Doa Lengkap Setelah Shalat Fardhu Dan Artinya
Doa Lengkap Setelah Shalat Fardhu Dan Artinya

Doa Lengkap Setelah Shalat Fardhu Dan Artinya

Shalat fardhu adalah salah satu rukun Islam yang wajib untuk dilaksanakan oleh seluruh umat muslim. Selain itu ada juga doa yang harus dipanjatkan setelah melaksanakan shalat fardhu. Doa ini sering disebut sebagai doa tasbih, tahmid, dan tahlil. Apa saja doa tersebut dan artinya?

Doa Tasbih

Doa tasbih adalah doa yang dipanjatkan setelah melaksanakan shalat fardhu. Doa tasbih berbunyi “Subhanallahi wal hamdu lillahi wa la ilaha illallahu wallahu akbar”. Artinya adalah “Mahasuci Allah, segala puji hanyalah milik Allah, tidak ada Tuhan selain Allah dan Allah Maha Besar”. Doa ini dibaca 3 kali.

Doa Tahmid

Selain doa tasbih, setelah melaksanakan shalat fardhu seseorang juga bisa membaca doa tahmid. Doa tahmid berbunyi “Alhamdu lillahi Rabbil ‘alamin”. Artinya adalah “Segala puji hanyalah milik Allah, Tuhan semesta alam”. Doa ini juga dibaca 3 kali.

Doa Tahlil

Doa tahlil adalah doa yang dipanjatkan setelah melaksanakan shalat fardhu. Doa tahlil berbunyi “La ilaha illallahu wahdahu la syarika lahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qadir”. Artinya adalah “Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya segala kerajaan dan segala puji. Dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu”. Doa ini juga dibaca 3 kali.

Doa Setelah Shalat Fardhu

Selain tasbih, tahmid, dan tahlil, terdapat juga doa lain yang harus dipanjatkan setelah melaksanakan shalat fardhu. Doa ini bervariasi menurut ajaran agama, namun pada dasarnya doa tersebut bertujuan untuk memohon pertolongan dan rahmat dari Allah SWT. Misalnya seperti doa yang berbunyi “Allahumma anta-s salam wa minka-s salam, tabarakta ya dzal-jalali wal ikram”. Artinya adalah “Ya Allah, Engkau Maha Penyelamat dan dariMu datang segala keselamatan. Mahasuci Engkau, Yang Maha Mengagungkan dan Maha Mengasihani”.

Manfaat Doa Setelah Shalat Fardhu

Doa setelah melaksanakan shalat fardhu memiliki banyak manfaat. Selain dapat mendekatkan diri kita dengan Allah SWT, doa ini juga dapat membantu kita untuk meningkatkan ketaqwaan dan menjadi seorang muslim yang lebih baik. Doa ini juga dapat membantu kita untuk terhindar dari berbagai macam dosa dan perbuatan yang tidak baik. Dengan memanjatkan doa setelah shalat fardhu, kita dapat mencapai kesuksesan dunia akhirat.

Keutamaan Doa Setelah Shalat Fardhu

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah saw bersabda bahwa orang yang membaca doa setelah shalat fardhu akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Selain itu, orang yang membaca doa setelah shalat fardhu juga akan mendapatkan pahala seperti orang yang melaksanakan shalat malam. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya untuk membaca doa setelah shalat fardhu.

Kesimpulan

Doa setelah shalat fardhu merupakan salah satu doa yang wajib dipanjatkan oleh setiap muslim. Doa tersebut terdiri dari doa tasbih, tahmid, dan tahlil. Selain itu, ada juga doa lain yang bisa dipanjatkan setelah melaksanakan shalat fardhu. Membaca doa setelah shalat fardhu memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan ketaqwaan dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Oleh karena itu, marilah kita semua membaca doa setelah shalat fardhu untuk mendekatkan diri kita dengan Allah SWT.