Doa Khatam Al Quran Beserta Artinya
Doa Khatam Al Quran Beserta Artinya

Doa Khatam Al Quran Beserta Artinya

Khatam Al Quran adalah ritual yang dilakukan setelah selesai membaca Al Quran. Ritual ini dikenal luas di kalangan muslimin, dan disertai dengan doa yang dibaca setelahnya. Doa khatam Al Quran memiliki makna yang sangat tinggi dan mengandung berkah yang luas. Oleh karena itu, berikut adalah artikel yang akan mengulas tentang doa khatam Al Quran beserta artinya.

Mengapa Kita Membaca Doa Setelah Khatam Al Quran?

Seperti yang sudah kita ketahui, membaca Al Quran adalah ibadah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Oleh karena itu, setiap muslimin dianjurkan untuk membaca Al Quran setiap waktu agar terhindar dari dosa dan menjadi orang yang bertakwa. Namun, setelah melakukan ritual membaca Al Quran, kita harus melakukan ritual khatam Al Quran, yang merupakan ritual yang berbeda. Ritual ini menyiratkan bahwa kita telah menyelesaikan membaca Al Quran satu kali.

Setelah melakukan ritual khatam Al Quran, kita dianjurkan untuk membaca doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan iman dan taqwa seseorang, serta untuk mengenang kembali bacaan Al Quran yang telah diselesaikan. Dengan membaca doa ini, kita juga dapat meminta kepada Allah SWT untuk mengampuni dosa-dosa kita yang telah lalu.

Doa Khatam Al Quran Beserta Artinya

Berikut adalah doa khatam Al Quran beserta artinya dalam bahasa Arab dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia:

اللهُـمَّ إِنِّـي أَسْأَلُـكَ بِرَحْمَتِـكَ الَّتـي وَسِـعَتْ كُـلَّ شَـيْءٍ أَنْ تَغْـفِرَ لِـي

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu agar Engkau memberi ampunan kepadaku.”

اللهُـمَّ إِنِّـي أَسْأَلُـكَ أَنْ تَجْـعَلَ كُـلَّ ذَنْـبِي فِي يَوْمِـي كَـذَبَـةٍ مَـبْـطُونَـةٍ

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar Engkau jadikan segala dosaku pada hari ini sebagai dosa yang tertutup (dosa-dosa yang tidak terlihat oleh manusia).”

اللهُـمَّ إِنِّـي أَسْأَلُـكَ أَنْ تَجْـعَلَ كُـلَّ فَرْقَـةٍ كَـانَ فِي قُـلُوبِـي فِي يَوْمِي كَـذَبَـةٍ مَـبْـطُونَـةٍ

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu agar Engkau jadikan setiap kebencian yang ada di dalam hatiku pada hari ini sebagai kebencian yang tertutup (kebencian yang tidak terlihat oleh manusia).”

Keutamaan Membaca Doa Khatam Al Quran

Ada beberapa hadits yang menyebutkan bahwa mendapatkan pahala yang besar ketika melakukan ritual khatam Al Quran. Menurut hadits, seseorang yang melakukan khatam Al Quran dan membaca doa-doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW akan mendapatkan pahala seperti membaca Al Quran sebanyak tujuh puluh ribu kali. Selain itu, membaca doa khatam Al Quran juga akan mendatangkan berkah, keselamatan, dan keberkahan.

Ketika Kita Dilarang Membaca Doa Khatam Al Quran

Rasulullah SAW juga menjelaskan bahwa ada beberapa kondisi di mana seseorang tidak diperbolehkan untuk membaca doa khatam Al Quran. Salah satunya adalah ketika seseorang sedang berada dalam keadaan junub (suci). Oleh karena itu, bagi seseorang yang sedang junub tidak boleh membaca doa khatam Al Quran sampai keadaan suci diperoleh.

Kesimpulan

Doa khatam Al Quran merupakan doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dan disertakan setelah ritual membaca Al Quran. Doa ini memiliki makna yang sangat tinggi dan sangat bermanfaat bagi orang yang membacanya. Selain itu, kita juga akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda jika kita membaca doa khatam Al Quran dengan ikhlas dan penuh kerendahan hati. Namun, kita harus berhati-hati dan tidak melakukan doa khatam Al Quran ketika sedang berada dalam keadaan junub.