Doa Khatam Al Quran dan Artinya
Doa Khatam Al Quran dan Artinya

Doa Khatam Al Quran dan Artinya

Doa Khatam Al Quran atau biasa juga disebut dengan doa qunut adalah sebuah doa yang biasa dilafalkan ketika seseorang telah selesai membaca Al Quran. Doa Khatam Al Quran merupakan sebuah doa yang diminta kepada Allah agar dapat menerima pahala dan rahmat dariNya. Doa ini juga biasanya dibacakan setelah membaca surat Al-Fatihah saat melakukan sholat. Doa ini sangat penting dalam kehidupan seorang muslim sehingga para ulama menekankan agar setiap saat membaca doa ini. Doa Khatam Al Quran biasanya dibacakan dengan bahasa Arab.

Makna Doa Khatam Al Quran

Doa Khatam Al Quran merupakan sebuah doa yang berisi permohonan kepada Allah agar dapat menerima pahala dan rahmat dariNya. Sebenarnya doa ini tidak hanya untuk orang yang telah membaca Al Quran, melainkan juga untuk memohon pertolongan dan kebaikan Allah kepada orang yang telah membaca Al Quran. Doa ini juga berisi permintaan agar Allah senantiasa menyertai seorang muslim sehingga dapat mencapai kebahagiaan abadi di akhirat nanti.

Tata Cara Membaca Doa Khatam Al Quran

Doa Khatam Al Quran ini biasanya dibacakan ketika seseorang telah selesai membaca Al Quran. Sebelum membaca doa ini, seseorang harus membaca surat Al-Fatihah dan doa qunut. Setelah itu, orang yang akan membaca doa Khatam Al Quran harus berdiri dengan tegak dan membersihkan hati dari segala godaan. Setelah itu, orang tersebut harus membaca doa dengan tekun dan berdoa dengan hati yang tulus.

Berbagai Macam Doa Khatam Al Quran

Ada berbagai macam doa Khatam Al Quran yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan. Berikut ini adalah beberapa doa Khatam Al Quran yang umum dipergunakan oleh orang-orang:

Doa pertama berbunyi “Allahumma inni as’aluka min fadhlika wa rahmatika wa barakatika wa maghfiratika. Allahumma anta rabbi la ilaha illa anta, faqihi minni wa zawwilni al-Quran.”

Doa kedua adalah “Allahumma inni a’udzu bika minal-khatai wal-kufri wal-fasadi wal-zalam”.

Doa ketiga adalah “Allahumma a’uzu bika minal-baghi wal-jubni wal-khubuti wal-hazani”.

Doa keempat adalah “Allahumma inni a’udhubika minal-qismati wal-qaswati wal-jubni wal-zalam”.

Doa kelima adalah “Allahumma a’uzu bika minal-baghi wal-ghani wal-hakami wal-ghazali”.

Arti Doa Khatam Al Quran

Doa Khatam Al Quran memiliki arti yang sangat luas. Doa pertama mengandung arti permohonan kepada Allah agar dapat menerima pahala dan rahmat dariNya serta diampuni dosa-dosanya. Doa kedua artinya adalah memohon perlindungan kepada Allah dari segala kesalahan, kekufuran, keburukan dan kejahatan. Doa ketiga artinya adalah memohon perlindungan kepada Allah dari segala celaan, kejahatan, kebodohan dan penyimpangan. Doa keempat artinya adalah memohon perlindungan kepada Allah dari segala ketidakadilan, keserakahan, kebodohan dan kejahatan. Sedangkan doa kelima artinya adalah memohon perlindungan kepada Allah dari segala celaan, kemewahan, kekuasaan dan kebiadaban.

Kesimpulan

Doa Khatam Al Quran adalah sebuah doa yang biasa dilafalkan ketika seseorang telah selesai membaca Al Quran. Doa ini berisi permohonan kepada Allah agar dapat menerima pahala dan rahmat dariNya serta diampuni dosa-dosanya. Doa ini juga berisi permintaan agar Allah senantiasa menyertai seorang muslim sehingga dapat mencapai kebahagiaan abadi di akhirat nanti. Adapun arti doa Khatam Al Quran adalah memohon perlindungan kepada Allah dari segala kesalahan, kekufuran, keburukan dan kejahatan.