Doa Khutbah Jumat Beserta Artinya
Doa Khutbah Jumat Beserta Artinya

Doa Khutbah Jumat Beserta Artinya

Doa khutbah jumat adalah salah satu doa yang dibaca ketika khotbah berlangsung di masjid. Doa ini biasanya di baca di awal dan di akhir khutbah. Doa ini termasuk kedalam doa yang masyarakat muslim percaya bahwa doa ini memiliki kekuatan yang luar biasa dalam membangkitkan motivasi dan semangat untuk menjalankan ibadah.

Doa ini telah tercantum dalam Al Quran dan terdapat beberapa versi doa khutbah jumat di dalamnya. Doa ini biasanya dimulai dengan “Allahu Akbar”, yang berarti “Allah Maha Besar”. Doa ini juga biasanya menyebut nama Allah dan menyebutkan kebesaran-Nya. Doa ini juga berisi ayat-ayat Al-Quran yang dibaca oleh imam saat khutbah.

Doa khutbah jumat ini adalah salah satu doa yang biasa dibaca saat khutbah jumat. Tujuan doa ini adalah untuk mengingatkan umat Islam tentang hikmah keagamaan dan untuk meningkatkan kesadaran mereka tentang agama Islam. Doa ini juga membantu untuk meningkatkan motivasi dan semangat untuk menjalankan ibadah.

Berikut adalah beberapa doa khutbah jumat yang dapat anda baca dan artinya:

Doa Khutbah Jumat Pertama dan Artinya

“Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala alihi wa sahbihi ajma’in. Allahumma inna nasta’inuka wa nastaghfiruka wa nu’minu bika wa natawakkalu ‘alayka wa nuthni ‘alaykal khair. La hawla wala quwatta illa billah.”

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keberkahan kepada Nabi Muhammad, keluarganya dan sahabatnya semua. Ya Allah, kami memohon pertolongan kepada-Mu, memohon ampunan kepada-Mu, beriman kepada-Mu dan berserah diri kepada-Mu. Kami memohon kepada-Mu segala kebaikan. Tidak ada kekuatan dan kekuasaan kecuali dengan izin Allah.”

Doa Khutbah Jumat Kedua dan Artinya

“Allahumma a’inna ‘ala zikrika wa shukrika wa husni ‘ibaadatika”

Artinya: “Ya Allah, tolonglah kami untuk selalu ingat kepada-Mu, berterima kasih kepada-Mu dan melakukan ibadah dengan baik kepada-Mu.”

Doa Khutbah Jumat Ketiga dan Artinya

“Allahumma Rabbana a’inna ‘ala ‘ibaadika shalihin, a’inna shalawaatika wa sallim ‘ala Muhammadin wa ‘ala alihi wa sahbihi ajma’in.”

Artinya: “Ya Allah, Tuhanku, tolonglah kami untuk menjadi hamba-hamba-Mu yang shaleh, kirimkanlah salam kepada Nabi Muhammad, keluarganya dan sahabatnya semua.”

Doa Khutbah Jumat Keempat dan Artinya

“Allahumma a’inna ‘ala ‘ibaadika an-nuqilu ‘alayhim ‘adada ma alamu wa a’inna ‘ala tawfiqika wa rahmatika wa ta’atika wa ‘ala tawfiqika wa rahmatika wa maghfiratika.”

Artinya: “Ya Allah, tolonglah kami untuk menyampaikan kepada mereka segala yang telah Engkau ajarkan, tolonglah kami untuk berhasil dalam segala urusan, dan tolonglah kami untuk mendapatkan rahmat, taat dan ampunan-Mu.”

Doa Khutbah Jumat Kelima dan Artinya

“Allahumma a’inna ‘ala ‘ibaadika an-nu’minu bika wa nukhlifu ‘amalana ‘ala ma’rifatika wa nashkuru bikal khair.”

Artinya: “Ya Allah, tolonglah kami untuk beriman kepada-Mu, mengikuti petunjuk-Mu dan bersyukur atas nikmat-Mu.”

Doa Khutbah Jumat Keenam dan Artinya

“Allahumma a’inna ‘ala ‘ibaadika an-tahhiruna minal munkari wal makrihi wa tubal lana ‘ala tawfiqika wa rahmatika.”

Artinya: “Ya Allah, tolonglah kami untuk menjauhi segala yang dilarang dan mendekati segala yang diperintahkan, dan tolonglah kami untuk berhasil dalam segala urusan dengan izin dan rahmat-Mu.”

Doa Khutbah Jumat Ketujuh dan Artinya

“Allahumma a’inna ‘ala ‘ibaadika an-taj’aluna ma qablana wa ma ba’dana wa tubal lana ‘ala tawfiqika wa rahmatika.”

Artinya: “Ya Allah, tolonglah kami untuk menghadapi segala yang telah lalu dan yang akan datang, dan tolonglah kami untuk berhasil dalam segala urusan dengan izin dan rahmat-Mu.”

Doa Khutbah Jumat Kedelapan dan Artinya

“Allahumma a’inna ‘ala ‘ibaadika an-taqabbal minna dua’ana wa taqabbal qulubana wa taqabbal amalana.”

Artinya: “Ya Allah, tolonglah kami untuk berdoa dan mendapatkan ridho-Mu, untuk mengubah hati kami dan untuk berbuat kebaikan.”

Doa Khutbah Jumat Kesembilan dan Artinya

“Allahumma a’inna ‘ala ‘ibaadika an-taj’alu lana minal afwa wa tahhiruna minal ahzaab.”

Artinya: “Ya Allah, tolonglah kami untuk mendapatkan ampunan dan menjauhi segala bencana.”

Doa Khutbah Jumat Kesepuluh dan Artinya

“Allahumma a’inna ‘ala ‘ibaadika an