Doa Ketika Gempa Bumi dan Artinya
Doa Ketika Gempa Bumi dan Artinya

Doa Ketika Gempa Bumi dan Artinya

Gempa bumi adalah salah satu bencana alam yang mungkin terjadi di mana saja di dunia. Gempa bumi tidak dapat diprediksi dan cukup menakutkan. Saat gempa bumi, kita tidak bisa melakukan banyak hal selain berdoa. Berdoa adalah cara yang baik untuk menyatakan rasa khawatir dan harapan kita. Ada banyak doa yang dapat kita lakukan saat gempa bumi.

Doa Umum Saat Gempa Bumi

Doa yang paling umum dan mudah untuk dilafalkan adalah doa yang berasal dari Al-Quran. Doa ini adalah “Rabbanaa laa tuakhizhnaa in nasiinaa waa anta khairul mursaliina”. Artinya adalah “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau biarkan kami tertinggal dan Engkau adalah Pembawa Berita yang terbaik”. Doa ini berharap agar kita tidak tertinggal dan berharap agar semua orang selamat dari bencana gempa bumi.

Doa Saat Gempa Bumi dalam Hadist

Selain doa dari Al-Quran, ada juga doa dalam hadist yang dapat kita lafalkan saat gempa bumi. Doa ini berasal dari hadist yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Hadist ini berbunyi “Rabbanaa laa tuzigh quloobanaa ba’da idh hadaytanaa wa hablanaa min ladunka rahmatan innaka anta alwahhab”. Artinya adalah “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami berlalu setelah Engkau memberi kami hidayah dan berilah kami rahmat dari sisi Engkau, sesungguhnya Engkau adalah pemberi rezeki yang paling baik.” Doa ini berharap agar Tuhan memberi kita hidayah dan rahmat di tengah bencana gempa bumi.

Doa Lainnya Saat Gempa Bumi

Selain doa dari Al-Quran dan hadist, ada juga doa lain yang dapat kita lakukan. Doa ini berbunyi “Rabbanaa hablanaa min azwajinaa wa dhuriyyatinaa qurrata a’yunin waj’alnaa lil muttaqina imaaman”. Artinya adalah “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kami dari istri-istri dan keturunan kami yang menyenangkan mata, dan jadikanlah kami sebagai orang-orang yang bertakwa”. Doa ini berharap agar kita diberikan keluarga yang bahagia dan berharap agar kita menjadi orang-orang yang bertakwa.

Doa Untuk Kemanusiaan

Selain doa untuk keselamatan kita, kita juga dapat berdoa untuk kemanusiaan. Doa ini berbunyi “Rabbanaa laa taj’alnaa fitnatan lilladhina kaafaru wa laa tuzigh quloobanaa ba’da idh hadaytanaa wa qinaa ‘adhaaban naar”. Artinya adalah “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sebagai fitnah bagi orang-orang yang kafir dan janganlah Engkau jadikan hati kami lalai setelah Engkau memberi kami hidayah dan peliharalah kami dari siksa neraka.” Doa ini berharap agar kita tidak menjadi fitnah bagi orang-orang yang tidak beriman dan berharap agar kita tidak lalai setelah mendapatkan hidayah.

Doa Lainnya untuk Gempa Bumi

Selain doa-doa di atas, ada juga doa lain yang dapat kita lafalkan. Doa ini berbunyi “Rabbanaa laa taj’alnaa qabla an nakaalainaa wa laa takhsha’naa”. Artinya adalah “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami sebagai orang-orang yang zalim sebelum Engkau dan janganlah Engkau siksa kami.” Doa ini berharap agar kita tidak menjadi orang-orang yang zalim dan berharap agar Tuhan tidak menyiksa kita.

Kesimpulan

Ada banyak doa yang dapat kita lafalkan saat gempa bumi. Doa-doa tersebut bisa berupa doa dari Al-Quran, hadist, maupun doa lain yang kita buat sendiri. Doa-doa tersebut berharap agar kita selamat dari bencana gempa bumi, mendapatkan hidayah, diberikan keluarga yang bahagia, tidak menjadi fitnah bagi orang-orang yang tidak beriman, dan tidak menjadi orang-orang yang zalim. Semoga kita diberikan kekuatan dan ketabahan untuk menghadapi gempa bumi.