Doa Ketika Keluar Masjid dan Artinya
Doa Ketika Keluar Masjid dan Artinya

Doa Ketika Keluar Masjid dan Artinya

Ketika kita berada di masjid, kita pasti akan berdoa ketika akan keluar. Hal ini merupakan sunah Rasulullah yang banyak disebutkan dalam hadist. Doa ketika akan keluar masjid ini adalah sebagai bentuk kita memohon perlindungan kepada Allah agar kita terhindar dari segala macam bahaya. Berikut ini adalah doa ketika keluar masjid dan artinya.

Doa Ketika Keluar Masjid

Ketika kita akan keluar masjid, kita dianjurkan untuk membaca doa ini: اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ. Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepada-Mu akan keutamaan-Mu.” (HR. Ibnu Majah).

Pengertian Doa Keluar Masjid

Doa ketika keluar masjid ini memiliki makna yang mendalam. Dengan membaca doa ini, kita memohon perlindungan kepada Allah dari segala bentuk bahaya dan musibah. Kita juga berharap agar Allah memberikan kita keutamaan di dunia dan di akhirat. Kita juga berharap agar Allah memberikan kita keselamatan di dunia dan di akhirat.

Keutamaan Doa Keluar Masjid

Selain memiliki makna yang mendalam, ternyata doa ketika keluar masjid ini juga memiliki keutamaan. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang keluar dari rumahnya untuk masjid, maka dia telah berdoa: ‘Ya Allah, aku memohon kepada-Mu akan keutamaan-Mu.’ Maka Allah akan memberinya keutamaan di dunia dan di akhirat.” (HR. Ibnu Majah).

Keutamaan Berdoa di Masjid

Selain doa ketika keluar masjid, kita juga dianjurkan untuk berdoa di masjid. Berdoa di masjid memiliki keutamaan yang besar. Rasulullah bersabda: “Apabila salah seorang di antara kamu berdoa di masjid, maka Allah akan memberinya pahala sebanyak 10x lipat dari doa di tempat lain.” (HR. Abu Dawud).

Doa Ketika Masuk Masjid

Selain doa ketika keluar masjid, kita juga dianjurkan untuk membaca doa ketika masuk masjid. Doa ini berbunyi: اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ. Artinya: “Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan semua puji hanya milik Allah.” (HR. Ahmad).

Pengertian Doa Masuk Masjid

Doa ini memiliki makna yang mendalam. Dengan membaca doa ini, kita menyatakan kebesaran Allah dan mengungkapkan rasa syukur kita atas nikmat-Nya. Kita juga menyatakan bahwa kita akan beribadah dengan hati yang tulus dan mengharapkan pahala dari Allah.

Keutamaan Doa Masuk Masjid

Selain memiliki makna yang mendalam, doa ini juga memiliki keutamaan. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca doa ketika masuk masjid, maka Allah akan memberinya pahala sebanyak 10x lipat.” (HR. Ahmad).

Kesimpulan

Doa ketika keluar dan masuk masjid merupakan sunah Rasulullah yang banyak dianjurkan. Selain memiliki makna yang mendalam, doa ini juga memiliki keutamaan yang besar. Oleh karena itu, marilah kita mengamalkan doa ketika keluar dan masuk masjid ini.