Doa Keseharian Beserta Artinya
Doa Keseharian Beserta Artinya

Doa Keseharian Beserta Artinya

Doa adalah suatu bentuk ibadah dan komunikasi yang kita lakukan kepada Allah SWT. Doa adalah suatu hal yang penting dalam hidup umat muslim. Sebab, dengan doa kita dapat meminta pertolongan dan petunjuk-Nya pada setiap waktu dan keadaan. Jika kita ingin mengajak diri kita sendiri untuk berdoa, maka kita harus mengetahui dulu doa-doa yang seharusnya kita lakukan atau ucapkan.

Untuk itu, dalam artikel ini akan membahas mengenai doa keseharian beserta artinya. Doa keseharian merupakan doa-doa yang seharusnya kita ucapkan pada waktu tertentu atau setiap hari. Doa keseharian ini terbagi menjadi lima macam, yaitu doa sebelum makan, doa setelah makan, doa sebelum tidur, doa setelah sholat, dan doa sholat sunnah.

1. Doa Sebelum Makan

Doa sebelum makan merupakan doa yang biasa kita ucapkan sebelum kita memulai sebuah makan. Doa ini berbunyi, “بِسْـمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ – Bismillahirrahmanirrahim”. Doa ini berarti, “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang”. Doa ini dapat membawa berkah dan rahmat pada setiap makanan yang kita makan.

2. Doa Setelah Makan

Doa setelah makan adalah doa yang biasa kita ucapkan setelah selesai makan. Doa ini berbunyi, “الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَسَانِيْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلاَ قُوَّةٍ – Alhamdulillahilladzii kasaa-ni haadzaa warazaqoniihi min ghairi haulin minii walaa quwwah”. Doa ini berarti, “Segala puji milik Allah yang telah memberikan makanan ini kepadaku tanpa daya dan kekuatan dari diriku”.

3. Doa Sebelum Tidur

Doa sebelum tidur adalah doa yang biasa kita ucapkan sebelum kita tidur. Doa ini berbunyi, “اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَبِاسْمِكَ أَمُوْتُ – Allahumma bi-asmikaa ahyaa wa bi-asmikal maut”. Doa ini berarti, “Ya Allah, dengan nama-Mu aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”. Doa ini mengandung arti bahwa kita selalu meminta pertolongan dan perlindungan Allah SWT dalam kehidupan dan kematian kita.

4. Doa Setelah Sholat

Doa setelah sholat adalah doa yang biasa kita ucapkan setelah melaksanakan sholat. Doa ini berbunyi, “الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ قَضَى عَلَيْنَا الصَّلاَةَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ هَدَانَا لِهَذَا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ فَضَّلَنَا عَلَى كَثِيْرٍ مِنْ عِبَادِهِ الصَّالِحِيْنَ – Alhamdulillahi-lladzii qadhaa ‘alainaa-shshalaata walhamdulillahi-lladzii hadhaanaa lii haadzaa walhamdulillahi-lladzii faddhalnaa ‘alaa katsiirin min ‘ibaadihil shaalihiin”. Doa ini berarti, “Segala puji bagi Allah yang telah menetapkan shalat bagi kita. Segala puji bagi Allah yang telah memberikan petunjuk kepada kita untuk melaksanakannya. Segala puji bagi Allah yang telah memilih kita dari sekian banyak hamba-hamba-Nya yang saleh”.

5. Doa Sholat Sunnah

Doa sholat sunnah adalah doa yang biasa kita ucapkan ketika kita melaksanakan sholat sunnah. Doa ini berbunyi, “اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَارْزُقْنِيْ – Allahummaghfirlii warhamnii wahdinii wa ‘aafinii warzuqnii”. Doa ini berarti, “Ya Allah, ampunilah aku, berilah rahmat kepadaku, tunjukilah aku, berkahilah aku, dan berilah rezeki kepadaku”.

Kesimpulan

Doa keseharian adalah doa-doa yang seharusnya kita ucapkan pada waktu tertentu atau setiap hari. Doa keseharian ini terbagi menjadi beberapa macam, yaitu doa sebelum makan, doa setelah makan, doa sebelum tidur, doa setelah shalat, dan doa shalat sunnah. Dengan membiasakan diri berdoa keseharian, kita dapat meminta pertolongan dan petunjuk-Nya pada setiap waktu dan keadaan.