Doa Ketika Keluar Rumah dan Artinya
Doa Ketika Keluar Rumah dan Artinya

Doa Ketika Keluar Rumah dan Artinya

Doa selalu merupakan bagian penting dari kehidupan umat muslim. Doa menjadi salah satu aspek yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Allah SWT telah menciptakan manusia sebagai khalifah di muka bumi dan memberi mereka kekuatan untuk berdoa.

Selain berdoa ketika masuk rumah, kita juga diwajibkan untuk berdoa ketika keluar rumah. Berikut ini adalah doa ketika keluar rumah beserta artinya:

Doa Ketika Keluar Rumah

“Bismillaah, wahdahu la syariikalah, laa ilaaha illaa huwal ‘aliyyul ‘azhiim. Asyhadu allaa ilaaha illaa huwal haiyul qoyyum, wa asyhadu anna muhammadar rasuulullah. Allahummaghfir lii wa liwaalidayya wa lil mu’miniina wal mu’minaat, wa zuuril ‘aafiyati fii rizqii wa diina wa ‘aaqibat amrii. Aammiin.”

Artinya

“Dengan nama Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Perkasa dan Maha Agung. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Hidup dan yang maha Kuat, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah utusan Allah. Ya Allah, ampunilah aku, kedua orang tua dan semua orang mukmin dan mukminat. Berikanlah keberkahan dalam rezeki, agama dan akhirat. Amin.”

Fadhilah dan Manfaat Doa Ketika Keluar Rumah

Doa ketika keluar rumah memiliki fadhilah dan manfaat yang luar biasa. Salah satunya adalah orang yang berdoa akan mendapatkan keberkahan dalam segala hal, mulai dari rezeki, agama, dan akhiratnya. Dengan doa ketika keluar rumah, kita juga akan dilindungi oleh Allah SWT dari segala marabahaya dan juga dari fitnah-fitnah syaitan. Selain itu, doa ketika keluar rumah juga akan menjadikan muslim lebih bertakwa kepada Allah SWT.

Kapan Kita Melakukan Doa Ketika Keluar Rumah?

Doa ketika keluar rumah tidak hanya diwajibkan ketika kita sedang pergi atau berangkat dari rumah. Doa ketika keluar rumah juga harus dilakukan saat kita berada di luar rumah, seperti saat berjalan-jalan, berbelanja, atau melakukan kegiatan lainnya. Dengan melakukan doa ketika keluar rumah, kita akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT.

Doa Ketika Kembali ke Rumah

Selain berdoa ketika keluar rumah, kita juga wajib melakukan doa ketika kembali ke rumah. Berikut ini adalah doa ketika kembali ke rumah beserta artinya: “Alhamdulillaahillaa zul jalaali wal ikraam, wa syukril hamdulillaahi ‘alaa kulli haal, wa ‘alaa ni’matihii ‘alayya wa ‘alaa jami’i ‘ibaadihii. Laa haula walaa quwwata illaa billaah.”

Artinya

“Segala puji bagi Allah Yang Maha Mulia dan Maha Penyayang. Segala syukur bagi Allah atas segala hal dan atas nikmat-nikmat-Nya yang diberikan kepadaku dan kepada seluruh hamba-hamba-Nya. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan izin Allah.”

Fadhilah dan Manfaat Doa Ketika Kembali ke Rumah

Doa ketika kembali ke rumah memiliki fadhilah dan manfaat yang luar biasa. Selain akan mendapatkan perlindungan dari Allah SWT, orang yang berdoa ketika kembali ke rumah akan merasakan ketenangan dan kebahagiaan. Dengan doa ketika kembali ke rumah, kita juga akan mendapatkan segala yang telah dijanjikan oleh Allah SWT.

Kapan Kita Melakukan Doa Ketika Kembali ke Rumah?

Doa ketika kembali ke rumah harus dilakukan saat kita berada di dalam rumah. Doa ketika kembali ke rumah juga bisa dilakukan saat kita pulang dari berbagai aktivitas, seperti sekolah, kuliah, kerja, atau lainnya. Dengan doa ketika kembali ke rumah, kita akan merasakan ketenangan dan kebahagiaan di dalam rumah.

Kesimpulan

Doa ketika keluar dan kembali ke rumah adalah suatu kewajiban bagi umat muslim. Doa ketika keluar rumah akan memberi perlindungan dari Allah SWT dari segala marabahaya dan juga dari fitnah-fitnah syaitan. Selain itu, doa ketika kembali ke rumah juga akan memberikan ketenangan dan kebahagiaan bagi penggunanya. Melakukan doa ketika keluar dan kembali ke rumah adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat muslim.