Doa Khatam Quran Beserta Artinya
Doa Khatam Quran Beserta Artinya

Doa Khatam Quran Beserta Artinya

Setiap kali kita selesai membaca Al-Quran, biasanya kita akan mengakhiri bacaan dengan doa khatam. Doa khatam tersebut biasanya kita ucapkan untuk mengucapkan rasa syukur kita atas keberkahan Al-Quran yang telah kita baca. Doa khatam biasanya juga kita ucapkan untuk mendapatkan keberkahan dan hikmah dari Al-Quran yang kita baca.

Doa khatam yang biasa kita ucapkan adalah “Allahu Akbar” yang artinya “Allah Maha Besar”. Doa ini kita ucapkan untuk menyatakan bahwa Allah Maha Besar dari segala sesuatu yang telah kita baca atau dengar dari Al-Quran. Doa ini juga kita ucapkan untuk menyatakan bahwa Allah Maha Besar dan Maha Kuasa dari segala sesuatu yang telah kita baca. Doa ini juga kita ucapkan untuk menyatakan rasa syukur kita terhadap nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

Selain doa “Allahu Akbar”, kita juga biasa mengucapkan doa “Subhanallah” yang artinya “Maha Suci Allah”. Doa ini kita ucapkan untuk menyatakan kemuliaan Allah yang Maha Suci. Doa ini juga kita ucapkan untuk menyatakan rasa syukur kita atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Doa ini juga kita ucapkan untuk menghormati dan menghargai Al-Quran yang telah kita baca.

Selain doa “Allahu Akbar” dan “Subhanallah”, kita juga biasa mengucapkan doa “Alhamdulillah” yang artinya “Segala puji bagi Allah”. Doa ini kita ucapkan untuk menyatakan rasa syukur kita atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Doa ini juga kita ucapkan untuk menyatakan bahwa Allah Maha Suci dan Maha Agung dari segala sesuatu yang telah kita baca. Doa ini juga kita ucapkan untuk menyatakan rasa syukur kita atas keberkahan Al-Quran yang telah kita baca.

Selain doa “Allahu Akbar”, “Subhanallah” dan “Alhamdulillah”, kita juga biasa mengucapkan doa “Allahuma Aamiin” yang artinya “Ya Allah, berilah kami petunjuk”. Doa ini kita ucapkan untuk memohon kepada Allah agar memberikan kita petunjuk dan hidayah. Doa ini juga kita ucapkan untuk menyatakan rasa syukur kita atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

Selain doa “Allahu Akbar”, “Subhanallah”, “Alhamdulillah” dan “Allahuma Aamiin”, kita juga biasa mengucapkan doa “Allahumma Aghfirli” yang artinya “Ya Allah, ampunilah aku”. Doa ini kita ucapkan untuk meminta ampunan dari Allah dan menyatakan rasa syukur kita atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita. Doa ini juga kita ucapkan untuk menyatakan rasa syukur kita atas keberkahan Al-Quran yang telah kita baca.

Selain doa “Allahu Akbar”, “Subhanallah”, “Alhamdulillah”, “Allahuma Aamiin” dan “Allahumma Aghfirli”, kita juga biasa mengucapkan doa “Rabbana Atina Fiddunya Hasanah” yang artinya “Ya Allah, berilah kami kebaikan di dunia dan akhirat”. Doa ini kita ucapkan untuk memohon kepada Allah agar memberikan kita kebahagiaan di dunia dan akhirat. Doa ini juga kita ucapkan untuk menyatakan rasa syukur kita atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

Selain doa “Allahu Akbar”, “Subhanallah”, “Alhamdulillah”, “Allahuma Aamiin”, “Allahumma Aghfirli” dan “Rabbana Atina Fiddunya Hasanah”, kita juga biasa mengucapkan doa “Rabbighfir Li Wa Yassir Li Thorayya” yang artinya “Ya Allah, ampunilah aku dan mudahkanlah urusanku”. Doa ini kita ucapkan untuk meminta ampun dan petunjuk dari Allah serta menyatakan rasa syukur kita atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

Selain doa-doa di atas, masih banyak lagi doa-doa lain yang biasa kita ucapkan setelah membaca Al-Quran. Semua doa-doa tersebut memiliki arti yang berbeda-beda. Namun semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menyatakan rasa syukur kita atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

Kesimpulan

Doa khatam Quran adalah doa yang kita ucapkan setelah selesai membaca Al-Quran. Doa khatam tersebut biasanya kita ucapkan untuk mengucapkan rasa syukur kita atas keberkahan Al-Quran yang telah kita baca. Doa yang biasa kita ucapkan adalah “Allahu Akbar”, “Subhanallah”, “Alhamdulillah”, “Allahuma Aamiin”, “Allahumma Aghfirli”, “Rabbana Atina Fiddunya Hasanah” dan “Rabbighfir Li Wa Yassir Li Thorayya”. Semua doa tersebut memiliki arti yang berbeda-beda namun semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menyatakan rasa syukur kita atas nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.