Doa Kurban dan Artinya
Doa Kurban dan Artinya

Doa Kurban dan Artinya

Kurban adalah ibadah yang dilakukan setiap tahun di bulan Zulhijjah. Ibadah ini dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kemampuan secara finansial. Kurban adalah salah satu ibadah yang sangat disukai oleh Allah SWT, karena yang dibutuhkan adalah sikap taat dan ketaatan kepada Allah SWT. Ibadah kurban juga mempunyai arti yang luas, yaitu keikhlasan dan kesetiaan. Dalam arti lain, ibadah kurban juga dapat diartikan sebagai pengorbanan. Kurban tidak hanya melibatkan korban hewan saja, tetapi juga melibatkan pengorbanan diri seseorang.

Selain mengorbankan hewan, ibadah kurban juga melibatkan doa-doa yang harus dibaca sebelum dan sesudah ibadah kurban dilakukan. Doa kurban adalah doa yang bisa menimbulkan kedekatan antara seseorang dengan Allah SWT. Berikut adalah doa kurban dan artinya :

Doa Sebelum Kurban

Doa sebelum melakukan ibadah kurban adalah sebagai berikut : “Bismillaah wa’l-hamdu lillaahi wa salaatu wasalaamu ‘alaa rasulillaah. Allaahumma laka-l-hamd, anta qaayyimus-samaawaati wal-ard, wa maa khalaqta haadhihid-dhaahirah wa batinah, wa maa qaadhaitaha, wa maa alja-a bainaha, wa maa mana’aitaha, wa maa tahwilaitaha, wa maa tardhaitaha, wa maa dharraaitaha, wa maa yasta-jilu baynahuma bi-as-ma-ikal-husnaa, wa bi-quwwatikal-azhiimah.”

Artinya : “Dengan nama Allah. Puji syukur kepada Allah, shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi. Ya Allah, Engkau Maha Pemurah, Engkau Maha Memelihara langit dan bumi, Engkau yang menciptakan yang nampak dan yang tersembunyi, yang mengatur dan menyempit, yang mengatur dan mengubah, yang mengarahkan dan mengawasi, yang menyatukan dengan nama-Nya yang indah dan dengan kekuatan-Nya yang agung.”

Doa Sesudah Kurban

Doa sesudah ibadah kurban adalah sebagai berikut : “Allaahumma innaa nahnu akadzhibuka bi-hadyikal-muqaddas, wa nahnu naj-jinaa minal-khazhaayaa-i wa nahnu nahna’u minal-ghamami wa nahnu nushriku bihil-ma’roof, wa nahnu naj’alu laka shukran katheeran.”

Artinya : “Ya Allah, sungguh kami menyerahkan kepada-Mu kurban yang sangat suci ini, kami senantiasa berlindung kepada-Mu dari berbagai kejahatan, kami memohon ampunan dari-Mu atas segala kesalahan, kami beribadah kepada-Mu dengan cara yang baik dan kami akan menyampaikan kepada-Mu banyak sekali rasa syukur.”

Doa Sesudah Menyembelih Hewan

Doa sesudah menyembelih hewan adalah sebagai berikut : “Allaahumma minka wa laka, wa alaa haadzihil-kurbani.”

Artinya : “Ya Allah, ini dari-Mu dan untuk-Mu, dan semoga ibadah kurban ini diterima oleh-Mu.”

Doa Setelah Melepas Hewan Kurban

Doa setelah melepas hewan kurban adalah sebagai berikut : “Allaahumma taqabbal minnaa hadyinaa wa minka shukruna wa laka alhamdu.”

Artinya : “Ya Allah, terimalah kurban kami ini, dan kami bersyukur kepada-Mu, dan pujian bagi-Mu.”

Doa Setelah Membagi-bagikan Daging Hewan Kurban

Doa setelah membagi-bagikan daging hewan kurban adalah sebagai berikut : “Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syariikalahu, Alhamdulillaahi Rabbil ‘aalamiin.”

Artinya : “Tidak ada tuhan selain Allah yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Kesimpulan

Beberapa doa kurban pada dasarnya adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Melalui doa-doa tersebut, kita dapat mengungkapkan rasa syukur dan taat kepada Allah SWT. Doa-doa tersebut diharapkan bisa menjadi berkat yang tak ternilai untuk seluruh umat manusia, khususnya yang melakukan ibadah kurban.