makan yang dapat dibaca saat hendak makan.

Doa Makan Pertama

Doa makan pertama yang dapat dibaca adalah doa yang terdapat dalam Al-Qur’an. Doa ini bernama Doa Makan. Doa ini berbunyi: “Bismillah, Allahumma barik lana fima razaqtana waqina adhaabannar”. Artinya, “Dengan nama Allah, ya Allah, berilah kami berkah dari makanan yang telah Engkau berikan dan jauhkanlah kami dari siksa neraka”.

Doa Makan Kedua

Kamu juga bisa membaca doa makan yang lain, yaitu doa yang terdapat dalam Hadist. Doa ini bernama Doa Makan Nabi Muhammad SAW. Doa ini berbunyi: “Allahumma laka sumtu wa bika aamantu wa alayka tawakaltu wa ilaikal masir”. Artinya, “Ya Allah, aku makan untukmu, aku beriman kepadamu, aku bertawakal kepadamu dan aku kembali kepadamu”.

Doa Makan Ketiga

Selain itu, kamu juga bisa membaca doa makan yang lain, yaitu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini bernama Doa Makan Ketiga. Doa ini berbunyi: “Allahumma inna nasta-inuka wa nastaghfiruka wa numinu bika wa natawakkalu alaika wa nuthni alaikal khair”. Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon pertolongan kepada-Mu, memohon ampun kepada-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakal kepada-Mu dan meminta kebaikan dari-Mu”.

Doa Makan Keempat

Kamu juga bisa membaca doa makan yang lain, yaitu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini bernama Doa Makan Keempat. Doa ini berbunyi: “Allahumma bismika amutu wa ahya”. Artinya, “Ya Allah, dengan nama-Mu aku hidup dan mati”.

Doa Makan Kelima

Selain itu, kamu juga bisa membaca doa makan yang lain, yaitu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini bernama Doa Makan Kelima. Doa ini berbunyi: “Allahumma laka sumtu wa bika aamantu wa alayka tawakaltu wa ilaikal masir”. Artinya, “Ya Allah, aku makan untukmu, aku beriman kepadamu, aku bertawakal kepadamu dan aku kembali kepadamu”.

Doa Makan Keenam

Kamu juga bisa membaca doa makan yang lain, yaitu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini bernama Doa Makan Keenam. Doa ini berbunyi: “Allahumma inna nasta-inuka wa nastaghfiruka wa numinu bika wa natawakkalu alaika wa nuthni alaikal khair”. Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon pertolongan kepada-Mu, memohon ampun kepada-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakal kepada-Mu dan meminta kebaikan dari-Mu”.

Doa Makan Ketujuh

Selanjutnya, kamu juga bisa membaca doa makan yang lain, yaitu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini bernama Doa Makan Ketujuh. Doa ini berbunyi: “Allahumma inna a’udhu bika minal khubthi wal khaba-ith”. Artinya, “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hal-hal yang buruk dan hal-hal yang menyebabkan kehinaan”.

Doa Makan Kedelapan

Kamu juga bisa membaca doa makan yang lain, yaitu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini bernama Doa Makan Kedelapan. Doa ini berbunyi: “Allahumma baarik lana fiimaa razaqtana waqinaa ‘adhaabannaar”. Artinya, “Ya Allah, berilah kami berkah dari makanan yang telah Engkau berikan dan jauhkanlah kami dari siksa neraka”.

Doa Makan Kesembilan

Selain itu, kamu juga bisa membaca doa makan yang lain, yaitu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini bernama Doa Makan Kesembilan. Doa ini berbunyi: “Allahumma inni as-aluka al-jannata wa a’udhubika min an-nar”. Artinya, “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu surga dan aku berlindung kepada-Mu dari neraka”.

Doa Makan Kesepuluh

Kamu juga bisa membaca doa makan yang lain, yaitu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Doa ini bernama Doa Makan Kesepuluh. Doa ini berbunyi: “Allahumma laka sumtu wa bika aamantu wa alayka tawakaltu wa ilaikal masir”. Artinya, “Ya Allah, aku makan untukmu, aku beriman kepadamu, aku bertawakal kepadamu dan aku kembali kepadamu”.

Kesimpulan

Kamu dapat membaca banyak doa makan untuk menyatakan rasa syukur kamu atas nikmat yang diberikan Tuhan. Doa makan dapat membantu kamu untuk berfokus pada menghormati proses menyediakan makanan dan mengucap syukur atas nikmat yang telah Tuhan berikan