Doa Kesembuhan dan Artinya
Doa Kesembuhan dan Artinya

Doa Kesembuhan dan Artinya

Doa kesembuhan merupakan salah satu bentuk dukungan untuk seseorang yang sedang sakit. Doa ini bisa dikatakan pada diri sendiri ataupun untuk orang lain. Doa kesembuhan akan membantu seseorang yang sakit untuk merasa lebih baik. Doa ini juga bisa memberikan ketenangan dalam hati yang sakit, serta energi positif bagi mereka yang berdoa dan yang didoakan. Berikut adalah beberapa doa kesembuhan dan artinya.

Doa Kesembuhan dalam Al-Quran

Doa kesembuhan dalam Al-Quran mengandung energi positif yang dapat membantu seseorang untuk sembuh dari penyakitnya. Doa ini juga dapat menghilangkan rasa sakit serta mencegah penyakit dari menular. Berikut adalah beberapa doa kesembuhan dalam Al-Quran:

1) “Ya Tuhan kami, berilah kesembuhan yang sempurna kepada kami; sesungguhnya Engkau Maha Pengobat yang tidak ada penyembuh selain Engkau, maka sembuhkanlah kami, karena Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Baqarah: 10).

Artinya: Ya Tuhan kami, berilah kesembuhan yang sempurna kepada kami; sesungguhnya Engkau Maha Pengobat yang tidak ada penyembuh selain Engkau, maka sembuhkanlah kami, karena Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

2) “Tidak ada suatu penyakit pun, kecuali Engkau yang mempunyai obatnya; dan Engkau adalah Pengetahuan Penyembuh, yang mengetahui segala sesuatu.” (QS. Al-An’am: 159).

Artinya: Tidak ada suatu penyakit pun, kecuali Engkau yang mempunyai obatnya; dan Engkau adalah Pengetahuan Penyembuh, yang mengetahui segala sesuatu.

Doa Kesembuhan dalam Hadist

Hadist juga menyediakan doa kesembuhan yang bisa dibaca untuk orang yang sakit. Berikut adalah beberapa doa kesembuhan dalam Hadist:

1) “Allahumma rabbas-samawati walardhi, ya hannanu ya mannanu, ya dha’ifu ya ‘afuw, ya qawiyyu ya matin. Allahumma ini as’aluka bi-haqqi mohammadin wa alaihis salam, an tastahiqqani min kulli dzalik” (HR. An-Nasa’i).

Artinya: Ya Allah, Tuhan langit dan bumi, Yang Maha Pengasih, Yang Maha Penyayang, Yang Lemah Lembut, Yang Maha Kuat, Yang Maha Pemberi Kekuatan. Ya Allah, aku memohon kepada Mu dengan hak Muhammad dan keluarganya, agar Engkau menyembuhkanku dari semua penyakit.

2) “Allahumma Rabbana a’ thina fiddunya hasanatan wa fil akhirati hasanatan wa qina adhaba annar” (HR. Muslim).

Artinya: Ya Allah, Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan akhirat, dan jauhkanlah kami dari siksa neraka.

Doa Kesembuhan Lainnya

Selain doa kesembuhan yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadist, ada juga doa kesembuhan dari tradisi lain yang bisa dibaca untuk orang yang sakit.

1) “Tuhan, dengarkan doaku, curahkan rahmat-Mu pada keluargaku. Sembuhkanlah mereka dan berikan mereka kesehatan yang abadi.”

2) “Semoga Tuhan mengabulkan doa kami, dan memberikan kesembuhan dan kesehatan bagi mereka yang menderita.”

Kesimpulan

Doa kesembuhan adalah salah satu cara untuk memberikan dukungan untuk orang yang sedang sakit. Doa ini bisa berupa doa dalam Al-Quran, Hadist, ataupun doa lainnya. Doa kesembuhan dapat membantu seseorang yang sakit untuk merasa lebih baik dan memberikan energi positif bagi mereka yang berdoa dan yang didoakan. Doa kesembuhan adalah bentuk dukungan yang bisa kita berikan kepada orang yang kita cintai.