Doa Ketika Sujud dan Artinya
Doa Ketika Sujud dan Artinya

Doa Ketika Sujud dan Artinya

Sujud merupakan salah satu cara kita berdoa dengan menyatakan kerendahan hati kita kepada Allah. Di dalam Al-Qur’an, Allah telah menyebutkan bahwa sujud merupakan ibadah yang paling utama. Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam juga senantiasa melakukan sujud dalam doanya. Di samping itu, doa ketika sujud juga merupakan bagian dari sunnah yang dilakukan saat beribadah.

Dalam doa ketika sujud, kita mengucapkan kalimat yang didalamnya terkandung doa dan harapan agar diterima dan diijabah oleh Allah. Doa ketika sujud ini disebut juga dengan “Tahiyatul Sujud” atau “Tahiyatul Wudhu”. Doa ini harus dibaca saat sedang berada dalam keadaan sujud. Di antara doa-doa yang dibaca ketika sujud, ada yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan ada juga yang disebutkan dalam Hadis Nabi Muhammad.

Doa Yang Terdapat Dalam Al-Quran

Doa yang terdapat dalam Al-Qur’an adalah doa yang dibaca oleh Nabi Ibrahim. Doa tersebut adalah: “Subhanaka Allahumma wa bi-hamdika wa taba-raka-asmuka wa ta’ala jadduka wa la-ilaha gairuk”. Artinya adalah: “Maha Suci Engkau ya Allah, dan segala puji milik-Mu, Maha Mulia nama-Mu, Maha Agung perbuatan-Mu, dan Tiada Tuhan selain Engkau.”

Doa ini merupakan doa yang disebutkan dalam Al-Qur’an dalam surat Al-A’raaf ayat 206. Doa ini merupakan doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca ketika kita berada dalam keadaan sujud. Doa ini merupakan doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca ketika kita berada dalam keadaan sujud, karena doa ini akan membantu kita untuk merasakan kedekatan dan keselamatan dari Allah.

Doa Yang Terdapat Dalam Hadis Nabi Muhammad

Selain doa yang terdapat dalam Al-Qur’an, doa yang disebutkan dalam Hadis Nabi Muhammad juga banyak dianjurkan untuk dibaca ketika kita berada dalam keadaan sujud. Salah satu doa yang disebutkan dalam Hadis Nabi Muhammad adalah: “Subhanaka Allahumma wa bi-hamdika wa taba-raka-asmuka wa ta’ala jadduka wa la-ilaha gairuk”. Artinya adalah: “Maha Suci Engkau ya Allah, dan segala puji milik-Mu, Maha Mulia nama-Mu, Maha Agung perbuatan-Mu, dan Tiada Tuhan selain Engkau”.

Doa ini disebutkan dalam Hadis Nabi Muhammad dalam Shahih Bukhari dan juga Shahih Muslim. Doa ini merupakan doa yang sangat dianjurkan untuk dibaca ketika kita berada dalam keadaan sujud, karena doa ini akan membantu kita untuk merasakan kedekatan dan keselamatan dari Allah. Dengan membaca doa ini, kita dapat mengharapkan berkat dan rahmat dari Allah.

Makna Doa Ketika Sujud

Makna doa ketika sujud adalah untuk menyatakan kerendahan hati dan pengabdian kita kepada Allah. Dengan membaca doa ketika sujud, kita menyatakan bahwa kita adalah hamba Allah yang tunduk dan patuh kepada perintah-Nya. Kita juga menyatakan bahwa semua puji-pujian dan syukur hanya layak untuk Allah saja. Dengan membaca doa ketika sujud, kita juga akan merasakan kedekatan dan keselamatan dari Allah.

Selain itu, doa ketika sujud juga merupakan cara kita untuk menyatakan rasa syukur kepada Allah atas nikmat dan karunia-Nya yang telah diberikan kepada kita. Dengan membaca doa ketika sujud, kita juga mengharapkan berkat dan rahmat dari Allah. Kita juga menyatakan rasa taqwa kita kepada Allah dan kesediaan kita untuk menjalankan perintah-Nya.

Keutamaan Doa Ketika Sujud

Keutamaan doa ketika sujud adalah karena kita menyatakan kerendahan hati dan pengabdian kita kepada Allah. Dengan membaca doa ketika sujud, kita akan merasakan kedekatan dan keselamatan dari Allah. Selain itu, doa ketika sujud juga merupakan cara kita untuk mengungkapkan rasa syukur dan taqwa kepada Allah. Doa ini juga akan membantu kita untuk mendapatkan berkat dan rahmat dari Allah.

Selain itu, doa ketika sujud juga merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan oleh Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wa Sallam. Dengan membaca doa ketika sujud, kita akan merasakan kedekatan dan keselamatan dari Allah. Doa ini juga akan membantu kita untuk mendapatkan berkat dan rahmat dari Allah.

Kesimpulan

Doa ketika sujud merupakan salah satu cara kita untuk menyatakan kerendahan hati dan pengabdian kita kepada Allah. Doa ini terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadis Nabi Muhammad. Makna doa ketika sujud adalah untuk menyatakan rasa syukur, taqwa dan kedekatan kita kepada Allah. Keutamaan doa ketika sujud adalah karena kita menyatakan kerendahan hati dan pengabdian kita kepada Allah, serta mendapatkan berkat dan rahmat dari Allah.