Doa Lailatul Qadar Beserta Artinya
Doa Lailatul Qadar Beserta Artinya

Doa Lailatul Qadar Beserta Artinya

Lailatul Qadar atau Malam Kebesaran adalah malam yang diturunkan di bulan Ramadhan. Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW berdakwah dan menyampaikan wahyu Allah SWT hingga tengah malam. Malam ini hingga saat ini masih diperingati oleh para umat Islam. Malam ini merupakan malam yang dianggap paling agung di bulan Ramadhan. Banyak di antara kita yang ingin memanfaatkan malam ini untuk berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Doa lailatul qadar adalah salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk beribadah pada malam ini. Doa Lailatul Qadar memiliki arti yang sangat dalam, karena ia merupakan doa yang dapat membawa kita lebih dekat dengan Allah SWT. Doa ini juga mengandung kebaikan dan keberkahan yang luar biasa. Doa ini membawa kita lebih dekat kepada Allah SWT, sehingga kita dapat mengalami kedamaian dan kedekatan yang lebih mendalam denganNya.

Doa Lailatul Qadar Beserta Artinya

Berikut ini adalah doa Lailatul Qadar beserta artinya yang dapat kita baca saat beribadah pada malam ini:

Allaahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni

Artinya: “Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf, Engkau senang dengan pemaafan. Mohon ampunilah aku”.

Allaahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anna

Artinya: “Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf, Engkau senang dengan pemaafan. Mohon ampunilah aku”.

Allaahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii

Artinya: “Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf, Engkau senang dengan pemaafan. Mohon ampunilah aku”.

Subhaanaka Allaahumma wa bihamdika ash-hadu anlaa ilaaha illa Anta astaghfiruka wa atubu ilayk

Artinya: “Maha suci Engkau, Ya Allah dan segala puji bagiMu. Aku bersaksi bahwa tidak ada yang berhak disembah selain Engkau. Aku memohon ampun dan bertaubat kepadaMu”.

Rabbi inni limaa anzalta ilayya min khairin faqeer

Artinya: “Ya Rabbku, aku memohon kepadaMu untuk memberikan kebaikan kepadaku seorang yang miskin”.

Rabbi inni limaa a’lamu wa’lamtu ma laa a’lamu innaka antal ‘Aliimul ‘Aleem

Artinya: “Ya Rabbku, aku mengetahui apa yang aku ketahui dan aku tidak mengetahui apa yang aku tidak mengetahui. Sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”.

Rabbi inni limaa tuhibbu wa tu’aadhu wa tu’azzimu wa tudharru wa ta’fu ‘anna wa lam takhfizhni ila nafsii laa tu’azzim ‘alayya nafsii bi dhanbi wa laa tukhlifu ni’matii

Artinya: “Ya Rabbku, aku memohon kepadaMu untuk mencintai apa yang Engkau cintai, untuk menghormati apa yang Engkau hormati, untuk menguatkan apa yang Engkau kuatkan, untuk melindungi apa yang Engkau lindungi, untuk mengampuni aku dan tidak menyakiti diriku dengan dosa, dan tidak mengganti nikmatMu kepadaku”.

Manfaat Doa Lailatul Qadar

Doa Lailatul Qadar memiliki banyak manfaat bagi umat Islam. Di antaranya adalah:

1. Doa ini dapat membantu kita untuk menjadi hamba Allah yang lebih baik. Dengan berdoa secara khusyuk, kita dapat mengharapkan kemurahan dan rahmat dari Allah SWT.

2. Doa ini dapat membantu kita untuk mendapatkan pengampunan dan kasih sayang dari Allah SWT. Allah SWT akan mengampuni kita dari segala dosa jika kita berdoa dengan ikhlas dan tulus.

3. Doa ini juga dapat membantu kita untuk bertaubat. Doa ini dapat membantu kita untuk meninggalkan segala dosa dan berbuat baik. Doa ini juga dapat membantu kita untuk menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.

4. Doa ini juga dapat membantu kita untuk mencapai ketenangan dan kedamaian jiwa. Dengan berdoa secara khusyuk, kita dapat merasakan kedamaian dan ketenangan jiwa yang luar biasa.

Kesimpulan

Doa Lailatul Qadar memiliki arti yang sangat dalam bagi umat Islam. Doa ini dapat membantu kita untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, memohon pengampunan, bertaubat, dan merasakan ketenangan jiwa. Oleh karena itu, jangan lupa untuk berdoa pada malam lailatul qadar ini. Semoga Allah SWT meridhoi doa kita semua.