Doa Khatam Al-Quran dan Artinya
Doa Khatam Al-Quran dan Artinya

Doa Khatam Al-Quran dan Artinya

Doa khatam Al-Quran adalah doa yang dilafalkan ketika seseorang telah menyelesaikan membaca Al-Quran. Doa ini bukanlah sunnah ataupun wajib, namun disarankan agar dilafalkan setelah menyelesaikan membaca Al-Quran. Doa ini dapat dilafalkan juga saat seseorang telah selesai membaca satu juz, satu juz tertentu ataupun satu surat tertentu.

Kandungan Doa Khatam Al-Quran

Doa khatam Al-Quran berisikan permintaan ampunan, rahmat dan hidayah kepada Allah SWT. Doa ini terdiri dari 2 bagian. Bagian pertama berupa permintaan ampunan kepada Allah SWT. Bagian kedua berisi permintaan rahmat, hidayah dan keberkahan. Doa khatam Al-Quran juga berisi permintaan kepada Allah SWT agar dibantu dalam melakukan segala hal yang baik dan benar.

Doa Khatam Al-Quran dan Artinya

Berikut adalah doa khatam Al-Quran beserta artinya:

“Allahumma antas-salamu, wa minkas-salamu, tabaraka ‘allahu qadamaya wa akhiraya, wa ‘ala dzihil kurâni wa sha’nir rahmâni.”

Artinya: “Ya Allah, Engkau sebagai pencipta kedamaian dan keamanan. Maha Suci Allah di awal dan akhirnya. Maha Suci Al-Quran serta pembacanya yang diberi rahmat.”

“Allahumma ‘inna nast’a’inuka biha, wa nastaghfiruka lima laa nuhliku ‘ahdaa, wa natawakkalu ‘alaika, wa nuthnil ‘alayka, wa nuthni ‘alayka al-khaira haatha wa al-khaira ba’da (wa ‘ala dzihil kurâni wa sha’nir rahmâni).”

Artinya: “Ya Allah, kami memohon kepada-Mu dalam membaca Al-Quran ini. Kami memohon ampunan kepada-Mu atas segala kesalahan yang tidak disadari. Kami bertawakkal kepada-Mu dan berserah diri kepada-Mu. Kami memohon kepada-Mu kebaikan sekarang dan kebaikan setelahnya (untuk pembaca Al-Quran dan yang mendengarkannya yang diberi rahmat).”

Keutamaan Membaca Doa Khatam Al-Quran

Membaca doa khatam Al-Quran memiliki banyak keutamaan yang sangat luar biasa. Salah satu keutamaannya adalah mendapatkan pahala yang sangat besar. Apabila seseorang telah menyelesaikan membaca Al-Quran dan melafalkan doa khatam Al-Quran, maka ia akan mendapatkan pahala yang sangat besar dari Allah SWT.

Selain itu, membaca doa khatam Al-Quran juga dapat meningkatkan keimanan seseorang. Dengan melafalkan doa ini, seseorang akan merasa lebih dekat dengan Allah SWT. Ia akan menyadari betapa besarnya dan berlimpahnya rahmat-Nya. Hal ini akan meningkatkan keimanan seseorang kepada Allah SWT.

Kesimpulan

Doa khatam Al-Quran adalah doa yang dilafalkan ketika seseorang telah menyelesaikan membaca Al-Quran. Doa ini berisikan permintaan ampunan, rahmat dan hidayah kepada Allah SWT. Membaca doa khatam Al-Quran memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah mendapatkan pahala yang sangat besar dari Allah SWT. Selain itu, membaca doa khatam Al-Quran juga dapat meningkatkan keimanan seseorang kepada Allah SWT.

Penutup

Dengan demikian, penting bagi setiap muslim untuk membaca doa khatam Al-Quran setelah menyelesaikan membaca Al-Quran. Dengan melafalkan doa ini, maka seseorang akan mendapatkan banyak sekali keutamaan dan manfaat baginya. Semoga Allah SWT memberikan keberkahan dan karunia-Nya kepada kita semua.