Doa Ketika Masuk Masjid Beserta Artinya
Doa Ketika Masuk Masjid Beserta Artinya

Doa Ketika Masuk Masjid Beserta Artinya

Masjid adalah tempat yang khusus diperuntukkan bagi umat Islam untuk menunaikan ibadah. Setiap orang yang akan memasuki masjid, baik beribadah di dalamnya maupun hanya sekedar melintas, hendaknya membaca doa ketika masuk masjid. Doa tersebut merupakan salah satu bentuk ibadah yang dapat dilakukan sebelum masuk masjid, selain mengucapkan salam.

Doa ketika masuk masjid memiliki banyak keutamaan. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Mendapatkan pahala dari Allah SWT
  • Menghilangkan dosa-dosa kita
  • Mendapatkan keberkahan dari Allah SWT
  • Mendapatkan perlindungan dari Allah SWT

Doa ketika masuk masjid yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW adalah sebagai berikut:

Doa Masuk Masjid

“بِسْمِ اللهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُولِ اللهِ، اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ”

Artinya

“Dengan nama Allah, dan shalawat serta salam atas Rasulullah. Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu.” (HR. Abu Dawud)

Rasulullah SAW juga memerintahkan para sahabat untuk membaca doa ketika masuk masjid agar terjadi pertambahan pahala bagi mereka. Hal ini disebutkan dalam satu hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA.

Hadits Tentang Doa Masuk Masjid

“Barangsiapa masuk masjid, hendaklah ia membaca: اللَّهُمَّ افْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ (Ya Allah, buka bagiku pintu-pintu rahmat-Mu). Maka akan dikatakan kepadanya: Telah dibukakan bagimu pintu-pintu rahmat-Ku.” (HR. Abu Dawud)

Keterangan di atas menunjukkan bahwa Rasulullah SAW sangat menganjurkan umatnya untuk membaca doa ketika masuk masjid. Dengan membaca doa ini, seseorang akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Selain doa ketika masuk masjid yang diajarkan Rasulullah SAW, terdapat juga beberapa doa lain yang dapat dibaca sebelum masuk masjid. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Doa Lainnya yang Dapat Dibaca Sebelum Masuk Masjid

  • “اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلِجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ الْمَوْلِجِ وَشَرِّ الْمَخْرَجِ” (Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan dalam masuk dan keluar. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan dalam masuk dan keluar). (HR. Ahmad)
  • “اللَّهُمَّ أَنْتَ الْمَقَامُ وَأَنْتَ السَّعَادَةُ، اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ حَتَّى تَغْفِرَ لِي” (Ya Allah, Engkaulah Tempat kediaman dan Engkaulah Kesenangan. Ya Allah, jauhkanlah aku dari segala dosa-dosaku hingga Engkau ampuni aku). (HR. Ibnu Majah)
  • “اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ بِرَحْمَتِكَ الَّتِي وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍ أَنْ تَغْفِرَ لِي” (Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dengan rahmat-Mu yang meliputi segala sesuatu, agar Engkau mengampuni aku). (HR. At-Tirmidzi)

Demikianlah beberapa doa ketika masuk masjid beserta artinya. Dengan membaca doa-doa tersebut, seseorang akan mendapatkan pahala dan perlindungan dari Allah SWT.

Kesimpulan

Doa ketika masuk masjid adalah salah satu bentuk ibadah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Doa tersebut dapat memberikan banyak manfaat bagi orang yang membacanya, seperti mendapatkan pahala, menghilangkan dosa-dosa, dan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Oleh karena itu, setiap orang yang akan masuk masjid hendaknya membaca doa tersebut agar mendapatkan manfaat yang lebih besar.